Minggu, Februari 10, 2008

COURSE DESIGN

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI
Satu tuntutan penting bagi guru ada dimilikinya 4 kompetensi; pedagogi (metodologi pembelajaran), kepribadian, profesional (penguasaan dan pengembangan materi pelajaran), dan sosial. Untuk memenuhi kompetensi pedagogi dan profesional, guru dituntut menguasai berbagai kajian yang berhubungan dengan metodologi pembelajaran dan pengembangan materi. Salah satu kajian dimaksud adalah Pengembangan Kurikulum. Mata kuliah ini berisi beberapa aspek kajian. Pertama, konsep pengembangan kurikulum (pengertian, komponen, asas, prinsip pengembangan, model, desain). Kedua, Sejarah perkembangan kurikulum PAI di Indonesia (1975, 1984, 1994, KBK, KTSP). Ketiga, Guru dan Pengembangan kurikulum (peran guru dalam pengembangan, pelaksanaan kurikulum di institusi pendidikan, evaluasi kurikulum).

Standar Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami dan mengembangkan konsep pengembangan kurikulum dan dapat mengapliaksikannya dalam pengembangan kurikulum PAI di Sekolah maupun Madrasah.

DISTRIBUSI MATERI PERKULIAHAN
1. Pengertian Kurikulum (pertemuan ke-1 dan 2)
2. Komponen Kurikulum (pertemuan ke-3)
3. Asas Pengembangan Kurikulum (pertemuan ke-4)
4. Desain/organisasi Kurikulum (pertemuan ke-5)
5. Prinsip Dasar pengembangan kurikulum (pertemuan ke-6)
6. Faktor-faktor Pengembangan Kurikulum (pertemuan ke-7 sampai ke-8)
7. Evaluasi Kurikulum (pertemuan ke-9 sampai ke-10)
8. Kebijakan Pemerintah tentang Pengembangan Kurikulum dan Posisi Depag dalam Pengembangan Kurikulum PAI di Indonesia (pertemuan ke-11 sampai 12)
9. Kurikulum PAI perspektif historis (pertemuan ke-13 [Era Orde Lama]; pertemuan ke-14 [Era Orde Baru]; pertemuan ke-15 [Era Reformasi])
10. Guru dan Pengembangan Kurikulum (pertemuan ke-16)
11. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (pertemuan ke-17 [praktik penyusunan silabus PAI]; pertemuan ke-18 [praktik penyusunan silabus Qur'an-Hadis]; pertemuan ke-19 [praktik penyusunan silabus Aqidah-Akhlak]; pertemuan ke-20 [praktik penyusunan silabus Fiqih]; pertemuan ke-21 [praktik penyusunan silabus SKI]; pertemuan ke-22 [praktik penyusunan RPP Tematik]; pertemuan ke-23 [praktik penyusunan RPP PAI]; pertemuan ke-24 [praktik penyusunan RPP bidang studi Qur'an-Hadis, Aqidah-Akhlak, Fiqih, SKI])

Daftar Referensi :
Wajib:
§ Nana Saodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek,
§ Nana Sudjana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah.
§ S. Nasution, Pengembangan Kurikulum
§ E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Anjuran:
§ Puskur Diknas, Kurikulum Bebasis Kompetensi (KBK)
§ Puskur Depdiknas, KTSP BNSP
§ Hari Suderadjat, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi; Pembaharuan Pendidikan dalam Sisdiknas 2003
§ E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi
§ E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
§ UU No. 20 Tahun 2003
§ UU No. 14 Tahun 2005
§ Permendiknas 22, 23, 24
§ Depdiknas dan Depag, Kurikulum PAI di Sekolah dan Madrasah 1975, 1984, 1994,
§ Hari Suderadjat, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi; Pembaharuan Pendidikan dalam Sisdiknas 2003
§ E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi
§ Syaifuddin Sabda, Model Kurikulum Terpadu; Iptek dan Imtaq
§ Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam
§ Moh. Zein, Pengembangan Kurikulum
§ Hasbullah, Sejarah Pendidikan islam di Indonesia
§ Abdurrachman Shaleh, Penyelenggaraan Madrasah; Peraturan Perundangan

Tidak ada komentar: