Senin, Oktober 26, 2009

PEMBAGIAN TUGAS SKI DAN PEMBELAJARANNYA

Ketentuan:
1. Tiap mahasiswa harus berkoordinasi agar tidak terjadi overlapping pembagian KD
2. Pembuatan RPP didasarkan pada Permendiknas 41 tahun 2007 tentang Standar Proses dan dikaitkan dengan RPP yang ada di madrasah [sebagaimana hasil survey]

Kelas PAI-G untuk SKI MI
Nomor Presensi 1-4 Kelas III
Nomor Presensi 5-8 Kelas IV
Nomor Presensi 9-12 Kelas V
Nomor Presensi 13-17 Kelas VI

Kelas PAI-H untuk SKI MI
Nomor Presensi 1 Kelas III
Nomor Presensi 2-3 Kelas IV
Nomor Presensi 4-5 Kelas V
Nomor Presensi 6-7 Kelas VI

SK DAN KD SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
JENJANG MADRASAH IBTIDAIYAH


Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra- Islam
KOMPETENSI DASAR

1.1 Menceritakan kondisi alam, sosial, dan perekonomian masyarakat Arab pra-Islam
1.2 Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam
1.3 Menjelaskan masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad SAW
1.4 Mengambil ibrah dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam

Kelas III, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
2. Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW

KOMPETENSI DASAR
2.1 Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW
2.2 Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW
2.3 Mengambil ibrah dari kenabian dan kerasulan Muhammad SAW

STANDAR KOMPETENSI
3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW

KOMPETENSI DASAR
3.1. Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW
3.2 Mengambil ibrah peristiwa kerasulan Muhammad SAW

Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya
1.2 Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam berdakwah
1.3 Meneladani ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah

STANDAR KOMPETENSI
2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW

KOMPETENSI DASAR
2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
2.2 Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
2.3 Meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam

Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah

KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan Habsyah
3.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah
3.3 Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif dan Habsyah

STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

KOMPETENSI DASAR
4.1 Mendeskripsikan peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW
4.1 Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW
Kelas V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib

KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
1.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
1.3 Mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib

STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW

KOMPETENSI DASAR
2.1 Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan)
2.1 Meneladani keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah

Kelas V, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
3. Mengenal peristiwa Fathu Makkah

KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah
3.2 Menceritakan kronologi peristiwa Fathu Makkah
3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu Makkah

STANDAR KOMPETENSI
4. Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW
4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW

Kelas VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam
1.3 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
1.4 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq

STANDAR KOMPETENSI
2. Mengenal sejarah khalifah Umar bin Khattab

KOMPETENSI DASAR
2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam
2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab.
2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab

STANDAR KOMPETENSI
3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam
3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan
3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan

Kelas VI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
4. Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib

STANDAR KOMPETENSI
5. Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.

KOMPETENSI DASAR
5.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing
5.2 Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing
5.3 Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing
Kelas PAI-G untuk SKI MTs
Nomor Presensi 18-23 Kelas VII
Nomor Presensi 24-29 Kelas VIII
Nomor Presensi 30-34 Kelas IX

Kelas PAI-H untuk SKI MTs
Nomor Presensi 8-9 Kelas VII
Nomor Presensi 10-11 Kelas VIII
Nomor Presensi 12-14 Kelas IX

SK DAN KD SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
JENJANG MADRASAH TSANAWIYAH


a. Kelas VII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami sejarah kebudayaan Islam

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
1.2 Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah

KOMPETENSI DASAR
2.1 Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
2.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.3 Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
b. Kelas VII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
1.2 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
1.3 Meneladani gaya kepemimpinan
Khulafaurrasyidin

STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah

KOMPETENSI DASAR
2.1 Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
2.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.5 Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz

c. Kelas VIII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
1.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5 Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah

d. Kelas VIII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

KOMPETENSI DASAR
2.1 Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah
2.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah
2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang
2.5 Meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi

e. Kelas IX, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3 Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
1.4 Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

f. Kelas IX, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
1.1 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara

Kelas PAI-G untuk SKI MA
Nomor Presensi 35-43 Kelas XII Semester 1
Nomor Presensi 44-51 Kelas XII Semester 2

Kelas PAI-H untuk SKI MA
Nomor Presensi 12-16 Kelas XII Semester 1
Nomor Presensi 17-21 Kelas XII Semester 2

SK DAN KD SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
JENJANG MADRASAH ALIYAH


a. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.3 Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.4 Mengambil ibrah dari perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.

STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami masalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat

KOMPETENSI DASAR
2.1 Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaaurraasyidiin
2.2 Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin
2.3 Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik
3.2 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik
3.3 Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3.4 Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik

STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
4.2 Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
4.3 Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

b. Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)

KOMPETENSI DASAR
1.1. Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
1.2. Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
1.3. Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
1.4. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern

STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami perkembangan Islam di Indonesia

KOMPETENSI DASAR
2.1. Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
2.2. Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
2.3. Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di Indonesia
2.4. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia

STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami perkembangan Islam di dunia

KOMPETENSI DASAR
3.1. Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
3.2. Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia
3.3. Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di dunia
3.4. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia

2 komentar:

fILSAFAT pendidikan mengatakan...

LAPORAN HASIL SURVEI DISEKOLAH MAN MAGUWOHARJO

Nama : Wahyu Isnaeni
Nim :08410238
No.Absen :36
MaKul :SKI dan Pembelajarannya
Kelas :F

Hasil dari survai lapangan.

• Identitas guru
Nama guru :DRA.Hj. sriyati Jazli
• Lama mengajar sejak dari 1990-sekarang


1.Guru

Penilaian saya pada sekolah ini terutama pada guru Antara lain:

• Bagi guru,cara mengajar yang baik atau nyaman apabila guru menyukai materi yang diajarkan
• Guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran SKI karena minat baca siswa sangat kurang .
• Guru lebih suka mengajar Siswa IPA dari pada IPS karena bagi guru siswa IPA lebih pintar dari pada IPS.
• Dalam sanksi guru terlalu lembut dan menyepelekan terhadap siswa dan guru agak kaku
• Metode yang dilakukan guru mengikuti keinginan siswa.

Bagi saya guru kurang baik dalam membedakan siswa IPA/IPS,
Saran saya guru harus lebih sabar dengan siswanya.

1. Metode

• Ceramah terlalu sering dilakukan
• Diskusi
• Game
• Audio visual
• Isu kontemporer kurang waktunya dan jarang diterapkan.

Tetapi menurut saya guru kurang menerapkan metode tersebut karena sifat guru yang kaku terhadap siswanya.

2. Siswa

• Siswa kurang mnyukai gurunya an hal itu menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran SKI
• Bagi siswa guru sangat monoton dalam menyampaikan pelajaran, hal itu menyebabkab siswa bosan dalam menerima pelajaran
• Siswa Lebih menyukai sejarah umum karena banyak siswa yang dari SMP dan ada yang menyukai ski karena dari MTs
• Siswa malas membaca buku-buku yang bekaitan dengan SKI, karena siswa kurang menyukai gurunya
• Guru ski pling kurang disukai siswa karena sifatnya kaku.
• Siswa Lebih suka ceramah karena biar bias tidur
• Materi tidak ada yang disukai siswa
• Siswa bingung dengan Ski krena hanya dikelas 3 jadi menyebabkan beban karena waktu kelas I dan Kelas II tidak menerima Pelajaran SKI

Siswa ingin lebih diperhatikan gurunya.

3. Materi

Dlam 1 tahun ada 7Standar Kompetensi yang disampaikan di kelas III dan pmbegiannya antara lain: Semester 1 ada 4 Standar Kompetensi dan semester 2 ada 3 Standar Kompetensi

Standar nilai 70

Guru memberi kesemptan siswa untk memperbaiki nilai kalau belum mencapai standar nilai

Buku yang digunakan oleh guru dalam belajar di kelas menggunakan buku 3 serangkai
Matri terlampir Di RPP dan Silabus

4. Media

• Buku
• LKS
• Peta
• Globe
• Atlas
• Cd
• Tv
Tetapi TV dan CD kurang dioptimalkan oleh guru.

Saran :

Menurut saya dari semuanya itu sudah baik akan tetapi masih perlu diperbaiki terutama cara mengajar guru dan minat baca siswa.


LAMPIRAN RPP dan SILABUS dibawah

fILSAFAT pendidikan mengatakan...

pak ko ngrimnya g bisa langsung semuanya ce
jadi saya cuma ngirimnya RPP 1 dan Silabus I