Minggu, Maret 08, 2009

PEMBAGIAN TUGAS PENDIDIKAN GURU SKI

DAFTAR PEMBAGIAN TUGAS PEMBUATAN MAKALAH TENTANG REKONSTRUKSI SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH

Ketentuan Tugas:
a. Tugas dibuat secara mandiri/individual
b. Panjang tulisan sekitar 10 halaman 1,5 spasi kuarto
c. Menggunakan kaidah penulan ilmiah seperti catatan kaki dan daftar pustaka
d. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak MTs
e. Perlu membuat rubrik penugasan untuk melatih anak melakukan rekonstruksi nilai SKI untuk era sekarang sesuai dengan kemampuan mereka
f. Makalah dipresentasikan di kelas
g. Setelah mendapatkan kritik/komentar/masukan dari forum kemudian diperbaiki oleh pemakalah

1. Nomor Presensi 1:
KD 1.1. Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
KD 1.2. menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari SKI
2. Nomor Presensi 2:
KD 1.3. Mengientifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
3. Nomor Presensi 3:
KD 2.1. Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta,
pembawa kedamaian, ksejahteraan dan kemajuan masyarakat
KD 2.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta,
pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan
yang akan datang
4. Nomor Presensi 4:
KD 2.3. Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi
masyarakat Makkah
5. Nomor Presensi 5:
KD 3.1. Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
KD 3.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
melalui kegiatan ekonomi dan pedagangan untuk masa kini dan yang akan datang
6. Nomor Presensi 6:
KD 3.3. Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
7. Nomor Presensi 7:
KD 1.1. Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
KD 1.2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafauurasyidin untuk
masa kini dan yang akan datang
8. Nomor Presensi 8:
KD 1.3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafauurasyidin
9. Nomor Presensi 9:
KD 2.1. Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Amawiyah
KD 2.2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Umayyah
10. Nomor Presensi 10:
KD 2.3. Mengidentidikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umayyah
11. Nomor Presensi 11:
KD 2.4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Umayyah untuk masa kini dan yang akan datang
KD 2.5. Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin Abdul Aziz
12. Nomor Presensi 12:
KD 1.1. Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyyah
KD 1.2. Mendeskrpsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Abbasiyyah
13. Nomor Presensi 13:
KD 1.3. Mengientifikasi tokoh ilmuan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/
peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyyah
14. Nomor Presensi 14:
KD 1.4. Mengambil ibrah dari pekembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Abbasiyyah untuk masa kini dan yang akan datang
KD 1.5. Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyyah
15. Nomor Presensi 15:
KD 2.1. Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah
KD 2.2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti
al-Ayyubiyah
16. Nomor Presensi 16:
KD 2.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/
peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah
KD 2.3. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang
KD 2.4. meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi
17. Nomor Presensi 17:
KD 1.1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial
dan pengajaran
18. Nomor Presensi 18:
KD 1.2. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
19. Nomor Presensi 19:
KD 1.3. Mengidenifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
KD 1.4. Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di
Indonesia
20. Nomor Presensi 20:
KD 1.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
KD 1.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara