Minggu, Februari 10, 2008

COURSE DESIGN

BIMBINGAN PENULISAN SKRIPSI

Ranah Integrasi-Interkoneksi :
a. Filosofis: secara epistemologis mata kuliah Bimbingan Penulisan Skripsi dapat menjadi fondasi bagi mahasiswa dalam mengkaji ilmu-ilmu pendidikan melalui aktifitas penelitian dengan paradigm integrative-interkonektif. Dengan mengetahui cara mengkaji ilmu pendidikan Islam ini, mahasiswa dapat menerapkan paradigm integrasi dalam kegiatan ilmiah. Hal ini akan tergambar melalui pendekatan penelitian yang digunakan, cara mengumpulkan data dan mengolah data, dan akhirnya ketika melakukan analisis data ia akan menggunakan paradigma tersebut.
b. Materi: Bimbingan Penulisan Skripsi yang secara spesifik mempelajari prosedur pembuatan proposal, implementasi lapangan, dan pembuatan laporan hasil penelitian, sudah barang tentu membutuhkan bantuan berbagai disiplin lain yang dipelajari di Fakultas Tarbiyah. Sebab kesemua disiplin mata kuliah yang ada bias memberikan inspirasi bagi pemunculan/penemuan tema atau topik penelitian. Namun demikian ada beberapa mata kuliah yang dari sisi konten dibutuhkan untuk menunjang perkuliahan Bimbingan Penulisan Skripsi, seperti: Metodologi Penelitian Pendidikan Evaluasi Pendidikan, Ilmu Pendidikan Islam, dan Statistik Pendidikan.
c. Proses integrasi-interkoneksi: Model kajian yang akan ditempuh dalam proses integrasi-interkoneksi pada mata kuliah ini mencakup tiga model yaitu informatif, konfirmatif dan korektif. Model informatif yaitu pembahasan tema-tema dalam mata kuliah Bimbingan Penulisan Skripsi ini akan diperkaya dengan informasi dari disiplin ilmu yang telah disebutkan di atas terutama dari Teori Belajar dan Pembelajaran. Konfirmatif yaitu pembahasan tema-tema dalam mata kuliah Bimbingan Penulisan Skripsi ini akan dipertegas dan dipertajam dengan tinjauan dari berbagai subyek kajian dalam beberapa mata kuliah yang masuk dalam kategori sebagai pendukung integrasi-interkoneksi. Model kajian korektif yaitu pembahasan tema-tema dalam mata kuliah Bimbingan Penulisan Skripsi ini akan dikonfrontir dengan kenyataan di lapangan melalui praktek penelitian dalam arti yang sebenarnya.

Deskripsi Mata Kuliah:
Bimbingan Penulisan Skripsi merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana cara melaksanakan penelitian dan menyusun skripsi. Untuk itu dalam perkuliahan Bimbingan Penulisan Skripsi di samping mahasiswa akan diajak untuk bersama-sama memahami prosedur pengajuan proposal, menelaah, menganalisis dan mengkritisi komponen-komponen proposal dan skripsi, mahasiswa juga akan dilatih untuk membuat proposal, pedoman observasi, wawancara, angket, melakukan penelitian, dan menyusun laporan hasil penelitian agar mereka memiliki pengalaman konkrit.

Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu melakukan penelitian dan menyusun laporan.

Penjabaran Materi:
1. Pengertian skripsi
2. Syarat dan Prosedur penulisan proposal
3. Komponen-komponen proposal
4. Membuat proposal penelitian
5. Kritik proposal
6. Prosedur penelitian
7. Pedoman observasi, wawancara, angket
8. Teknik pengumpulan data
9. Klasifikasi data
10. Draft Laporan
11. Analisis data
12. Simpulan
13. Saran Penelitian

Daftar Referensi:
Wajib
1. Rajasa Mu'tashim, dkk., Pedoman Penulisan Skripsi Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2004.
2. Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999
3. Mattew B. Miles dan A. Michael Humberman, Analisis Data Kualitatif, Terjemah: Cecep Rohandi Rohidi, Jakarta: UI Press, 2003
4. Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito. 1988
5. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1993
6. Sutrisno Hadi, Metodologi Research,
7. Sugiyono, Metode Penelitian Administratif,
8. Sumanto, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Aplikasi Metode Kuantitatif dan Statistika dalam Penelitian, Yogyakarta: Andi Ofset. 1995

Anjuran
1. Rochiati Wiriaatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: Rosda, 2006
2. Nurul Zuriah, Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan dan Sosial, Malang: Banyumedia Publishing, 2003
3. Nelson Siregar, Penelitian Kelas: Teori, Metodologi dan Analisis, Bandung: IKIP Bandung Press, 1998.
4. Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Panduan Penataran dan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas bagi Dosen LPTK se Indonesia, Solo: Dikti Diknas, 2004.
5. David Hopkins, A Teacher’s Guide to Classroom Research, Philadelphia: Open University Press, 1993.
6. Walter R. Borg and Meredith Damien Gall, Educational Research: an Introduction, Longman Group Ltd.: Lpndon, 1989
9. Koentjaraningrat. Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991
10. Julia Brannan, Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2062 .
11. Dudung Abdurrahman, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2003.
12. Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin. 1996
13. Skripsi Mahasiswa
14. Puslit, Jurnal Penelitian Agama. Yogyakarta: Puslit IAIN/UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tidak ada komentar: