Daily Calendar

Rabu, Juli 08, 2009

TUGAS MATAKULIAH IPI SEMESTER PENDEK

UNSUR PENDIDIKAN ISLAM

Jawablah soal berikut ini di dalam kotak komentar!
Menurut Anda, ada berapa unsur pendidikan Islam itu? Berikan penjelasan masing-masing secara singkat! Dari banyak unsur pendidikan tersebut, menurut Anda, mana yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir? Berikan argumen Anda!

72 komentar:

Ridho mengatakan...

Menurut saya unsur-unsur pendidikan islam ada 9, yaitu:
1. Asas Pendidikan
Islam mengatakan bahwa Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Alquran ini juga dipandang sebagai keagungan dan penjelasan, namun juga sering kali disebut sebagai petunjuk dan buku. Alquran berisi segala hal mengenai petunjuk yang membawa hidup manusia bahagia di dunia dan bahagia di akhirat kelak. Kandungan yang ada di dalam Alquran meliputi segala hal

2. Tujuan Pendidikan
Sesuai dengan Alquran disebutkan filosofis pendidikan islam bertujuan sesuai dengan hakikat penciptaan manusia yaitu agar manusia menjadi pengabdi Allah yang patuh dan setia (QS.51:56).

3. Materi Pendidikan
Materi (atau bahan) pelajaran dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan. Materi pelajaran memiliki sifat-sifat, yang dapat dikategorikan:
a. Fakta
b. Konsep
c. Prinsip
d. Nilai
e. Keterampilan
f. Prosedur

4. Subjek Pendidikan
Yang dimaksud subjek di sini adalah pendidik atau guru. Hamalik dalam bukunya menyebutkan bahwa guru adalah jabatan profesional yang memerlukan berbagai keahlian khusus. Sebagai suatu profesi, maka harus memenuhi kriteria profesional, (hasil lokakarya pembinaan Kurikulum Pendidikan Guru UPI Bandung) sebagai berikut:
a. Fisik
b. mental/kepribadian
c. keilmiahan/pengetahuan
d. keterampilan

5. Objek Pendidikan
Yang dimaksud objek dalam sistem pembelajaran adalah peserta didik. Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan. Oleh sebab itu dalam memahami hakikat peserta didik, para pendidik perlu dilengkapi pemahaman tentang ciri-ciri umum peserta didik.

6. Metode Pendidikan
Metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Jenis-jenis metode mengajar antara lain:
a. metode ceramah
b. Metode tanya jawab atau dialog
c. Metode diskusi
d. Metode tugas atau resitasi
e. Metode kerja kelompok
f. Metode demonstrasi atau eksperimen
g. Metode problem solving
h. Metode sistem regu
i. Metode latihan atau drill
j. Metode karyawisata
k. Metode manusia sumber atau resource person
l. Metode simulasi
m. Metode sosiodrama
n. Metode survei masyarakat

7. Media Pendidikan
Media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan atau informasi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. atau media pembelajaran dapat disebut juga sebagai sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, sehingga terjadi proses belajar. Media pembelajaran dibagi menjadi tiga, yaitu:
a. media audio
b. Media visual
c. media audio visual

8. Evaluasi Pendidikan
Evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa. Jenis instrumen evaluasi adalah sebagai berikut:
a. tes, dibagi menjadi tiga, yaitu:
1. tes tulis
2. tes lisan (tes lisan kelompok maupun individu)
3. tes tindakan (baik kelompok maupun perorangan)
b. non tes: untuk menilai aspek tingkah laku, seperti: sikap, minat, perhatian, motivasi dan lain sebagainya.

9. Lingkungan Pendidikan
- Lingkungan alam atau luar
lingkungan alam atau luar adalah segala sesuatu yang ada dalam dunia ini yang bukan manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
- Lingkungan dalam
Lingkungan dalam adalah segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita
- Lingkungan sosial
lingkungan sosial adalah semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita

adib mengatakan...

Menurut saya unsur-unsur pendidikan islam itu ada 5, yaitu :
1. Tujuan pendidikan islam
Tujuan pendidikan islam merupakan dasar bagi seseorang dalam rangka menempuh suatu pendidikan islam, karena tanpa adanya tujuan yang jelas dari seseorang, maka pada akhirnya pendidikan yang diembannya itu tidak jelas arahnya.
Secara umum tujuan pendidikan islam adalah tercapainya kebahagiaan hidup di dunia maupun di akherat dan tentunya di dalamnya terdapat indikasi-indikasi dari tujuan itu yang harus dilalui oleh seseorang dalam menempuh pendidikan islam.
2. Pendidik
Dalam pendidikan islam islam unsur pendidik sangatlah penting keberadaannya dalam rangka mengarahkan peserta didiknya ke arah tujuan yang telah direncanakan. tentunya dalam melaksanakan tugasnya seorang guru memenuhi kriteria-kriteria yang itu merupakan syarat dari pendidikan islam baik itu secara fisik, mental, pengetahuan maupun ketrampilan.
3. Anak didik
Anak didik merupakan objek dari pada pendidikan islam itu sendiri sehingga keberadaannya perlu bimbingan khusus dari seorang pendidik dalam upaya pembentukan watak dan kepribadian yang menjadi tujuan dari pada pendidikan islam itu sendiri. oleh karena itu seorang guru harus memahami betul apa yang dibutuhka oleh anak didik dalam kegiatan belajarnya.
4.Metode
Metode merupakan cara yang digunakan oleh seorang guru dalam rangka berinteraksi dengan siswanya dalam kegiatan belajar mengajar yang semuanya itu dilakukan agar terwujud suatu tujuan pendidikan yang telah dicita-citakannya. ada banyak metode yang dapat dipakai oleh seorang guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan dan guru guru harus tahu kapan dan dimana harus menggunakan metode itu, karena semuanya itu tergantung dari situasi dan kondisi dari siswanya.
5. Kurikulum
Kurikulum merupakan acuan bagi berjalannya proses pendidikan, sehingga kedudukannya sangatlah penting. dalam pendidikan islam, kurikulum haruslah berlandaskan akidah islam, sehingga seluruh materi dan metode yang digunakannyapun harus di disusun agar tidak menyimpang dari landasan tersebut.
Dari semua unsur-unsur di atas, unsur yang paling penting jika dikaitkan dengan problematika pendidikan yang sekarang ini adalah unsur kurikulum, karena kurikulum merupakan acuan pokok dalam rangka proses pendidikan yang di dalamnya mencakup semua aspek yang berhubungan dengan pendidikan islam. kurikulum harus berubah sesuai dengan situasi dan kondisi zaman, dan perubahannya itu merupakan respon daripada permasalahan mutakhir yang ada, sehingga dalam pelaksanaannya sangatlah tepat sesuai keadaan yang ada.

bemftyjogja mengatakan...

Humam Binnuroini
07410352

unsur-unsur pendidikan islam ada 9, yaitu :

A. ASAS
Dasar dalam pendidikan islam adalah al-quran dan hadis, dan ini pada rumpun bayani, seperti yang telah diketahui bahwa pengetahuan terdapat 3 rumpun, yaitu bayani, burhani, dan irfani
B. TUJUAN
tujuan pendidikan islam dapat dilihat dari tujuh dimensi utama:
a. dimensi hakikat penciptaan manusia: pendidikan bertujuan untuk membimbing perkembangan peserta didik secara optimal agar menjadi pengabdi kepada Allah yang setia
b. dimensi tauhid: pendidikan bertujuan untuk uapay pembentukan sikap takwa
c. dimensi moral: pendidikan bertujuan untuk pembentukan manusia sebagai pribadi yang bermoral
d. dimensi perbedaan individu: pendidikan bertujuan untuk membimbing dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, dengan tidak mengabaikan adanya faktor perbedaan individu, serta menyesuaikan pengembangannya dengan kadar kemampuan dari potensi yang dimiliki masing-masing
e. dimensi sosial: pendidikan bertujuan untuk pembentukan manusia sosial yang memiliki sifat takwa sebagai dasar sikap dan perilaku
f. dimensi profesional: pendidikan bertujuan untuk membimbing dan mengembangkan potensi peserta didik, sesuai dengan bakatnya masing-masing, dengan demikian diharapkan mereka dapat memiliki keterampilan yang serasi dengan bakat yang dimiliki, hingga keterampilan itu dapat digunakannya untuk mencari nafkah sebagai penopang hidupnya.
g. Dimensi ruang dan waktu: pendidikan bertujuan untuk membimbing dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal agar mereka mampu menopang keselamatan dan kesejahteraan hidup di sunia sesuai dengan perintah syariat islam.

C. MATERI
Materi (atau bahan) pelajaran dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan. Materi pelajaran memiliki sifat-sifat, yang dapat dikategorikan:
a. Fakta: adalah sifat dari suatu gejala, peristiwa, benda yang wujudnya dapat ditangkap oleh panca indera.
b. Konsep: atau pengertian adalah serangkaian perangsang yang mempunyai sifat-sifat yang sama.
c. Prinsip: adalah pola antar hubungan fungsional antara konsep.
d. Nilai: adalah suatu pola, ukuran, atau merupakan suatu tipe atau model.
e. Keterampilan: adalah pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari.
f. Prosedur: atau proses adalah serangkaian perubahan, gerakan-gerakan sesuatu secara berurutan.

D. PENDIDIK
Pendidik dapat dilihat melalui beberapa aspek antara lain:
a. Fisik
b. mental/kepribadian
c. keilmiahan/pengetahuan
d. keterampilan

E. PESERTA DIDIK
Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan. Oleh sebab itu dalam memahami hakikat peserta didik, para pendidik perlu dilengkapi pemahaman tentang ciri-ciri umum peserta didik.

F. METODE DAN STRATEGI
Metode dan strategi mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.

G. MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran. dengan kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, sehingga terjadi proses belajar. Media pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu:
a. media audio
b. Media visual

H. EVALUASI
Evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa.

I. LINGKUNGAN
lingkungan menjadi tiga bagian sebagai berikut:
- lingkungan alam atau luar
lingkungan alam atau luar adalah segala sesuatu yang ada dalam dunia ini yang bukan manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
- Lingkungan dalam
Lingkungan dalam adalah segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita
- lingkungan sosial
lingkungan sosial adalah semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita

Ashfy mengatakan...

Menurut saya,
unsur-unsur pendidikan islam ada 6.
1. Tujuan Pendidikan
Pada dasarnya tujuan umum pendidikan islam terangkum menjadi 5 bagian.
a. untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia
b. persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat.
c. persiapan untuk mencari rizqi dan pemeliharaan segi-segi kemanfaatan.
d. menumbuhkan roh ilmiah pada pelajar.
e. menyiapkan pelajar dari segi profesional

2. Pendidik
Alghozali menggunakan istilah pendidik denghan berbagai kata seperti, al-mu'alim (
guru), al-mudaris(pengajar), al-muadib (pendidik), dan al-walid(orang tua).

3. Anak didik
Al-ghozali mengemukakan empat kewajiban anak didik yang harus senantiasa diperhatikan, yaitu :
mendahulukan kesucian jiwa, bersedia merantau untuk mencari ilmu pengetahuan, jangan menyombongkan ilmunya dengan menentang guru, mengetahui kedudukan ilmu pengetahuan.

4. Metode
Al-Syaibani mencoba mendefinisikan metode adalah segi kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestia-kenestian mata pelajaran yang diajarkannya, ciri-ciri perkembangan muridnya dan suasana lam sekitarnya, dan perubahan yang dikehendaki pada tingkah laku mereka.

5. Kurikulum
DR. Munir Kamil mendefinisikan kurikulum sebagai sejumlah pegalaman-pengalaman pendidikan budaya, sosial, olah raga, dan seni yang disediakan oleh sekolah bagi anak didiknya untuk berkembang secara menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan pendidikan.

6. Lingkungan
Pada dasarnya Islam lebih dekat kepada teori konvergensi (dalam dunia pendidikan), yang ditawarkan oleh Wiliam Stern. Islam mengakui adanya faktor dasar (nativisme) dan ajar (empirisme) yang akan berkembang dengan baik dalam kondisi lingkungan yang baik pula.



Unsur pendidikan Islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah metode dalam pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pendidikan Islam sebagian besar masih menggunakan metode lama dan konvensional. oleh karena itu dalam rangka pengembangan pendidikan Islam maka dibutuhkan metode-metode baru yang mampu memperbaharui dan mengemas pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Ashfy mengatakan...

Menurut saya,
unsur-unsur pendidikan islam ada 6.
1. Tujuan Pendidikan
Pada dasarnya tujuan umum pendidikan islam terangkum menjadi 5 bagian.
a. untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia
b. persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat.
c. persiapan untuk mencari rizqi dan pemeliharaan segi-segi kemanfaatan.
d. menumbuhkan roh ilmiah pada pelajar.
e. menyiapkan pelajar dari segi profesional

2. Pendidik
Alghozali menggunakan istilah pendidik denghan berbagai kata seperti, al-mu'alim (
guru), al-mudaris(pengajar), al-muadib (pendidik), dan al-walid(orang tua).

3. Anak didik
Al-ghozali mengemukakan empat kewajiban anak didik yang harus senantiasa diperhatikan, yaitu :
mendahulukan kesucian jiwa, bersedia merantau untuk mencari ilmu pengetahuan, jangan menyombongkan ilmunya dengan menentang guru, mengetahui kedudukan ilmu pengetahuan.

4. Metode
Al-Syaibani mencoba mendefinisikan metode adalah segi kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestia-kenestian mata pelajaran yang diajarkannya, ciri-ciri perkembangan muridnya dan suasana lam sekitarnya, dan perubahan yang dikehendaki pada tingkah laku mereka.

5. Kurikulum
DR. Munir Kamil mendefinisikan kurikulum sebagai sejumlah pegalaman-pengalaman pendidikan budaya, sosial, olah raga, dan seni yang disediakan oleh sekolah bagi anak didiknya untuk berkembang secara menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan pendidikan.

6. Lingkungan
Pada dasarnya Islam lebih dekat kepada teori konvergensi (dalam dunia pendidikan), yang ditawarkan oleh Wiliam Stern. Islam mengakui adanya faktor dasar (nativisme) dan ajar (empirisme) yang akan berkembang dengan baik dalam kondisi lingkungan yang baik pula.



Unsur pendidikan Islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah metode dalam pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pendidikan Islam sebagian besar masih menggunakan metode lama dan konvensional. oleh karena itu dalam rangka pengembangan pendidikan Islam maka dibutuhkan metode-metode baru yang mampu memperbaharui dan mengemas pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

wais mengatakan...

JUMAROH
NIM 07410156
unsur-unsur pendidikan ada 7 (tujuh) yaitu :
1. pendidik
pendidik adalah salah satu unsur yang terpenting, karena disini pendidik merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam terlaksananya kegiatan belajar mengajar.
2. peserta didik
adalah unsur no dua yang tidak kalah pentingnya dengan unsur yang pertama, jadi antara pendidik dan peserta didik itu harus saling kerjasama demi tercapainya tujuan/ hal yang paling urgen dalam penddidkan.
3. metode dan strategi
adalah bentuk aktualisasi ataupun suatu cara yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaiakan sustu pelajaran kepada peserta didik.
4.tujuan
adalah sesuatu yang menjadi pathokan/tholak ukur dalam pendidikan.
5. kurikulim
adalah suatu acuan ataupun suatu landasan dalam pendidikan.
6. lingkungan
lingkungan itu sangat berperan bagi pendidikan anak, dikarenakan lingkungan itu selalu mengiringi dalam kehidupan anak, dimana anak itu bermain dan belajar ya pasti dilingkungan itu. lingkungan di bagi menjadi 3 (tiga) :
1. keluarga, keluarga sangat menentukan pendidikan bagi anak karena keluarga merupakan faktor utama dalam tumbuh kembang dunia pendidikan anak.
2. masyarakat, masyarakat merupakan faktor lingkungan yang no dua setelah keluarga, karena masyarakat merupakan lingkunga dimana anak itu mulai berinteraksi dengan dunia luar.
3. sekolah, merupakan lingkungan yang mendukung dalam intelegensi anak karena dalam sekolah itu anak dituntut agar kreatif dan diasah intelektualitasnya.
7. evaluasi.
evaluasi merupkan suatu bentuk pengkoreksian terhadap hal yang telah dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar.
-unsur yang paling penting jika dikaitkan dengan pendidikan mutakhir, kalau menurut saya unsur yang paling penting adalah pendidik, mengapa pendidik karena pendidik itu lah yang merupakan orang yang memberikan materi ajar kepada siswa, dimana siswa itu akan faham, ataupun tidak terhadap materi yang diberikan oleh penddik itu tergantung kepada pendidiknya, oleh karena itu setiap pendidika yang baik itu harus sudah disertifikasi agar terciptanya pendidik yang berkompeten dan profesionalis, tapi tidak itu saja pendidik juga harus mempunyai nilai moral yang tinggi sehingga pendidik tidak hanya mengajarkan tentang pelajaran tetapi juga bisa mengajarkan tentang prilaku ataupun sikap yang baik (akhlaqul karimah)

restia fatmasari mengatakan...

Restia Fatma Sari
07410077


Menurut saya unsur - unsur pendidikan islam ada sembilan yaitu :
a. Asas
Asas dalam pendidikan islam adalah al Qur'an yang di turunkan kepada nabi Muhammad melalui malaikat jibril. al quran berisi petunjuk yang membawa manusia kedalam kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. al - Qur'an memuat tentang segala hal yang berkaitan dengan kehidupan.
b.Tujuan
Tujuan pendidikan islam adalah membentuk sikap peserta didik agar patuh dan setia terhadap Allah,membentuk manusia agar menjadi pribadi yang bermoral,serta mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan bakatnya masing - masing.
c.Materi
Bahan pelajaran ditetapkan setelah tujuan pengajaran ditetapkan. Dalam menetapkan bahan pengajaran materi harus sesuai dengan fakta,konsep, prinsip, prosedur, prinsip, nilai, dan ketrampilan.
d.Subjek
Yang dimaksud subjek disini adalah pendidik atau guru.Seorang guru juga memenuhi kriteria sebagai seorang guru. Seorang guru harus sehat secara fisik, tidak sakit - akitan atau cacat tubuh yang akan menimbulkan ejekkan. sehat secara mental, ilmiah artinya seorang guru itu harus cerdas / memahami, mencintai mata pelajaran yang diajarkan.
e. Objek
Yang dimaksud objek disini adalah peserta didik. peserta didik merupakan sasaran sekaligus subjek pendidikan. oleh sebab itu pendidik harus memahami ciri - ciri umum peserta didik. bahwa peserta didik berasal dari keluarga yang berbeda / latar belakang yang berbeda, rasa keingintahuan dn kemauan yang besar dan juga pertumbuhan peserta didik.
f. Metode
Cara yang digunakan guru pada saat mrngajar agar siswa merasa enjoy pda saat pembelajaran berlangsung. misalnya metode angin berhembus, ceramah, the power of two dan masih bnyk lgi metode pembelajaran yng dapat meningkatkan minat belajar siswa.
g. Media
Alat yng digunakan untuk membantu pembelajaran.Sehingga siswa dapt termotivasi dan berminat dalam proses pembelajaran. medi pembelajaran ada 3 yaitu audio, visual dan audio visual.
h. Evaluasi
Proses sistematis untuk memberikan nilai atau predikat pada siswa yaitu dengan tes maupun non tes. dengan tes misalnya tes tulis, tes lisan maupun tes tindakan. non tes misalnya dengan menilai tindakan dikelas, minat dan perhatian / keaktifan dikelas.
i. Lingkungan
Semua kondisi dalam kehidupan dunia ini yang mempengaruhi tingkah laku, pertumbuhan dan perkembangan kita.

hanya tuhan yang tahu isi hati manusia mengatakan...

UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN
Menurut pendapat saya yang termasuk kedalam unsur-unsur pendidikan adalah :
1. Peserta Didik( Subjek yang dibimbing)
Peserta didik berstatus sebagai subjek didik. Pandangan modern cenderung menyebutkan demikian oleh karena peserta didik adalah subjek atau pribadi yang otonom, yang ingin diakui keberadaannya.
Ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah:
a.     Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang khas, sehingga merupakan insan yang unik.
b.     Individu yang sedang berkembang.
c.     Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi.
d.     Individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.  
2.     Orang yang membimbing (pendidik)
Yang dimaksud pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik. Peserta didik mengalami pendidikannya dalam tiga lingkunga yaitu lingkungankeluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masayarakat. Sebab itu yang bertanggung jawab terhadap pendidikan ialah orang tua, guru, pemimpin program pembelajaran, latihan, dan masyarakat.
3.     Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
Interaksi edukatif pada dasarnya adalah komunikasi timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang terarah kepada tujuan pendidikan. Pencapaian tujuan pendidikan secara optimal ditempuh melalui proses berkomunikasi intensif dengan manipulasi isi, metode, serta alat-alat pendidikan.
4.     Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
a.     Alat dan Metode
Alat dan metode diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan ataupun diadakan dengan sengaja untuk mencapai tujuan pendidikan. Secara khusus alat melihat jenisnya sedangkan metode melihat efisiensi dan efektifitasnya. Alat pendidikan dibedakan atas alat yang preventif dan yang kuratif.
b.     Tempat Peristiwa Bimbingan Berlangsung (lingkungan pendidikan)
Lingkungan pendidikan biasanya disebut tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
5.     Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
6.     Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
7.     Tempat dimana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)

hanya tuhan yang tahu isi hati manusia mengatakan...

UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN
Menurut pendapat saya yang termasuk kedalam unsur-unsur pendidikan adalah :
1. Peserta Didik( Subjek yang dibimbing)
Peserta didik berstatus sebagai subjek didik. Pandangan modern cenderung menyebutkan demikian oleh karena peserta didik adalah subjek atau pribadi yang otonom, yang ingin diakui keberadaannya.
Ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah:
a.     Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang khas, sehingga merupakan insan yang unik.
b.     Individu yang sedang berkembang.
c.     Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi.
d.     Individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.  
2.     Orang yang membimbing (pendidik)
Yang dimaksud pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik. Peserta didik mengalami pendidikannya dalam tiga lingkunga yaitu lingkungankeluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masayarakat. Sebab itu yang bertanggung jawab terhadap pendidikan ialah orang tua, guru, pemimpin program pembelajaran, latihan, dan masyarakat.
3.     Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
Interaksi edukatif pada dasarnya adalah komunikasi timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang terarah kepada tujuan pendidikan. Pencapaian tujuan pendidikan secara optimal ditempuh melalui proses berkomunikasi intensif dengan manipulasi isi, metode, serta alat-alat pendidikan.
4.     Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
a.     Alat dan Metode
Alat dan metode diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan ataupun diadakan dengan sengaja untuk mencapai tujuan pendidikan. Secara khusus alat melihat jenisnya sedangkan metode melihat efisiensi dan efektifitasnya. Alat pendidikan dibedakan atas alat yang preventif dan yang kuratif.
b.     Tempat Peristiwa Bimbingan Berlangsung (lingkungan pendidikan)
Lingkungan pendidikan biasanya disebut tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
5.     Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
6.     Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
7.     Tempat dimana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)
Nama : Sri Handayani
Nim : 07410250
Kelas :A

hanya tuhan yang tahu isi hati manusia mengatakan...

Nama : Sri Handayani
Nim : 07410250

UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN
Menurut pendapat saya yang termasuk kedalam unsur-unsur pendidikan adalah :
1. Peserta Didik( Subjek yang dibimbing)
Peserta didik berstatus sebagai subjek didik. Pandangan modern cenderung menyebutkan demikian oleh karena peserta didik adalah subjek atau pribadi yang otonom, yang ingin diakui keberadaannya.
Ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah:
a.     Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang khas, sehingga merupakan insan yang unik.
b.     Individu yang sedang berkembang.
c.     Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi.
d.     Individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.  
2.     Orang yang membimbing (pendidik)
Yang dimaksud pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik. Peserta didik mengalami pendidikannya dalam tiga lingkunga yaitu lingkungankeluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masayarakat. Sebab itu yang bertanggung jawab terhadap pendidikan ialah orang tua, guru, pemimpin program pembelajaran, latihan, dan masyarakat.
3.     Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
Interaksi edukatif pada dasarnya adalah komunikasi timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang terarah kepada tujuan pendidikan. Pencapaian tujuan pendidikan secara optimal ditempuh melalui proses berkomunikasi intensif dengan manipulasi isi, metode, serta alat-alat pendidikan.
4.     Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
a.     Alat dan Metode
Alat dan metode diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan ataupun diadakan dengan sengaja untuk mencapai tujuan pendidikan. Secara khusus alat melihat jenisnya sedangkan metode melihat efisiensi dan efektifitasnya. Alat pendidikan dibedakan atas alat yang preventif dan yang kuratif.
b .     Tempat Peristiwa Bimbingan Berlangsung (lingkungan pendidikan)
Lingkungan pendidikan biasanya disebut tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
5.     Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
6.     Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
7.     Tempat dimana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)

vevian mengatakan...

Unsur pendidikan islam itu ada sembilan yaitu:
A. Asas Pendidikan.
Islam mengatakan bahwa Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Alquran ini juga dipandang sebagai keagungan dan penjelasan, namun juga sering kali disebut sebagai petunjuk dan buku. Alquran berisi segala hal mengenai petunjuk yang membawa hidup manusia bahagia di dunia dan bahagia di akhirat kelak. Kandungan yang ada di dalam Alquran meliputi segala hal sebagaimana difirmankan Allah SWT “tidak kami luputkan dalam kitab itu segala sesuatu” (QS.6:38).

B. TUJUAN
Sesuai dengan Alquran disebutkan filosofis pendidikan islam bertujuan sesuai dengan hakikat penciptaan manusia yaitu agar manusia menjadi pengabdi Allah yang patuh dan setia (QS.51:56).
Sedangkan menurut Prof Dr H Jalaluddin secara garis besar tujuan pendidikan islam dapat dilihat dari tujuh dimensi utama:
a. dimensi hakikat penciptaan manusia
b. dimensi tauhid
c. dimensi moral
d. dimensi perbedaan individu
e. dimensi sosial
f. dimensi profesional
g. Dimensi ruang dan waktu

C. MATERI
Materi atau bahan pelajaran,Materi pelajaran memiliki sifat-sifat, yang dapat dikategorikan:
a. Fakta
b. Konsep
c. Prinsip
d. Nilai
e. Keterampilan
f. Prosedur

D. SUBJEK
Yang dimaksud subjek yaitu pendidik atau guru.

E. OBJEK
Yang dimaksud objek yaitu peserta didik.

F. METODE
Metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Jenis-jenis metode mengajar antara lain:
a. metode ceramah
b. Metode tanya jawab atau dialog
c. Metode diskusi
d. Metode tugas atau resitasi
e. Metode kerja kelompok
f. Metode demonstrasi atau eksperimen
g. Metode problem solving
h. Metode sistem regu
i. Metode latihan atau drill
j. Metode karyawisata
k. Metode manusia sumber atau resource person
l. Metode simulasi
m. Metode sosiodrama
n. Metode survei masyarakat

G. MEDIA
media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, sehingga terjadi proses belajar. Media pembelajaran dibagi menjadi tiga, yaitu:
media audio,media visual dan media audio visual

H. EVALUASI
Evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa.

I. LINGKUNGAN
Sartain (seorang ahli psikologi Amerika) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan lingkungan meliputi semua kondisi dalam dunia ini yang dengan cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan, perkembangan kita kecuali gen-gen. Dia membagi lingkungan menjadi tiga bagian sebagai berikut:
- lingkungan alam atau luar
- Lingkungan dalam
- lingkungan sosial
.............
Menurut saya yang paling penting dari semua unsur- unsur pendidikan islam di atas terletak pada tujuan karena dengan adanya sebuah tujuan maka akan ada unsur- unsur berikutnya yang akan memenuhi kebutuhan yang menjadi tujuan. memang dari kesemuanya itu adalah satu,saling terkait tidak bisa berjalan sendiri- sendiri. dengan adanya tujuan unsur-unsur yang lain itupun akan menyatu.

mutmainah mengatakan...

mutmainah
07410256

menurut saya unsur pendidikan ada 10 yaitu:

A. dasar pendidikan islam
dasar adl landasan untuk berdirinya sesuatu. setiap negara mempunyai dasar pendidikan sendiri.

B. tujuan pendidikan
yaitu usaha atau perbuatan yang dilaksanakan untuksuatu maksud tertentu.

C. kurikulum pendidikan
yaitu seperangkat perencanaan dan media yang dijadikan acuan oleh lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan.

D. pendekatan dan komunikasi pembelajaran pendidikan islam
yaitu pendekatan pengalaman,pendekatan pembiasaan, pendekatan emosional,pendekatan rasional,pendekatan fungsional,pendekatan keteladanan,pendekatan terpadu.

E. metode dan strategi
yaitu bagian dari ilmu pendidikan islam yang berfungsi memberikan acuan tentang bagaimana cara mencapai tujuan pendidikan islam.

F. media dan sumber pembelajaran pendidikan islam
yaitu segala bentuk fisik yang dapat menyajikan pesan yang dapat merangsang siswa untuk belajar

G. evaluasi
yaitu proses untuk menentukan kemajuan pendidikan, dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan.

H. proses pendidikan
yaitu suatu proses yang dilalui oleh individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan.

I. managemen pendidikan
yaitu proses yang koordinatif, sistematik, dan integratif. proses dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan.

J. lembaga pendidikan islam
yaitu hasil pemikiran yang dicetuskan oleh kebutuhan" masyarakat yang didasari, didengarkan dan dikembangkan oleh jiwa islam.

Menurut saya, dari semua unsur diatas yang paling penting adalah dasar pendidikan karena untuk mencapai suatu tujuan harus mempunyai dasar atau landasan tempat berpijak yang kokoh dan kuat. dasar pendidikan adalah pangkal tolak suatu aktivitas. setiap negara mempunyai dasar pendidikan yang berbeda, karena mereka mempunyai falsafah kehidupan yang berbeda. dasar pendidikan islam tentu saja didasarkan pada falsafh hidup suatu negara, karena sistem pendidikan islam dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja untuk itulah alasan saya mengatakan kenapa dasar pendidikan itu menjadi permasalahan yang sangat penting bagi masalah pendidikan yang ada sekarang, karena berdasarkan atas Al-Qr'an dan As-Sunnah.

Dhymas Rhomaulian mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Dhymas Rhomaulian mengatakan...

Unsur-Unsur Pokok Pendidikan, yaitu :

1.Pendidik

Dalam ayat 4-5 QS Al - Alaq pendidik pertama manusia adalah Allah SWT lewat perantara qalam (Allah mengajar dengan perantaraan tulis dan baca). Dia juga mengajarkan segala sesuatu yang tidak diketahui manusia (pengetahuan-pengetahuan).

2.Peserta didik

Peserta didik adalah manusia tanpa menyebutkan batas dan ketentuan lain. Dengan kata lain, semua manusia merupakan peserta didik tanpa batas waktu dan tempat. Ini dapat dilihat pada ayat ke-5 QS Al-Alaq.

3.Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan di sini adalah agar manusia mempunyai pengetahuan sehingga ia dapat bersujud dan beribadah padanya. Dengan kata lain belajar bertujuan untuk mendapatkan ridho-Nya. Hal ini tertuang dalam ayat 1, 5, dan 9 pada Q.S al Alaq.

4.Materi

Secara eksplisit materi pendidikan tergambar dalam Surat Al-'Alaq ayat I dan 3 (membaca), ayat 4 (menulis), dan ayat 2 (mengenal diri melalui proses penciptaan secara biologis). Di samping itu ilmu yang harus dipelajari tidaklah terfokus hanya pada satu hal, ilmu agama atau ilmu saja. Tapi keseluruhan ilmu yang tertulis dan tidak tertulis yang dapat dipelajari oleh manusia, karena pada hakikatnya ilmu itu hanya bersumber pada satu, yaitu Allah SWT. Hal ini dapat disimpulkan dari ayat 1-3, dimana manusia diperintahkan membaca tapi tidak dijelaskan apa saja yang harus dibaca. Ini berarti manusia dianjurkan untuk membaca apa saja untuk mendapatkan informasi.

5.Alat

Dalam ayat 4 tertulis kata qalam (pena). Pena adalah sarana memperoleh dan mewariskan ilmu pengetahuan , dengan pena ilmu pengetahuan akan ditulis dan nantinya akan dibaca oleh generasi sekarang dan yang akan datang, sehingga informasi tersebut dapat berkembang dan dikembangkan oleh generasi-generasi selanjutnya.


Menurut saya unsur pokok pendidikan yang paling penting adalah tujuan pendidikan kerena dengan tujuan agar manusia memiliki pengetahuan [ berbagai macam pengetahuan ]maka manusia akan mampu untuk bertahan dalam mengahadapi berbagai persoalan hidup yang datang padanya dan dengan pengetahuan juga manusia secara otomatis akan terangkat derajatnya, sebagaimana dalam firman-Nya : "ALLOH akan mengangkat orang2 yang beriman dan menuntut ilmu diantara kalian beberapa derajat".

atang_blader mengatakan...

DEWI KUMALASARI
07410032

MENGENAI UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN ISLAM SETAHU SAYA ADA 9, YAKNI:
1. ASAS PENDIDIKAN
Asas pendidikan yakni landasan fundamental atau dasar yang kuat yang diperlukan bagi suatu pendidikan. Dalam suatu aktivitas yang berkesinambungan, sebagai transformasi ilmu pengetahuan, sebagai pewarisan (transmisi) budaya, dan sebagai agen perubahan social. Dasar yang dimaksud yakni dasar pendidikan Islam.
Kajian tentang pendidikan Islam tidak boleh lepas dari landasan yang terkait dengan sumber ajaran Islam yang mendasar. Dasar yang fundamental pendidikan Islam, yakni: Al-Qur’an dan As-Sunnah.

2. TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan yakni suatu sasaran yang hendak dituju oleh aktivitas pendidikan.
Tujuan pendidikan Islam menurut:
a) Al-Attas: membentuk manusia yang baik.
b) Marimba : terbentuknya orang yang berkepribadian muslim.
c) Al-Abrasyi: menghendaki manusia memiliki akhlak yang mulia.
d) Munir Mursyi: membentuk manusia yang sempurna.
e) Abdul Fattah Jalal: terwujudnya manusia sebagai hamba Allah.
f) M. Quthb: membentuk manusia yang bertaqwa.
g) Konferensi Dunia Pertama tentang Pendidikan Islam (1977): membentuk manusia yang menyerahkan diri secara mutlak kepada Allah.
h) Para ahli pendidikan Islam: membentuk manusia yang baik yaitu manusia yang beribadah kepada Allah.
Jadi, tujuan pendidikan Islam itu secara umum adalah membentuk muslim yan g sempurna, atau manusia yang bertaqwa, atau manusia beriman, atau manusia yang beribadah kepada Allah.


3. MATERI
Materi (isi) yakni suatu bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang mana dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan dan materi (isi) tersebut harus relevan dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

4. GURU (PENDIDIK)
Secara sederhana guru adalah pendidik yang mengajar di kelas. Islam mendudukkan guru pada martabat yang tinggi, setingkat di bawah martabat dan rasul.
Tugas guru adalah mendidik dengan cara mengajar, member contoh, membiasakan, dll. Syarat guru ialah dewasa, sehat lahir batin, ahli, dan berkepribadian muslim. Sifat guru ialah semua sifat yang mendukung (melengkapi) syarat tersebut yakni sifat yang amat diutamakam yakni kasih sayang.

5. PESERTA DIDIK
Peserta didik yakni merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek dalam suatu pendidikan.
Maka dari itu, dalam memahami hakikat peserta didik, para guru (pendidik) perlu dilengkapi dengan pemahaman tentang ciri-ciri dari peserta didik secara umum.

6. METODE
Metode pendidikan yakni bagian dari suatu ilmu pendidikan yang memberikan acuan tentang bagaimana cara yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Kalau menurut Prof. Mohd. Athiyah al-Abrasyi yaitu jalan yang kita ikuti dengan member faham kepada murid-murid segala macam pelajaran, dalam segala macam mata pelajaran.


7. MEDIA
Media pembelajaran yakni segala macam bentuk perangsang dan alat yang disediakan guru untuk mendorong siswa untuk belajar.
5 Media belajar menurut Rowntree:
a) Interaksi Insani
b) Realita
c) Pictorial
d) Simbol Tertulis
e) Rekaman Suara.

8. EVALUASI
Evaluasi yakni suatu proses yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan serta menilai proses pelaksanaan mengajar secara keseluruhan, yang mana penilaian itu biasanya berupa angka, yang dinyatakan sebagai angka yang dicapai siswa.
Jenis-Jenis Evaluasi P.I:
a) Formatif
b) Sumatif
c) Diagnostik
d) Penempatan (placement).

9. LINGKUNGAN PENDIDIKAN
Lingkungan Dibagi Atas 3 Bagian Sebagai Berikut:
a) Lingkungan Alam Atau Luar
Lingkungan alam atau luar yakni segala sesuatu yang ada dalam dunia ini yang bukan manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
b) Lingkungan Dalam
Lingkungan dalam yakni segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita.
c) Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial yakni semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita.

atang_blader mengatakan...

Tambahan Dewi Kumalasari
07410032
Dari 9 unsur pendidikan yang telah saya paparkan di atas, unsur yang paling penting saat ini jika dikaitkan dengan permasalahan pendidikan yakni unsur yang ke-9. Mengapa? Karena perkembangan anak didik besar sekali dipengaruhi oleh lingkungan. Islam yang mengakui bahwa potensi manusia itu merupakan 2 hal yang saling bertentangan satu sama lain yaitu fitrah untuk berbuat baik (Islam) dan jahat (kafir). Dalam kondisi demikian, lingkungan merupakan saran untuk mengembangkan fitrah tersebut. Jika lingkungan yang melatarbelakangi perkembangan anak didik itu lebih kondusif dalam mengembangkan fitrah (potensi) secara maksimal. Maka akan terjadi perkembangan yang positif. Tapi jika sebaliknya yakni destruktif maka yang terjadi yakni perkembangan yang negatif.

yhaaz mengatakan...

satria nurul islam
07410288
Menurut saya unsur-unsur pendidikan islam ada 9, yaitu:
1. Asas Pendidikan
Islam mengatakan bahwa Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.
2. Pendidik
Dalam pendidikan islam islam unsur pendidik sangatlah penting keberadaannya dalam rangka mengarahkan peserta didiknya ke arah tujuan yang telah direncanakan. tentunya dalam melaksanakan tugasnya seorang guru memenuhi kriteria-kriteria yang itu merupakan syarat dari pendidikan islam baik itu secara fisik, mental, pengetahuan maupun ketrampilan.
3. materi
Materi (atau bahan) pelajaran dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan. Materi pelajaran memiliki sifat-sifat, yang dapat dikategorikan:
a. Fakta: adalah sifat dari suatu gejala, peristiwa, benda yang wujudnya dapat ditangkap oleh panca indera.
b. Konsep: atau pengertian adalah serangkaian perangsang yang mempunyai sifat-sifat yang sama.
c. Prinsip: adalah pola antar hubungan fungsional antara konsep.
d. Nilai: adalah suatu pola, ukuran, atau merupakan suatu tipe atau model.
e. Keterampilan: adalah pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari.
f. Prosedur: atau proses adalah serangkaian perubahan, gerakan-gerakan sesuatu secara berurutan.

4. pendidik
Pendidik dapat dilihat melalui beberapa aspek antara lain:
a. Fisik
b. mental/kepribadian
c. keilmiahan/pengetahuan
d. keterampilan

5. Peserta didik
Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan. Oleh sebab itu dalam memahami hakikat peserta didik, para pendidik perlu dilengkapi pemahaman tentang ciri-ciri umum peserta didik.


6. Lingkungan
Pada dasarnya Islam lebih dekat kepada teori konvergensi (dalam dunia pendidikan), yang ditawarkan oleh Wiliam Stern. Islam mengakui adanya faktor dasar (nativisme) dan ajar (empirisme) yang akan berkembang dengan baik dalam kondisi lingkungan yang baik pula.
7. evaluasi.
evaluasi merupkan suatu bentuk pengkoreksian terhadap hal yang telah dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar.

8. Media
Alat yng digunakan untuk membantu pembelajaran.Sehingga siswa dapt termotivasi dan berminat dalam proses pembelajaran. medi pembelajaran ada 3 yaitu audio, visual dan audio visual.
9.Tujuan pendidikan
Tujuan pendidikan yakni suatu sasaran yang hendak dituju oleh aktivitas pendidikan.
Tujuan pendidikan Islam menurut:
a) Al-Attas: membentuk manusia yang baik.
b) Marimba : terbentuknya orang yang berkepribadian muslim.
c) Al-Abrasyi: menghendaki manusia memiliki akhlak yang mulia.
d) Munir Mursyi: membentuk manusia yang sempurna.
e) Abdul Fattah Jalal: terwujudnya manusia sebagai hamba Allah.
f) M. Quthb: membentuk manusia yang bertaqwa.
g) Konferensi Dunia Pertama tentang Pendidikan Islam (1977): membentuk manusia yang menyerahkan diri secara mutlak kepada Allah.
h) Para ahli pendidikan Islam: membentuk manusia yang baik yaitu manusia yang beribadah kepada Allah.
Jadi, tujuan pendidikan Islam itu secara umum adalah membentuk muslim yan g sempurna, atau manusia yang bertaqwa, atau manusia beriman, atau manusia yang beribadah kepada Allah.


Unsur pendidikan Islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah metode dalam pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pendidikan Islam sebagian besar masih menggunakan metode lama dan konvensional. oleh karena itu dalam rangka pengembangan pendidikan Islam maka dibutuhkan metode-metode baru yang mampu memperbaharui dan mengemas pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

yhaaz mengatakan...

satria nurul islam
07410288
Menurut saya unsur-unsur pendidikan islam ada 9, yaitu:
1. Asas Pendidikan
Islam mengatakan bahwa Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.
2. Pendidik
Dalam pendidikan islam islam unsur pendidik sangatlah penting keberadaannya dalam rangka mengarahkan peserta didiknya ke arah tujuan yang telah direncanakan. tentunya dalam melaksanakan tugasnya seorang guru memenuhi kriteria-kriteria yang itu merupakan syarat dari pendidikan islam baik itu secara fisik, mental, pengetahuan maupun ketrampilan.
3. materi
Materi (atau bahan) pelajaran dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan. Materi pelajaran memiliki sifat-sifat, yang dapat dikategorikan:
a. Fakta: adalah sifat dari suatu gejala, peristiwa, benda yang wujudnya dapat ditangkap oleh panca indera.
b. Konsep: atau pengertian adalah serangkaian perangsang yang mempunyai sifat-sifat yang sama.
c. Prinsip: adalah pola antar hubungan fungsional antara konsep.
d. Nilai: adalah suatu pola, ukuran, atau merupakan suatu tipe atau model.
e. Keterampilan: adalah pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari.
f. Prosedur: atau proses adalah serangkaian perubahan, gerakan-gerakan sesuatu secara berurutan.

4. pendidik
Pendidik dapat dilihat melalui beberapa aspek antara lain:
a. Fisik
b. mental/kepribadian
c. keilmiahan/pengetahuan
d. keterampilan

5. Peserta didik
Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan. Oleh sebab itu dalam memahami hakikat peserta didik, para pendidik perlu dilengkapi pemahaman tentang ciri-ciri umum peserta didik.


6. Lingkungan
Pada dasarnya Islam lebih dekat kepada teori konvergensi (dalam dunia pendidikan), yang ditawarkan oleh Wiliam Stern. Islam mengakui adanya faktor dasar (nativisme) dan ajar (empirisme) yang akan berkembang dengan baik dalam kondisi lingkungan yang baik pula.
7. evaluasi.
evaluasi merupkan suatu bentuk pengkoreksian terhadap hal yang telah dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar.

8. Media
Alat yng digunakan untuk membantu pembelajaran.Sehingga siswa dapt termotivasi dan berminat dalam proses pembelajaran. medi pembelajaran ada 3 yaitu audio, visual dan audio visual.
9.Tujuan pendidikan
Tujuan pendidikan yakni suatu sasaran yang hendak dituju oleh aktivitas pendidikan.
Tujuan pendidikan Islam menurut:
a) Al-Attas: membentuk manusia yang baik.
b) Marimba : terbentuknya orang yang berkepribadian muslim.
c) Al-Abrasyi: menghendaki manusia memiliki akhlak yang mulia.
d) Munir Mursyi: membentuk manusia yang sempurna.
e) Abdul Fattah Jalal: terwujudnya manusia sebagai hamba Allah.
f) M. Quthb: membentuk manusia yang bertaqwa.
g) Konferensi Dunia Pertama tentang Pendidikan Islam (1977): membentuk manusia yang menyerahkan diri secara mutlak kepada Allah.
h) Para ahli pendidikan Islam: membentuk manusia yang baik yaitu manusia yang beribadah kepada Allah.
Jadi, tujuan pendidikan Islam itu secara umum adalah membentuk muslim yan g sempurna, atau manusia yang bertaqwa, atau manusia beriman, atau manusia yang beribadah kepada Allah.


Unsur pendidikan Islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah metode dalam pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pendidikan Islam sebagian besar masih menggunakan metode lama dan konvensional. oleh karena itu dalam rangka pengembangan pendidikan Islam maka dibutuhkan metode-metode baru yang mampu memperbaharui dan mengemas pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

nurul isnaning dwi istiyani 07410059 mengatakan...

NURUL ISNANING DWI ISTIYANI
07410059
UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN ISLAM ADA 6 1. PESERTA DIDIK
Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan bagi pendidikan.

2. Pendidik
Merupakan seorang yang mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.

3.Tujuan
Membentuk sikap peserta didik agar iman dan taqwa terhadap Allah.

4. Metode Pendidikan
Metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajarankeberadaannya dalam rangka mengarahkan peserta didiknya ke arah tujuan yang telah direncanakan.

5. kurikulum pendidikan
yaitu suatu perencanaan dan fungsional oleh lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan.

6. Lingkungan
disini dibagi jadi tiga bagian, yaitu:
Lingkungan keluarga
Lingkungan sekolah, dan
Lingkungan masyarakat,
dari sekian macam lingkungan yang paling berperan dalam dunia pendidikan adalah lingkungan keluarga.
Peran yang sangat penting dalam hal ini adalah METODE, karena dengan metode kita dapat menyesuaikan dengan peserta didik sesuai dengan zaman yang terus berjalan.

Enggar mengatakan...

Nama : Enggar Cahyaningtyas
Kelas : B
NIM : 07410174

Unsur-unsur Pendidikan Islam ada 11, yaitu:
1. Tujuan
Tujuan pendidikan islam adalah membentuk sikap peserta didik agar patuh dan setia terhadap Allah,membentuk manusia agar menjadi pribadi yang bermoral,serta mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan bakatnya masing - masing.

2. Pendidik
pendidik dalam Islam yaitu siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik.

3. Peserta Didik
Peserta didik yakni merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek dalam suatu pendidikan.

4. Kurikulum
adalah suatu acuan ataupun suatu landasan dalam pendidikan.

5. Strategi&metode
yaitu proses untuk menentukan kemajuan pendidikan, dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan. Metode pendidikan disini ialah semua cara yang di gunakan dalam upaya mendidik.

6. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa.

7. Lingkungan
Lingkungan Dibagi Atas 3 Bagian Sebagai Berikut:
a) Lingkungan Alam Atau Luar
Lingkungan alam atau luar yakni segala sesuatu yang ada dalam dunia ini yang bukan manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
b) Lingkungan Dalam
Lingkungan dalam yakni segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita.
c) Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial yakni semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita.

8. Sarana&prasarana
merupakan semua yang digunakan guru dan murid dalam proses pendidikan.

9. Biaya
Setiap Sekolah pastinya memerlukan biaya untuk proses pendidikan. Biaya itu diperlukan untuk (1)pengadaan alat-alat, (2)gaji guru dan pegawai, dan (3) pemeliharaan alat-alat.

10.Pengelolaan
merupakan segala usaha yang dilakukan guna memelihara dan menningkatkan kualitas seluruh sarana dan prasarana serta proses dalam sekolah.

11.Sumber Belajar
Dalam menetapkan bahan pengajaran materi harus sesuai dengan fakta,konsep, prinsip, prosedur, prinsip, nilai, dan ketrampilan.
Materi (isi) yakni suatu bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang mana dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan dan materi (isi) tersebut harus relevan dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

Unsur pendidikan Islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah metode dalam pendidikan Islam yaitu strategi dan metode dikarenakan hal ini sangat penting dalam proses pembelajaran dalam sebuah pndidikan. Dengan menerapkan strategi dan metode yang tepat, maka peserta didik juga akan merasa senang dengan prses pendidikan sehingga hasil yang diperoleh pun akan lebih baik lagi.

Najah mengatakan...

Muamalatun Najah
07410106
Menurut saya unsur-unsur dalam pendidikan islam itu ada 7, yaitu:
1. Tujuan
Tujuan adalah apa yang diinginkan oleh manusia. Dalam pendidikan tujuan sebagai upaya yang diusahakan oleh proses pendidikan untuk mencapainya, baik pada tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, maupun pada kehidupan masyarakat dan alam sekitar. Tujuan pendidikan islam adalah terbentuknya insan kamil(manusia sempurna),yaitu: a). Jasmani yang sehat serta kuat dan berketerampilan, b). Akal yang cerdas serta pandai, c). Rohani yang berkualitas tinggi/hati(kalbunya) penuh iman kepada Allah.
2. Pendidik
Pendidik adalah orang yang bertanggungjawab membantu anak didik berkembang ketingkat yang normatif yang lebih baik. Komponen ini sangat penting dalam pedidikan, karena ia yang akan mengantarkan anak didik pada tujuan yang telah ditentukan.
3. Anak didik
Anak didik adalah makhluk yang sedang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menuju fitrahnya masing-masing. Oleh karena itu ia merupakan orang yang sedang memerlukan pengetahuan(ilmu), bimbingan dan pengarahan dalam menuju masa depan.
4. Kurikulum
Kurikulum merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar atau sejumlah pengalaman siswa yang berlaku disekolah dan berada dibawah tanggungjawabnya. Kurikulum merupakan suatu instrumen untuk mencapai. Olek karena itu, hasilnya harus dapat memenuhi tujuan yang dikehendaki.
5. Metode
Metode adalah bagian dari ilmu pendidikan Islam yang membahas tentang bagaimana cara menempuh proses pendidikan islam yang efektif untuk mencapai tujuan. Dalam proses pendidikan islam, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya mencapai tujuan. Karena ia menjadi sarana yang melaksanakan Mata Pelajaran yang tersusun dalam kurikulum pendidikan sedemikian rupa sehingga dapat dipahami oleh anak didik.
6. Evaluasi(penilaian)
Evaluasi adalah suatu kegiatan untuk menilai apakah proses atau kegiatan itu sesuai dengan tujuan/belum atau sebagai alat untuk mengukur sampai dimana penguasaan anak didik terhadap pelajaran yang telah diberikan. Evaluasi ini sangat diperlukan dalam proses pendidikan . Karena dengan evaluasi orang(pendidik)jadi mengetahui sejauhmana proses belajar berjalan menuju tujuan yang ingin dicapai dan evaluasi ini sangat besar manfaatnya, misalnya untuk memotivasi belajar, untuk mengetahui cocok atau tidak gaya/cara belajar yang digunakan dll.
7. Lingkungan
Lingkungan adalah sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak didik. Lingkungan merupakan sarana untuk mengembangkan fitrah(potensi) manusia tersebut. Apabila lingkungan yang melatarbelakangi perkembangan anak didik itu lebih kondusif dalam mengembangkan fitrah(potensi) secara maksimal, akan terjadi perkembangan yang positif dan sebaliknya. Oleh karena itu, islam lebih dekat kepada teori konvergensi, artinya potensi dasar(pembawaan) dan lingkungan yang berkembang dengan baik akan berpengaruh terhadap perkembangan anak didik.

Dan yang paling penting saat dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir ini menurut saya adalah mengenai tujuan pendidikan. Karena ini merupakan persoalan pendidikan yang cukup penting dan mendasar. Tujuan pendidikan termasuk masalah sentral dalam pendidikan, sebab tanpa perumusan pendidikan yang baik maka perbuatan mendidik bisa menjadi tidak jelas, tanpa arah dan bahkan bisa tersesat atau salah langkah. Oleh karena itu, masalah tujuan pendidikan menjadi inti dan sangat penting dalam menentukan isi dan arah pendidikan yang diberikan.

Enggar mengatakan...

Nama: Laeli nafilah
NIM: 07410020
Kls: B

Setelah saya belajar bersama teman saya dan bertanya-tentang unsur-unsur pendidikan islam yang kemarin baru saja diajarkan bapak, unsur pendidikan ada 11, yaitu:
1. Tujuan
Tujuan pendidikan islam adalah untuk membentuk perilaku peserta didik agar bisa patuh dan taat terhadap Allah,serta membentuk manusia agar menjadi pribadi yang berkualitas baik secara moral maupun spiritual,serta mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan bakat yang mereka minat.

2. Pendidik
pendidik dalam Islam adalah semua yang berpartisipasi dalam mengembangkan potensi peserta didik dan yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik.

3. Peserta Didik
Peserta didik adalah sasaran dan sekaligus sebagai subjek dalam suatu pendidikan,tanpa adanya peserta didik tentu suatu pendidikan tidak akan berjalan, karna tidak ada sasaran yang akan dijadikan subjek dalam pendidikan tesebut.

4. Kurikulum
merupakan suatu acuan penting maupun suatu landasan dalam pendidikan,sedangkan menurut pandangan modern semua pengalaman belajar dapat dikatakan sebagai kurikulum.

5. Strategi&metode
yaitu cara yang digunakan oleh pendidik untuk menyapaikan materi pada peserta didik, kesesuaian stratgi dan metode pengajaran sangat menentukan keberhasilan penguasaan materi yang ditangkap oleh peserta didik.

6. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengetahui penguasaan peserta dididk terhadap materi yang telah diajarkan yaitu melalui tes ataupun penilaian secara perilaku.evaluasi jg merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa.

7. Lingkungan
Dalam dunia pendidikan lingkungan disini Dibagi Atas 3 Bagian yaitu:
a) Lingkungan Alam Atau Luar
Lingkungan alam atau luar adalah segala sesuatu selain manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
b) Lingkungan Dalam
Lingkungan dalam merupakan segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita.
c) Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial merupakan semua komponen(orang atau manusia lain )yang mempengaruhi kita.

8. Sarana&prasarana
merupakan segala sesuatu yang digunakan pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pendidikan.

9. Biaya
Dalam proses pendidikan biaya merupakan hal yang penting, meskipun sudah berdiri sekolah gratis, tapi saya yakin walaupun sedikit biaya pasti akan dikeluarkan untuuk prioses pendidikan. Biaya itu diperlukan untuk (1)pengadaan alat-alat, (2)gaji guru dan pegawai, dan (3) pemeliharaan alat-alat.

10.Pengelolaan
adalah segala usaha yang dilakukan guna memelihara dan meningkatkan kualitas seluruh sarana dan prasarana serta proses dalam lingkungan sekolah.

11.Sumber Belajar
Sumber belajar bisa kita dapatkan dari berbagai media, tidak harus dari buku, Dalam menetapkan bahan pengajaran materi harus sesuai dengan fakta,konsep, prinsip, prosedur, prinsip, nilai, dan ketrampilan.
Materi yakni suatu bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang mana dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapka disamping itu materi tersebut harus relevan dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

Dari kesebelas unsur dalam pendidikan Islam, menurut saya unsur yang paling penting adalah adalah penggunaan metode dalam pendidikan Islam yaitu strategi dan metode dikarenakan hal ini sangat penting dalam proses pembelajaran dalam sebuah pndidikan. Dengan menerapkan strategi dan metode yang tepat, maka peserta didik dapat dipastikan bisa menyerap dan memahami matri yang diajarkan oleh pendidik, dengan metoode dan strategi yang sesuai, peserta didik akan merasa senang dengan proses pendidikan yang sedang berlangsung, sehingga hasil yang diperoleh pasti akan sesuai dengan harapan ddan visi misi lembaga pendidikan(sekolah)

Enggar mengatakan...

FIRMAN SALSABILA
NIM: 07410277 (KELAS_B)

Menurut saya, unsur-unsur Pendidikan Islam ada 11, yaitu:
1. Tujuan
Membentuk hamba Allah yang mempunyai akhlak mulia, sehingga dapat tercapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
2. Pendidik
Merupakan siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Dalam pandangan Islam, pendidik yaitu orang yang mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didik, baik potensi psikomotorik, kogmitif, maupun afektif.
3. Peserta sisik
Anak didik adalah objek pendidikan yang memerlukan bimbingan dan arahan dari seorang pendidik. Selain itu peserta didik juga merupakan subjek dalam dunia pendidikan ang memiliki karakteristik khusus, sehingga diperlukan pemahaman dan pendekatan dari pendidik dalam proses pembelajaran.
4. Kurikulum
Landasan dari rencana pembelajaran yang ada di sekolah.
5. Strategi dan Metode
Semua cara yang digunakan dalam upaya mendidik.
6. Evaluasi
Proses yang dilakukan secara sistematis dalam meniali segala sesuatu yang dilaksanakan dalam belajar mengajar.
7. Lingkugan
Lingkungan terbagi menjadi 3, lingkungan alam, segala sesuatau yang terdapat dalam alam semesta kecuali manusia. Kedua, lingkungan dalam, merupakan segala sesuatau yang ada dalam diri manusia. Ketiga, lingkungan luar/sosial, yaitu semua orang dimana kita berinteraksi baik dalam sekolah ataupun lingkungan luar sekolah.
8. Sarana dan Prasarana
Segala sesuatau yang keberadaannya menunjang proses belajar mengajar yang ada dalam pendidikan.
9. Biaya
Nominal yang diperlukan menunjang segala aktivitas dalam proses belejar mengajar.
10. Pengelolaan
Segala usaha yang dilakukan dalam rangka pemeliharaaan dan menunjang segala aktivitas pembelajaran.
11. Sumber Belajar
Materi yang diajarkan atau digunakan dalam pembekajaran setelah ditetapkan tujuan pembelajaran.

__Menurut saya unsur paling mutakhir yang dikaitkan dengan pendidikan saat ini adalah pendidik. Karena sebagai fasilitator diperlukan seorang pendidik yang mempunyai kemampuan sehingga dapat menerapkan metode yang tepat dan dapat mentransferkan ilmu yang akan disampaikan pada peserta didik.

Muslimah Yogya mengatakan...

Nama yuhan
Nim 07410278

Unsur-unsur pendidikan Islam menurut saya ada 7 antara lain :
1. Tujuan
Tujuan adalah apa yang dicanangkan oleh manusia. Letaknya sebagaiusat perhatian, dan demi merealisasikannyalah dia menata tingkah lakunya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.
Tujuan umum dalam pendidikan Isalm ialah
a. Menumbuhkan potensi-potensi dan bakat-bakat asal pada anak-anak.
b. Untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia
c. Persiapan untuk kehidupan didunia dan diakhirat
d. Persiapan untuk mencari rizki dan pemeliharaan segi-segi kemanfaatan.
e. Menumbuhkan roh ilmiah pada pelajar dan memuaskan keinginan arti untuk mengetahui dan memungkinkan ia mengkaji ilmu sekedar ilmu.
f. Menaruh perhatian pada kekuataan dan potensi generasi muda dan mendidik mereka sebaik-baiknya, baik laki-laki maupun perempuan.
g. Berusaha menyeimbangkan segala kekuataan dan kesediaan-kesediaan manusia.
2. Pendidik
Pendidik adalah komponen yang sangat penting dalam sistem kependidikan, karena ia yang mengantarkan anak didik pada tujuan yang telah ditentukan, bersama komponen yang lain terkait dan lebih sifat komplementatif.
Al Ghazali mempergunakan istilah pendidik dengan berbagai kata seperti, al-mualim (guru), al-mudarris (pengajar), al-muaddib (pendidik), dan al walid (orang tua). Oleh karena pembahasan dalam tulisan ini meliputi semua istilah tersebut, yakni pendidik dan pengajaran. Karenanya setiap disebut kata pendidik dalam bahasan ini, maksudnya ialah mencakup padanan kata tersebut diatas.
Tugas pendidik dalam Islam :
1.mengetahui karakter murid
2.guru harus berusaha meningkatkan keahliannya.
3.guru harus mengamalkan ilmunya.
Syarat pendidik dalam Pendidikan Islam :
1. kedewasaan
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Skillss
4. Attitude
5. knowledge
6.harus bersusila dan berdedikasi tinggi.
7. berwibawa
Sifat-sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam
1. zuhud
2. kebersihan
3. ikhlas dalam pekerjaan
4. pemaaf
5. harus mengetahui tabiat murid.

3. Peserta didik
Peserta didik sebagai komponen pendidikan yang tidak bisa lepas dari sistem kependidikan, sehingga ada aliran pendidikan yang menempatkan peserta didik sebagai pusat segala usaha pendidikan.
Sifat-sifat umum peserta didik :
1. peserta didik bukan miniatur orang dewasa
2. peserta didik mengikuti fase-fase perkembangan tertentu.
3. peserta didik mempunyai pola perkembangan sendiri.
4. peserta didik melaksanakan tugas perkembangan yang harus diselesaikan dalam tiap-tiap fase pperkembangan.
4. Kurikulum
Kurikulum adalah berupa pengalaman belajar baik dalam maupun diluar lingkungan sekolah.
Fungsi Kurikulum
1. Sebagai instrumen untuuk mencapai tujuan
2. Organisasi belajar tersusun dan disiapkan untuk anak didik sebagai salah satu konsumsi pendidikan bagi peserta didik.
3. Pedoman kerja bagi guru dalam menyusun dan mengorganisasikan pengalamn belajar pada anak didik dan mengadakan evaluasi.
5. Metode
Metode ialah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud, cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksaan kegiataan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
Metode-metode dalam pendidikan Islam :
1.Metode hiwar (percakapaan)Qur'ani dan Nabawi
2.Mendidik dengan kisah-kisah Qur'ani dan nabawi
3.Mendidik dengan antsal (perumpamaan) Qur'ani dan Nabawi
4.Mendidik dengan teladan.
6. Evaluasi
Evaluasi bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai dalam proses pendidikan yang telah dilaksanakan.
7. Lingkungan
Lingkungan adalah sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangaan anak didik. Islam yang mengakui bahwa fitrah manusia itu merupakan dua hal yang selalu bertentangan satu sama lainnya, yaitu fitrah untuk berbuat baik dan berbuat jahat, dalam kondisi yang demikian lingkungan merupakan saran untuk mengembangkan fitrah tersebut.

Muslimah Yogya mengatakan...

Nama yuhan
Nim 07410278

Unsur-unsur pendidikan Islam menurut saya ada 7 antara lain :
1. Tujuan
Tujuan adalah apa yang dicanangkan oleh manusia. Letaknya sebagaiusat perhatian, dan demi merealisasikannyalah dia menata tingkah lakunya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.
Tujuan umum dalam pendidikan Isalm ialah
a. Menumbuhkan potensi-potensi dan bakat-bakat asal pada anak-anak.
b. Untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia
c. Persiapan untuk kehidupan didunia dan diakhirat
d. Persiapan untuk mencari rizki dan pemeliharaan segi-segi kemanfaatan.
e. Menumbuhkan roh ilmiah pada pelajar dan memuaskan keinginan arti untuk mengetahui dan memungkinkan ia mengkaji ilmu sekedar ilmu.
f. Menaruh perhatian pada kekuataan dan potensi generasi muda dan mendidik mereka sebaik-baiknya, baik laki-laki maupun perempuan.
g. Berusaha menyeimbangkan segala kekuataan dan kesediaan-kesediaan manusia.
2. Pendidik
Pendidik adalah komponen yang sangat penting dalam sistem kependidikan, karena ia yang mengantarkan anak didik pada tujuan yang telah ditentukan, bersama komponen yang lain terkait dan lebih sifat komplementatif.
Al Ghazali mempergunakan istilah pendidik dengan berbagai kata seperti, al-mualim (guru), al-mudarris (pengajar), al-muaddib (pendidik), dan al walid (orang tua). Oleh karena pembahasan dalam tulisan ini meliputi semua istilah tersebut, yakni pendidik dan pengajaran. Karenanya setiap disebut kata pendidik dalam bahasan ini, maksudnya ialah mencakup padanan kata tersebut diatas.
Tugas pendidik dalam Islam :
1.mengetahui karakter murid
2.guru harus berusaha meningkatkan keahliannya.
3.guru harus mengamalkan ilmunya.
Syarat pendidik dalam Pendidikan Islam :
1. kedewasaan
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Skillss
4. Attitude
5. knowledge
6.harus bersusila dan berdedikasi tinggi.
7. berwibawa
Sifat-sifat Pendidik dalam Pendidikan Islam
1. zuhud
2. kebersihan
3. ikhlas dalam pekerjaan
4. pemaaf
5. harus mengetahui tabiat murid.

3. Peserta didik
Peserta didik sebagai komponen pendidikan yang tidak bisa lepas dari sistem kependidikan, sehingga ada aliran pendidikan yang menempatkan peserta didik sebagai pusat segala usaha pendidikan.
Sifat-sifat umum peserta didik :
1. peserta didik bukan miniatur orang dewasa
2. peserta didik mengikuti fase-fase perkembangan tertentu.
3. peserta didik mempunyai pola perkembangan sendiri.
4. peserta didik melaksanakan tugas perkembangan yang harus diselesaikan dalam tiap-tiap fase pperkembangan.
4. Kurikulum
Kurikulum adalah berupa pengalaman belajar baik dalam maupun diluar lingkungan sekolah.
Fungsi Kurikulum
1. Sebagai instrumen untuuk mencapai tujuan
2. Organisasi belajar tersusun dan disiapkan untuk anak didik sebagai salah satu konsumsi pendidikan bagi peserta didik.
3. Pedoman kerja bagi guru dalam menyusun dan mengorganisasikan pengalamn belajar pada anak didik dan mengadakan evaluasi.
5. Metode
Metode ialah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud, cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksaan kegiataan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
Metode-metode dalam pendidikan Islam :
1.Metode hiwar (percakapaan)Qur'ani dan Nabawi
2.Mendidik dengan kisah-kisah Qur'ani dan nabawi
3.Mendidik dengan antsal (perumpamaan) Qur'ani dan Nabawi
4.Mendidik dengan teladan.
6. Evaluasi
Evaluasi bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai dalam proses pendidikan yang telah dilaksanakan.
7. Lingkungan
Lingkungan adalah sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangaan anak didik. Islam yang mengakui bahwa fitrah manusia itu merupakan dua hal yang selalu bertentangan satu sama lainnya, yaitu fitrah untuk berbuat baik dan berbuat jahat, dalam kondisi yang demikian lingkungan merupakan saran untuk mengembangkan fitrah tersebut.

duck mengatakan...

Reni Fatima (07410291)
Dalam pendidikan islam terdapat beberapa unsur yaitu sebagai berikut:
1. Tujuan pendidikan islam
Tujuan pendidikan islam diartikan sebagai suatu kondisi ideal yang akan dicapai peserta didik. Pendidikan islam adalah upaya sadar yang terstruktur, terprogram, dan sistematis, yang bertujuan mengembangkan manusia yang:
a. Berkepribadian islam
Kepribadian islam adalah sikap peserta didik atas dasar islam, yang lahir dari pemahaman islam dan kemampuan peserta didik untuk mengendalikan dirinya sesuai pemahaman islam.
b. Menguasai tsaqafah islam, adalah pemahaman terhadap hukum-hukum syariat dan ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam melakukan penggalian hukum syariat.
c. Menguasai ilmu kehidupan (sain teknologi dan seni), yang selalu menyelesaikan masalah kehidupan sesuai dengan syariat islam.
2. Pendidik
Pendidik adalah orang yang menyampaikan pelajaran, teladan bagi peserta didik, dan pelaku uslub-uslub pendidikan yang lain kepada siswa. Tenaga pendidikan juga merupakan orang-orang yang menentukan terwujud tidaknya budaya sekolah yang kondusif bagi tercapainya tujuan pendidikan. Karenanya mereka harus direkrut dari orang-orang yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Misalnya, mereka semua harus berkepribadian islam, memiliki etos kerja yang baik, amanah, kapabel menjalankan tugas mereka masing-masing. Pendidik harus menguasai ilmu yang diajarkan kepada peserta didik dan menguasai metode-metode dalam pendidikan dan pengajaran.
3. Anak didik
Anak didik sebagai komponen pendidikan yang tidak bisa terlepas dari sistem kependidikan, sehingga ada aliran pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai pusat segala usaha pendidikan.
4. Metode
Metode pendidikan islam adalah semua cara yang digunakan dalam upaya mendidik. Menurut al-Nahwali, metode untuk menanamkkan rasa iman ialah sebagai berikut:
a. Metode hiwar (percakapan) Qurani dan Nabawi
b. Metode kisah Qurani dan Nabawi
c. Metode amtsal (perumpamaan) Qurani dan Nabawi
d. Metode keteladanan
e. Metode pembiasaan
f. Metode ‘ibrah dan mau’izah
g. Metode targhib dan tarhib
5. Kurikulum
Menurut pandangan modern, kurikulum lebih dari sekedar rencana pelajaran atau bidang studi, melainkan semua yang secara nyata terjadi dalam proses pendidikan disekolah yang pada dasarnya adalah pengalaman belajar. Kurikulum berfungsi sebagai pedoman jalannya suatu proses pembelajaran bagi semua pihak yang terlibat dalam system pendiidkan
6. Evaluasi
Evaluasi merupakan alat untuk mengukur sampai dimana penguasaan anak didik terhadap bahan pendidikan yang telah diberikan dan sebagai kegiatan menilai yang terjadi dalam kegiatan pendidikan.
7. Lingkungan
Lingkungan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anak didik. Apabila lingkungan yang melatarbelakangi perkembangan anak didik itu kondusif dalam mengembangkan potensi secara maksimal akan terjadi perkembangan yang positif, begitupun sebaliknya.
Komentar….
Semua unsur pendidikan diatas sangat penting, apalagi di zaman globalisasi seperti sekarang ini dimana pendidikan semakin mutakhir yang menuntut sistem pendidikan lebih maju. Apabila dalam sistem pendidikan tidak mempunyai salah satu unsur saja maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik dan teratur apalagi mencapai keberhasilan, karena semua unsur tersebut akan membentuk satu kesatuan dalam menentukan arah yang jelas bagi pendidikan.

sherief mengatakan...

Muhammad Syarifudin
07410068

UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN ISLAM
Unsur-unsur pembentuk suatu pendidikan khususnya agama islam yaitu :
1. Tujuan
Tujuan adalah apa yang dicanangkan oleh manusia. Letaknya sebagai pusat perhatian, dan sebagai arah untuk mengendalikan lajunya program pendidikan yang di jalankan bahkan juga sebagai batasa-batasan agar arahnya tidak melenceng.
2. Pendidik
Unsur yang ke dua yaitu pendidik, yang perannya bergeser dari pemahaman tradisional yang mengedepankan transfer of knowledge saja menuju pemahaman yang modern yaitu pendidik sebagai mitra atau teman belajar peserta didik yang dari itu lebih mengedepankan peran aktif dari peserta didik itu sendiri
3. Peserta didik
Tak lepas dari adanya pendidik yaitu unsur peserta didik yang merupakan subjek bagi pemahaman proses belajar mengajar modern yang lebih mengedepankan kompetensi tiap satuan didiknya dan tentunya tak lepas dari nilai-nilai moral keislaman (akhlakul karimah).
4. Kurikulum
Berbicara tentang kurikulum ini, terdapat 3 konsep pokok yaitu
Kurikulum sebagai substansi, yang terdiri dari dua unsur juga yaitu berupa dokumen dan rencana.
Kurikulum sebagai system, yaitu kurikulum merupakan rangkaian struktur yang harus dilalui oleh peserta didik dan unsur-unsur yang terkait.
Kurikulum sebagai bidang studi yaitu kurikulum yang merupakan bagian dari sebuah ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun.
5. Strategi dan metode
Kedua item ini lebih menekankan akan keterampilan dan kecakapan dari perancang dan atau sekaligus pelaksananya (guru), jika guru itu terampil dalam pendekatan-pendekatan yang dilakukan kepada peserta didik, maka kemungkinan besar adanya ketertarikan akan apa yang disampaikan pendidikpun didengar, dipelajari, sampai dipahami oleh mereka (peserta didik).


6. Evaluasi
Evaluasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh lepas dari suatu program pendidikan karena evaluasi merupakan barometer pencapaian keberhasilan dari suatu program tersebut, apakah sudah mencapai target atau tujuan yang dicanangkan atau belum.
7. Lingkungan ( mileu)
Suatu proses pembelajaran tidaklah lepas dari adanya lingkungan dimana dengan adanya lingkungan yang mendukung proses belajar mengajar akan mendukung juga terhadap tingkat keberhasilan serta dengan tujuan yang sudah dibuat. Menurut saya ada satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum menentukan bagaimana lingkungan yang mendukung, yaitu kita harus yahu dulu beberapa gaya belajar (learn style) yang di miliki peserta didik. Jika satu ini (gaya belajar) sudah diketahui maka akan mudah dalam menciptakan lingkungan yang tepat.
8. Sarana dan prasarana
Unsur yang juga penting yaitu sarana dan prasaran yang mendukung. Apa jadinya jika suatu konsep pendidikan bagus akan tetapi sarana dan prasaran tidak mendukung dari konsep itu sendiri.
Hal ini juga terkait dengan biaya, pengelolaan dan sumber belajar yang memadai.

sherief mengatakan...

Muhammad Syarifudin
07410068

UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN ISLAM
Unsur-unsur pembentuk suatu pendidikan khususnya agama islam yaitu :
1. Tujuan
Tujuan adalah apa yang dicanangkan oleh manusia. Letaknya sebagai pusat perhatian, dan sebagai arah untuk mengendalikan lajunya program pendidikan yang di jalankan bahkan juga sebagai batasa-batasan agar arahnya tidak melenceng.
2. Pendidik
Unsur yang ke dua yaitu pendidik, yang perannya bergeser dari pemahaman tradisional yang mengedepankan transfer of knowledge saja menuju pemahaman yang modern yaitu pendidik sebagai mitra atau teman belajar peserta didik yang dari itu lebih mengedepankan peran aktif dari peserta didik itu sendiri
3. Peserta didik
Tak lepas dari adanya pendidik yaitu unsur peserta didik yang merupakan subjek bagi pemahaman proses belajar mengajar modern yang lebih mengedepankan kompetensi tiap satuan didiknya dan tentunya tak lepas dari nilai-nilai moral keislaman (akhlakul karimah).
4. Kurikulum
Berbicara tentang kurikulum ini, terdapat 3 konsep pokok yaitu
Kurikulum sebagai substansi, yang terdiri dari dua unsur juga yaitu berupa dokumen dan rencana.
Kurikulum sebagai system, yaitu kurikulum merupakan rangkaian struktur yang harus dilalui oleh peserta didik dan unsur-unsur yang terkait.
Kurikulum sebagai bidang studi yaitu kurikulum yang merupakan bagian dari sebuah ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun.
5. Strategi dan metode
Kedua item ini lebih menekankan akan keterampilan dan kecakapan dari perancang dan atau sekaligus pelaksananya (guru), jika guru itu terampil dalam pendekatan-pendekatan yang dilakukan kepada peserta didik, maka kemungkinan besar adanya ketertarikan akan apa yang disampaikan pendidikpun didengar, dipelajari, sampai dipahami oleh mereka (peserta didik).


6. Evaluasi
Evaluasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh lepas dari suatu program pendidikan karena evaluasi merupakan barometer pencapaian keberhasilan dari suatu program tersebut, apakah sudah mencapai target atau tujuan yang dicanangkan atau belum.
7. Lingkungan ( mileu)
Suatu proses pembelajaran tidaklah lepas dari adanya lingkungan dimana dengan adanya lingkungan yang mendukung proses belajar mengajar akan mendukung juga terhadap tingkat keberhasilan serta dengan tujuan yang sudah dibuat. Menurut saya ada satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum menentukan bagaimana lingkungan yang mendukung, yaitu kita harus yahu dulu beberapa gaya belajar (learn style) yang di miliki peserta didik. Jika satu ini (gaya belajar) sudah diketahui maka akan mudah dalam menciptakan lingkungan yang tepat.
8. Sarana dan prasarana
Unsur yang juga penting yaitu sarana dan prasaran yang mendukung. Apa jadinya jika suatu konsep pendidikan bagus akan tetapi sarana dan prasaran tidak mendukung dari konsep itu sendiri.
Hal ini juga terkait dengan biaya, pengelolaan dan sumber belajar yang memadai.

sherief mengatakan...

Muhammad Syarifudin
07410068

UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN ISLAM
Unsur-unsur pembentuk suatu pendidikan khususnya agama islam yaitu :
1. Tujuan
Tujuan adalah apa yang dicanangkan oleh manusia. Letaknya sebagai pusat perhatian, dan sebagai arah untuk mengendalikan lajunya program pendidikan yang di jalankan bahkan juga sebagai batasa-batasan agar arahnya tidak melenceng.
2. Pendidik
Unsur yang ke dua yaitu pendidik, yang perannya bergeser dari pemahaman tradisional yang mengedepankan transfer of knowledge saja menuju pemahaman yang modern yaitu pendidik sebagai mitra atau teman belajar peserta didik yang dari itu lebih mengedepankan peran aktif dari peserta didik itu sendiri
3. Peserta didik
Tak lepas dari adanya pendidik yaitu unsur peserta didik yang merupakan subjek bagi pemahaman proses belajar mengajar modern yang lebih mengedepankan kompetensi tiap satuan didiknya dan tentunya tak lepas dari nilai-nilai moral keislaman (akhlakul karimah).
4. Kurikulum
Berbicara tentang kurikulum ini, terdapat 3 konsep pokok yaitu
Kurikulum sebagai substansi, yang terdiri dari dua unsur juga yaitu berupa dokumen dan rencana.
Kurikulum sebagai system, yaitu kurikulum merupakan rangkaian struktur yang harus dilalui oleh peserta didik dan unsur-unsur yang terkait.
Kurikulum sebagai bidang studi yaitu kurikulum yang merupakan bagian dari sebuah ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun.
5. Strategi dan metode
Kedua item ini lebih menekankan akan keterampilan dan kecakapan dari perancang dan atau sekaligus pelaksananya (guru), jika guru itu terampil dalam pendekatan-pendekatan yang dilakukan kepada peserta didik, maka kemungkinan besar adanya ketertarikan akan apa yang disampaikan pendidikpun didengar, dipelajari, sampai dipahami oleh mereka (peserta didik).


6. Evaluasi
Evaluasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh lepas dari suatu program pendidikan karena evaluasi merupakan barometer pencapaian keberhasilan dari suatu program tersebut, apakah sudah mencapai target atau tujuan yang dicanangkan atau belum.
7. Lingkungan ( mileu)
Suatu proses pembelajaran tidaklah lepas dari adanya lingkungan dimana dengan adanya lingkungan yang mendukung proses belajar mengajar akan mendukung juga terhadap tingkat keberhasilan serta dengan tujuan yang sudah dibuat. Menurut saya ada satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum menentukan bagaimana lingkungan yang mendukung, yaitu kita harus yahu dulu beberapa gaya belajar (learn style) yang di miliki peserta didik. Jika satu ini (gaya belajar) sudah diketahui maka akan mudah dalam menciptakan lingkungan yang tepat.
8. Sarana dan prasarana
Unsur yang juga penting yaitu sarana dan prasaran yang mendukung. Apa jadinya jika suatu konsep pendidikan bagus akan tetapi sarana dan prasaran tidak mendukung dari konsep itu sendiri.
Hal ini juga terkait dengan biaya, pengelolaan dan sumber belajar yang memadai.

Ishero mengatakan...

Umi Haniati

07410312




Unsur-unsur pendidikan Islam meliputi 6 komponen yaitu:

1.Tujuan Pendidikan Islam

Tujuan merupakan apa yang dicanangkan atau yang menjadi pusat perhatian oleh manusia, dan demi merealisasikannya mereka menata tingkah lakunya dalam kehidupan kemasyarakatan. Menurut Prof. M. Athiyah Al-Abrasyi yaitu: untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia, persiapan untuk kehidupan dunia dan akherat, mencari rezeki, menumbuhkan roh ilmiah dan menyiapkan pelajar profesional.

2.Pendidik

Pendidik adalah orang yang mengupayakan seluruh potensi anak didik, baik potensi kognitif, afektif, dan psikomotor. Pendidik melakukan tugasnya bukanlah hanya semata-mata karena materi, tapi lebih pada panggilan jiwa atau mencari keridhoan Allah.

3.Peserta didik

Peserta didik sebagai komponen yang tidak dapat dipisahkan dari sistem kependidikan. Manusia lahir dengan fitrah yang berbeda-beda begitu pula peserta didik, fitrah manusia akan berkembang dengan baik dengan adanya bimbingan faktor dari luar. Cara yang paling strategis yaitu dengan pendidikan, oleh karena itu peserta didik harus dipandang sebagai orang yang belum dewasa dan sedang dalam proses menuju kedewasaan.

4.Metode

Metode merupakan cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Dalam pemilihan metode harus benar-benar melihat kondisi dan peserta didik sehingga transfer ilmu dapat berjalan dengan baik.

5.Kurikulum

Pengertian kurikulum dari para ahli yaitu berupa pengalaman belajar, baik di dalam maupun luar lingkungan sekolah. Komponen-komponen kurikulum meliputi: tujuan, materi, sistem penyampaian dan media, metode, evaluasi dan penyempurnaan pengajaran. Dasar pengembangan kurikulum menurut Omar Mohammad Al-Taumy Al-Syaibani yaitu dasar agama, falsafah, psikologi, dan sosial.

6.Lingkungan

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik, fitrah yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik akan sangat terpengaruh dari lingkungan dimana mereka tinggal.


Menurut saya unsur yang sangat berpengaruh terhadap permasalahan pendidikan sekarang adalah pendidik, karena banyak pendidik yang ketika terjun dalam dunia pendidikan mereka kurang menguasai apa yang menjadi bidangnya. Untuk menjawab persoalan tersebut maka sekarang diberlakukan sertifikasi guru guna meningkatkan profesionalitas guru sebagai pendidik

NiCKo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
blogspot mengatakan...

Nama: Riani Muslimah
NIM : 07410223

Unsur-unsur pendidikan Islam dalam buku "Pendidikan Profetik" karya Khoiron Rosyadi itu ada 6. Tujuan, Pendidik, Anak Didik, Metode, Kurikulum, dan Lingkungan. Namun tidak hanya ada 6 itu saja, namun ada juga yang lain. Yaitu:

1. Tujuan Pendidikan Islam
Tujuan dari pendidikan sebenarnya adalah apa yang dicanangkan oleh manusia sebagai pusat perhatian, dan demi merealisasikannyalah manusia menata tingkah lakunya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Dengan kata lain tujuan dari pendidikan Islam adalah apa yang direncanakan oleh manusia untuk dapat memelihara dan melangsungkan kehidupannya. Dan tujuan-tujuan itu meliputi tujuan individual, sosial, dan profesional, sehingga dapat mencapai ketaqwaan terhadap Allah SWT.

2. Pendidik
Pendidik merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem kependidikan, karena ialah yang berperan mengantarkan anak didik pada tujuan yang telah ditentukan bersama komponen yang lain yang terkait dan lebih bersifat komplementatif.

3. Anak Didik
Anak didik merupakan komponen pendidikan yang tidak bisa terlepas dari sestem kependidikan, sehingga ada aliran yang menempatkan anak didik sebagai pusat segala usaha pendidikan (aliran child centered), sehingga kita harus tahu sifat-sifat umum anak didik.

4. Metode dalam Pendidikan Islam
Metode menurut Al Syaibani adalah segala segi kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestian-kemestian mata pelajaran yang diajarkannya, ciri-ciri perkembangan muridnya, dan suasana alam sekitarnya dengan maksud untuk menolong anak didik untuk mencapai proses belajar yang diinginkan dan mencapai suatu perubahan yang dikehendaki pada tingkah laku mereka. Dalam pendidikan Islam ada beberapa metode (Abdurrahman an Nahlawi) yaitu: hiwar, dengan kisah-kisah Qurani dan Nabawi, Amtsal, pembiasaan, ibrah dan mau'izhah, targhib dan tarhib.

5. Kurikulum Pendidikan Islam
Salah satu komponen operasional dalam pendidikan Islam sebagai sistem adalah kurikulum. Kurikulum adalah pengalaman belajar baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.Kurikulum ini mempunyai fungsi yaitu sebagai instrumen untuk mencapai tujuan yang hasilnya harus dapat memenuhi tujuan yang dikehendaki. Jadi fungsi kurikulum di sini adalah sebagai instrumen atau jembatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

6. Lingkungan
Lingkungan merupakan unsur yang sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak didik, karena dapat mempengaruhi dan sebagai sarana dalam mengembangkan fitrah anak didik tersebut.
Apabila lingkungan yang melatarbelakangi perkembangan anak didik itu lebih kondusif dalam mengembangkan fitrah secara maksimal maka akan terjadi perkembangan yang positif. Namun juga sebaliknya.

7. Evaluasi
Evaluasi merupakan salah satu dari unsur pendidikan yang cukup penting. Karena dengan evaluasi maka dapat dikumpulkan sejumlah informasi yang dapat dipergunakan untuk mengambil keputusan dalam perubahan, pengembangan, maupun dalam penyempurnaan dari pendidikan itu sendiri.

blogspot mengatakan...

Nama: Riani Muslimah
NIM : 07410223


Lanjutan.........

8. Sarana dan Prasarana
Dalam pendidikan memerlukan suatu sarana dan prasarana untuk memudahkan dari proses pendidikan itu sendiri maupun sistem pendidikannya . Baik itu berupa alat-alat eksperimen maupun yang lainnya.

9. Biaya
Biaya juga mempengaruhi dalam unsur pendidikan. Karena dengan biayalah akan mempermudah adanya sarana dan prasarana dari pendidikan itu sendiri.

10. Pengelolaan
Pengelolaan juga merupakan salah satu dari unsur pendidikan. Dengan pengelolaan baik pada proses pendidikan maupun pengelolaan sarana dan prasarana dari pendidikan juga akan meningkatkan kualitas pendidikan yang baik pula.

11. Sumber Belajar
Dalam menetapkan bahan ajar yang akan disampaikan, dalam pendidikan diperlukan adanya sumber belajar. Agar materi yang akan disampaikan terdapat nilai-nilai atau dasar yang kuat bukan hanya omong kosong belaka.

Dan menurut saya, dari beberapa unsur pendidikan yang ada jika dikaitkan dengan permasalahan pendidikan yang mutakhir saat ini adalah pendidik. Karena pendidik bukan hanya menyampaikan informasi, pengalihan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga sebagai motivator dan fasilitator dari proses belajar mengajar sejalan dengan unsur-unsur pendidikan yang lain.

compaity mengatakan...

Sri Supriyanti
NIM 07410228
Kelas B

Menurut saya,
unsur-unsur pendidikan islam ada 11.
1. Tujuan Pendidikan
Pada dasarnya tujuan umum pendidikan islam terangkum menjadi 5 bagian.
a. untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia
b. persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat.
c. persiapan untuk mencari rizqi dan pemeliharaan segi-segi kemanfaatan.
d. menumbuhkan roh ilmiah pada pelajar.
e. menyiapkan pelajar dari segi profesional

2. Pendidik
Alghozali menggunakan istilah pendidik denghan berbagai kata seperti, al-mu'alim (
guru), al-mudaris(pengajar), al-muadib (pendidik), dan al-walid(orang tua).

3. Anak didik
Al-ghozali mengemukakan empat kewajiban anak didik yang harus senantiasa diperhatikan, yaitu :
mendahulukan kesucian jiwa, bersedia merantau untuk mencari ilmu pengetahuan, jangan menyombongkan ilmunya dengan menentang guru, mengetahui kedudukan ilmu pengetahuan.

4. Metode
Al-Syaibani mencoba mendefinisikan metode adalah segi kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestia-kenestian mata pelajaran yang diajarkannya, ciri-ciri perkembangan muridnya dan suasana lam sekitarnya, dan perubahan yang dikehendaki pada tingkah laku mereka.

5. Kurikulum
DR. Munir Kamil mendefinisikan kurikulum sebagai sejumlah pegalaman-pengalaman pendidikan budaya, sosial, olah raga, dan seni yang disediakan oleh sekolah bagi anak didiknya untuk berkembang secara menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan pendidikan.

6. Lingkungan
Pada dasarnya Islam lebih dekat kepada teori konvergensi (dalam dunia pendidikan), yang ditawarkan oleh Wiliam Stern. Islam mengakui adanya faktor dasar (nativisme) dan ajar (empirisme) yang akan berkembang dengan baik dalam kondisi lingkungan yang baik pula.

7. Sarana&prasarana
merupakan segala sesuatu yang digunakan pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pendidikan.

8. Evaluasi
Evaluasi merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh lepas dari suatu program pendidikan karena evaluasi merupakan barometer pencapaian keberhasilan dari suatu program tersebut, apakah sudah mencapai target atau tujuan yang dicanangkan atau belum.

9. Biaya
Dalam proses pendidikan biaya merupakan hal yang penting, meskipun sudah berdiri sekolah gratis, tapi saya yakin walaupun sedikit biaya pasti akan dikeluarkan untuuk prioses pendidikan. Biaya itu diperlukan untuk (1)pengadaan alat-alat, (2)gaji guru dan pegawai, dan (3) pemeliharaan alat-alat.

10.Pengelolaan
adalah segala usaha yang dilakukan guna memelihara dan meningkatkan kualitas seluruh sarana dan prasarana serta proses dalam lingkungan sekolah.

11.Sumber Belajar
Sumber belajar bisa kita dapatkan dari berbagai media, tidak harus dari buku, Dalam menetapkan bahan pengajaran materi harus sesuai dengan fakta,konsep, prinsip, prosedur, prinsip, nilai, dan ketrampilan.
Materi yakni suatu bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang mana dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapka disamping itu materi tersebut harus relevan dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

Dan menurut saya yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah pendidik. Karena tanpa pendidik, pendidikan terasa hambar meskipun siswa dapat belajar melalui media buku ataupun media lainnya namun siswa masih punya pertanyaan yang harus dijawab penuh dengan penjelasan dengan bahasa yang dapat diterima. Dan itu adalah tugas pendidik.

www.mbaloro soleh mengatakan...

Menurut saya Unsur Pokok Pendidikan islam ada 6 yaitu;

1) Pendidik

Allah mengajar manusia menulis dengan menggunakan pena. Dia memberikan pengetahuan kepada manusia tentang segala sesuatu yang belum diketahuinya.

2) Peserta Didik

Peserta didik adalah manusia tanpa menyebutkan batas dan ketentuan lain. Dengan kata lain, semua manusia merupakan peserta didik tanpa batas waktu dan tempat.

3) Tujuan

Tujuan pendidikan di sini ialah agar manusia mempunyai pengetahuan sehingga dapat beribadah dan bersujud serta mendekatkan diri kepada-Nya. Itu berarti bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mendapatkan rida-Nya. M

4) Materi


secara implisit Surat Al-'Alaq menyatakan bahwa materi pendidikan dalam Islam itu terpadu, tidak terbagi antara ilmu agama dan ilmu umum. Dengan kata lain, tidak ada dikotomi ilmu pengetahuan yang akan diajarkan karena pada hakikatnya ilmu itu hanya satu, yaitu bersumber dari Allah SWT sebagai pendidik utama.
Ilmu pengetahuan tidak terbatas pada teks yang tertulis, tetapi juga yang tidak tertulis, seperti alam semesta. Jadi, objek bacaan tidak penting, selama dilakukan atas nama Tuhan, insya Allah akan memperoleh hasil yang baik dan bermanfaat.

5) Metode

Metode merupakan cara yang digunakan oleh seorang guru dalam rangka berinteraksi dengan siswanya dalam kegiatan belajar mengajar yang semuanya itu dilakukan agar terwujud suatu tujuan pendidikan yang telah dicita-citakannya. ada banyak metode yang dapat dipakai oleh seorang guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan dan guru guru harus tahu kapan dan dimana harus menggunakan metode itu, karena semuanya itu tergantung dari situasi dan kondisi dari siswanya.

6) Alat

Pena merupakan sarana untuk memperoleh dan mewariskan ilmu pengetahuan. Dengan pena, ilmu pengetahuan akan ditulis lalu dibaca oleh generasi sekarang dan yang akan datang sehingga informasi tersebut menjadi berkembang dan dapat dikembangkan oleh generasi selanjutnya

i_moutzzz mengatakan...

lina setya pratiwi(07410319)
Unsure-unsur pendidikan islam di antaranya adalah :
1. Tujuan pendidikan islam
Tujuan pendidikan islam adalah untuk menjadikan insane yang kamil atau sempurna dan untuk menjadikan pembentukan akhlak yang mulia karna pendidikan akhlak adalah jiwa pendidikan islam. Dan mencapai akhlak yang sempurna adalah tujuan pendidikan yang sebenarnya. Selain itu tujuan pendidikan islam adalah untuk kehidupan dunia dan akhirat sebab itulah tujuan tertinggi dan terakhir pendidikan.
2. Pendidik
Pendidik adalah suatu komponen yang sangat penting dal system pendidikan, karna pendidiklah yang akan mengantarkan anak didik pada tujuan yang telah di tentukan, bersama komponen yang lainterkait dan lebih bersifat komplementatif. Selain itu juga pendidik harus memiliki sifat teladan yang nantinya akan di contoh oleh anak didiknya.
3. Peserta didik
Selain pendidik sebagai komponen pendidikan, anak didik juga sebagai komponen didalam pendidikan karna anak didik tidak bisa lepas dari system kependidikan. Peserta didik adalah anak didik yang akan menerima ilmu yang di transfer dari pendidik.
4. Metode pendidikan islam
Metode adalah cara yang di pergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Metode sangat penting dan harus di gunakan dalam proses pembelajaran karna metode dapat menentukan keberhasilan seorang pendidik dalam pembelajarannya dan dapat meningkatkan kepahaman anak.
5. Kurikulum pendidikan islam
Salah satu komponen operasional pendidikan islam adalah kurikulum karna tujuan dan sasaran pendidikan yang tertuangn pada kurikulum lembaga pendidikan terseleksi secara baik dan tepat. Kurikululm dapat di artikan sejumlah materi pelajaran yang harus di tempuh atau di pelajari di sekolah atau perguruan tinggi untuk memperoleh ijazah tertentu.
6. Materi pendidikan islam
Dalam proses belajar mengajar itu ada isi (materi) tertentu yang relevan dengan tujuan pengajaran. Dalam proses pembuatan materi tidak semudah itu, di perlukan pakar yang benar-benar ahli dalam merencanakan isi (materi) tersebut. Dengan demikian harus ada keterpautan terus menerus antara komponen yang satu dengan yang lain dalam proses kependidikan.
7. Sarana dan Prasarana pendidikan islam
Dalam proses belajar mengajar di perlukan adanya suatu sarana atau prasarana dalam pendidikan. Karna tanpa adanya semua itu proses belajar mengajar tidak berjalan secara efektif dan efisien. Sarana dan prasarana di dalam pembelajaran dapat membuat anak berkembang dengan baik.
8. Lingkungan
Lingkungan adalah sangat besar pengaruhnya terhadap perkembanngan anak didik. Apabila lingkungan yang melatarbelakangi perkembangan anak didik itu lebih kondusif dalam mengembangkan potensi secara maksimal, akan terjadiperkembangan yang positif. Apabila lingkungan yang melatarbelakangi perkembangan anak didik itu destruktif dalam mengembangkan potensi anak, maka akan terjadi sebaliknya, yaitu perkembangan yang negative.
9. Evaluasi
Evaluasi adalah sebagai suatu tindakan atau proses untuk menetukan nilai segala sesuatu dalam dunia pendidikan atau segala sesuatu yang ada hubungannya dengan dengan dunia pendidikan.

tri mengatakan...

TRI MULYANINGSIH
07410100
Menurut saya unsur-unsur pendidikan ada 9, yaitu:
1. Tujuan pendidikan
Tujuan pendidikan adalah untuk mendewasakan siswa dan menjadi insan yang berakhlakul karimah. Tujuan harus terlebih dahulu ditentukan dalam setiap program. Fungsi tujuan adalah untuk menentukan arah dan menjadi pengangan dalam setiap usaha dan tindakan.
2. Pendidik
Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab membantu peserta didik berkembang ketingkat yang normatif lebih baiki. Pendidik harus dapat menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif serta memberi tauladan yang baik kepada siswa.
3. Peserta didik
Peserta didik adalah orang yang mendapatkan pengetahuan atau pendidikan dari pendidik dan sebagai objek dalam proses belajar mengajar.
4. Kurikulum
Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum adalah jalan terang yang dilalui pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan, sikap maupun mental. Kurikulum harus menonjolkan tujuan agama dan harus berkesinambungan dengan berbagai aspek.
5. Metode
Metode adalah suatu jalan yang dilalui untuk mencapai suatu tujuan dan suatu cara dalam proses belajar mengajar. Ada beberapa jenis metode yaitu:
a. Metode hiwar
b. Metode kisah
c. Metode amtsal
d. Metode teladan
e. Metode 'ibrah dan mau'adzah
f. Metode targhib dan tarhib
6. biaya
Dalam sistem pendidikan aspek danadapat dimasukkan kedalam aspek alat. Dana diperlukan untuk membeli peralatan sekolah dan menggaji guru serta kariyawan yang ada disekolah. Jika semua terpenuhi maka kualitas atau mutu sekolah akan meningkat atau bagus.
7. Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana merupakan peralatan pendidikan, semua yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Seperti gedung sekolah, laboraturium , perpustakaan dan sebagainya. Peralatan sekolah harus dirancang secara menyeluruh dan teliti. Apa bila semua peralatan disekolah terpenuhi maka mutu sekolah juga akan bagus.
8. Evaluasi
Evaluasi adalah proses dan tindakan untuk menilai dan menentukan produktifitas pendidikan pada umumnya dan pada khususnya. Evaluasi harus valid, mendidik, beroreantasi pada kompetensi dan harus adil serta objektif.
9. Lingkungan
Lingkungan adalah dimana tempat pendidik dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar dan dimana mereka tinggal. Ada tiga Lingkungan yaitu,
a. Lingkungan keluarga -> awal mendapat pendidikan atau pengetahuan.
b. Lingkungan sekolah -> lingkungan kedua, anak mendapatkan pendidikan dan pengetahuan.
c. Lingkungan masyarakat -> perpaduan antara lingkungan keluarga dan sekolah, disini anak mempraktekkan semua pengetahuan yang telah mereka dapat.
Dari unsur diatas yang paling penting jika dikaitkan dengan problematika sekarang yaitu kurikulum, karena kurikulum merupakan sebuah alat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dan menjadi jalan terang bagi pendidik dan siswa dalam mengembangkan pengetahuan , sikap maupun keterampilan.

Rochim mengatakan...

Nurrochim Ngalimudin
07410188

Unsur-unsur Pendidikan Diantaranya yaitu :


1.. Pendidik
Pendidik yang ideal adalah guru yang dapat menempatkan dirinya sebagai seorang yang ‘digugu’ dan ‘ditiru’. Hal ini, berarti guru haruslah orang yang memiliki kepribadian, ia tidak hanya menguasai sejumlah pengetahuan tetapi juga berbagai sumber nilai-nilai kehidupan, yang bermanfaat bagi siswa. Guru juga harus dapat berinteraksi dengan masyarakat, ia mampu mengikuti perkembangan masyarakatnya. Tidak ‘kuper’ atau kurang pergaulan, tidak ‘telmi’ atau telat mikir.
Guru juga harus memiliki beberapa kompetensi. Kompetensi guru berarti sejumlah kemampuan (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) yang harus dimiliki oleh seorang guru. Atau lebih jelasnya, bahwa guru hendaknya memiliki kemampuan baik pengetahuan, sikap ampu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru. dasar pengetahuan untuk membimbing siswa menyangkut bakat, minat, kebutuhan dan aspirasi.

2. Peserta didik
Yaitu makhluk yang memiliki potensi untuk berkembang dan dikembangkan, dengan tujuan akhirnya adalah agar dapat berperan sebagai pengabdi Allah yang setia.
3. Tujuan
Untuk menghasilkan manusia yang berguna bagi dirinya dan masyarakat serta memiliki kepribadian yang utuh dan selalu bertaqwa kepada Allah untuk menjadi insan kamil.

4. Materi
Materi pelajaran harus sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Dalam menetapkan materi pelajaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
- materi harus sesuai dengan tujuan pembelajaran
- ditulis secara garis besar
- urutan sesuai dengan urutan tujuan
- berkesinambungan antara materi
- disusun secara hierarkis
Dalam menentukan materi pelajaran kita harus ingat bahwa materi tersebut tidak boleh bertentangan dengan Alquran dan hadis. Jika perlu para pendidik menyisipkan unsur-unsur islami dalam materi pelajaran yang akan diajarkan. Dengan hal ini diharapkan siswa mampu memahami bahwa segala sesuatu tidak bisa lepas dari Alquran dan hadis.

5. Metode
Penggunaan metode mengajar dilaksanakan secara selektif dan variatif. Artinya disesuaikan dengan banyak pertimbangan (tujuan, materi, kemampuan guru dan siswa), dan penggunaannya tidak sendiri-sendiri, artinya dalam satu proses belajar mengajar dapat digunakan banyak metode mengajar, dengan pertimbangan efektivitas pengajaran. Sebetulnya menentukan metode mengajar juga erat kaitannya dengan model, strategi, pendekatan dan juga teknik yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

6. Evaluasi
Evaluasi dilaksanakan dengan maksud memonitor perkembangan kemajuan belajar siswa. Fungsi evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran dan untuk mengetahui keefektifan proses belajar mengajar yang telah dilakukan guru.

7. Lingkungan
Semua unsur-unsur pendidikan tidak bisa lepas satu dengan lainnya, begitu juga lingkungan. Lingkungan yang dimaksud di sini adalah lingkungan di mana pendidikan dilaksanakan. Untuk membantu proses pendidikan berjalan lancar maka lingkungan pendidikan harus mendukung hal ini. Lingkungan pendidikan harus jauh dari hal-hal negatif yang bisa membuat siswa tidak berkonsentrasi dalam belajar. lingkungan pendidikan juga harus sesuai dengan ajaran islam. Salah satunya adalah bahwa lingkungan pendidikan harus bersih karena islam juga menganjurkan bahwa kebersihan adalah salah satu hal yang bisa meningkatkan keimanan.

jadi kesimpulan saya yaitu bahwa pendidikan dalam pendidikan islam itu harus diterapkan sesuai kebutuhan mayarakat, unsur muatan lokal yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan daerah setempat itu sesuai dengan nilai-nikai ajran islam. Dan dalam pendidikan kebiasaan hidup bersama, saling menghargai, terbuka, memberi dan menerima, selama itu tidak menyimpang dari nilai-nilai ajaran islam maka seperti itu perlu ditumbuh kembangkan secara optimal., dengan demikian tuntutan pendidikan sekarang dan masa depan khususnya pendidikan islam itu harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual serta sikap, kepribadian dan moral seorang muslim yang bertaqwa.

thenzedog mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
yusup mengatakan...

Yusup Wibowo
07410202
Unsur unsur pendidikan menurut saya ada 9 :

1. ASAS
Jika tidak ada sesuatu yang luput dari catatan kitab Alquran ini, maka berarti Alquran berisi petunjuk segala sesuatu yang dengan jelas dinyatakan dalam ayat lain “dan kami turunkan kepadamu kitab yang menerangkan tiap-tiap sesuatu dan sebagai hudan dan rahmat serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (QS.16:89).
2. TUJUAN
Tujuan pendidikan diharapkan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dalam Alquran dan hadis. Peranan tujuan sangat penting sebab menentukan arah proses belajar mengajar.
3. MATERI
Tentu tidak semua bahan atau materi diberikan, mengingat keterbatasan waktu dan pertimbangan-pertimbangan lain, seperti kemampuan siswa. Menetapkan materi perlu memperhatikan tujuan pengajaran, urgensi bahan, tuntutan kurikulum, nilai kegunaan, dan terbatasnya sumber bahan.
Dalam menentukan materi pelajaran kita harus ingat bahwa materi tersebut tidak boleh bertentangan dengan Alquran dan hadis. Jika perlu para pendidik menyisipkan unsur-unsur islami dalam materi pelajaran yang akan diajarkan. Dengan hal ini diharapkan siswa mampu memahami bahwa segala sesuatu tidak bisa lepas dari Alquran dan hadis.
Muhammad Fadhil al-Jamaly merumuskan kerangka materi kurikulum dalam pendidikan islam dalam sepuluh macam, yang intinya mencakup:
1. larangan mempersekutukan ALLAH.
2. berbuat baik kepada orang tua
3. memelihara, mendidik, dan membimbing anak sebagai tanggung jawab terhadap amanah Allah
4. menjauhi perbuatan keji dalam bentuk lahir dan batin
5. menjauhi permusuhan dan perbuatan makar
6. menyantuni anak yatim dan memelihara hartanya
7. tidak melakukan perbuatan di luar kemampuan
8. berlaku jujur dan adil
9. menepati janji dan menunaikan perintah
10. berpegang teguh kepada ketentuan hukum Allah

4. SUBJEK
Subjek atau pendidik hendaknya memenuhi persyaratan yang tersirat maupun tersurat dalam Alquran dan hadis. Hal ini penting karena pendidik membawa beban berat untuk membina para siswa agar tidak salah jalan di kemudian hari. Maka untuk memenuhi tujuan ini pendidik harus memperhatikan dirinya sendiri atau instropeksi terhadap dirinya sendiri.
5. Peserta didik
Yaitu makhluk yang memiliki potensi untuk berkembang dan dikembangkan'
6. METODE
Penggunaan metode mengajar dilaksanakan secara selektif dan variatif. Artinya disesuaikan dengan banyak pertimbangan (tujuan, materi, kemampuan guru dan siswa), dan penggunaannya tidak sendiri-sendiri, artinya dalam satu proses belajar mengajar dapat digunakan banyak metode mengajar, dengan pertimbangan efektivitas pengajaran. Sebetulnya menentukan metode mengajar juga erat kaitannya dengan model, strategi, pendekatan dan juga teknik yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

7. MEDIA
Secara umum media pembelajar dapat memperlancar interaksi guru dan siswa, dan membantu siswa belajar secara optimal. Fungsi media pembelajaran adalah memperjelas penyajian pesan agar tidak verbalistis, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu serta daya indera, menghilangkan sikap pasif siswa, dan membangkitkan motivasi belajar siswa.

8. EVALUASI
Evaluasi dilaksanakan dengan maksud memonitor perkembangan kemajuan belajar siswa. Fungsi evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran dan untuk mengetahui keefektifan proses belajar mengajar yang telah dilakukan guru.

9. LINGKUNGAN
Semua unsur-unsur pendidikan tidak bisa lepas satu dengan lainnya, begitu juga lingkungan. Lingkungan yang dimaksud di sini adalah lingkungan di mana pendidikan dilaksanakan.

yusup mengatakan...

Yusup Wibowo
07410202
Unsur unsur pendidikan menurut saya ada 9 :

1. ASAS
Jika tidak ada sesuatu yang luput dari catatan kitab Alquran ini, maka berarti Alquran berisi petunjuk segala sesuatu yang dengan jelas dinyatakan dalam ayat lain “dan kami turunkan kepadamu kitab yang menerangkan tiap-tiap sesuatu dan sebagai hudan dan rahmat serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri” (QS.16:89).
2. TUJUAN
Tujuan pendidikan diharapkan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dalam Alquran dan hadis. Peranan tujuan sangat penting sebab menentukan arah proses belajar mengajar.
3. MATERI
Tentu tidak semua bahan atau materi diberikan, mengingat keterbatasan waktu dan pertimbangan-pertimbangan lain, seperti kemampuan siswa. Menetapkan materi perlu memperhatikan tujuan pengajaran, urgensi bahan, tuntutan kurikulum, nilai kegunaan, dan terbatasnya sumber bahan.
Dalam menentukan materi pelajaran kita harus ingat bahwa materi tersebut tidak boleh bertentangan dengan Alquran dan hadis. Jika perlu para pendidik menyisipkan unsur-unsur islami dalam materi pelajaran yang akan diajarkan. Dengan hal ini diharapkan siswa mampu memahami bahwa segala sesuatu tidak bisa lepas dari Alquran dan hadis.
Muhammad Fadhil al-Jamaly merumuskan kerangka materi kurikulum dalam pendidikan islam dalam sepuluh macam, yang intinya mencakup:
1. larangan mempersekutukan ALLAH.
2. berbuat baik kepada orang tua
3. memelihara, mendidik, dan membimbing anak sebagai tanggung jawab terhadap amanah Allah
4. menjauhi perbuatan keji dalam bentuk lahir dan batin
5. menjauhi permusuhan dan perbuatan makar
6. menyantuni anak yatim dan memelihara hartanya
7. tidak melakukan perbuatan di luar kemampuan
8. berlaku jujur dan adil
9. menepati janji dan menunaikan perintah
10. berpegang teguh kepada ketentuan hukum Allah

4. SUBJEK
Subjek atau pendidik hendaknya memenuhi persyaratan yang tersirat maupun tersurat dalam Alquran dan hadis. Hal ini penting karena pendidik membawa beban berat untuk membina para siswa agar tidak salah jalan di kemudian hari. Maka untuk memenuhi tujuan ini pendidik harus memperhatikan dirinya sendiri atau instropeksi terhadap dirinya sendiri.
5. Peserta didik
Yaitu makhluk yang memiliki potensi untuk berkembang dan dikembangkan'
6. METODE
Penggunaan metode mengajar dilaksanakan secara selektif dan variatif. Artinya disesuaikan dengan banyak pertimbangan (tujuan, materi, kemampuan guru dan siswa), dan penggunaannya tidak sendiri-sendiri, artinya dalam satu proses belajar mengajar dapat digunakan banyak metode mengajar, dengan pertimbangan efektivitas pengajaran. Sebetulnya menentukan metode mengajar juga erat kaitannya dengan model, strategi, pendekatan dan juga teknik yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

7. MEDIA
Secara umum media pembelajar dapat memperlancar interaksi guru dan siswa, dan membantu siswa belajar secara optimal. Fungsi media pembelajaran adalah memperjelas penyajian pesan agar tidak verbalistis, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu serta daya indera, menghilangkan sikap pasif siswa, dan membangkitkan motivasi belajar siswa.

8. EVALUASI
Evaluasi dilaksanakan dengan maksud memonitor perkembangan kemajuan belajar siswa. Fungsi evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran dan untuk mengetahui keefektifan proses belajar mengajar yang telah dilakukan guru.

9. LINGKUNGAN
Semua unsur-unsur pendidikan tidak bisa lepas satu dengan lainnya, begitu juga lingkungan. Lingkungan yang dimaksud di sini adalah lingkungan di mana pendidikan dilaksanakan.

rohmy mengatakan...

Rohmy
07410302
Unsur-Unsur Pendidikan
1. Tujuan
Tujuan pendidikan menurutadalah terwujudnya manusia sebagai hamba Allah ini merupakan tujuan yang umum. Sedangkan tujuan secara khusus penumbuhan dorongan agama dan akhlak antara lain: memperkenalkan kepada generasi muda akan akidah-akidah Islam, dasar-dasarnya, menumbuhkan kesadaran yang betul kepada pelajar terhadap agama, menambah keimanan kepada Allah pencipta alam,Tujuan umum pendidikan Islam adalah menciptakan muslim yang sempurna, atau manusia yang taqwa, beriman, dan beribadat kepada Allah.
2.Pendididk
Pendidik merupakan komponen yang sangat penting dalam pendidikan, secara sederhana pendidik adalah orang yang memberikan pengajaran di kelas. Islam mendudukan seorang Guru pada martabat yang tinggi, setingkat di bawah martabat Nabi dan Rosul. Tugas seorang pendidik adalah mendidik dengan cara mengajar, memberi contoh, membiasakan dll. Syarat seorang pendidik adalah dewasa, sehat lahir batin, ahli, dan berkepribadian muslim. Seorang pendidik harus memiliki sifat kasih sayang yang besar kepada anak didiknya
3.Peserta Didik
Peserta didik merupakan komponen pendidikan yang tidak bisa terlepas dari pendidikan, jika sudah ada pendidik tapi tidak ada peserta didik maka tidak ada gunanya lagi, kepada sipa ia akan mengajarkan. Menurut Al-Ghazali ada beberapa etika peserta didik terhadap pendidik, diantaranya: jika berkunjung kepada Guru harus menghormati dan menyampaikan salam terlebih dahulu, jangan banyak bicra di hadapan Guru.
4. Kurikulum
Kurikulum pendidikan Islam harus di mulai dari penyusunan atau perumusan tujuan pendudikan islam. Kurikulum harus di susun dengan mempertimbangkan prinsip kesinambungan, berurutan, integrasi pengalaman. Kerangka kurikulum meliputi: tujuan, materi, metode dan evaluasi.
5. Strategi dan Metode
Metode mengajar adalah suatau jalan seorang Guru untuk memberikan pemahaman kepada para peserta didiknya dan merubah tingkah lakunya sesuai dengan tujuan-tujuan yang di inginkan. ada beberapa metode yang biasa di lakukan oleh para pendidik yaitu metode ceramah maupun diskusi. Metode dalam pendidikn Islam biasanya menggunakan metode hiwar, mendidik dengan kisah-kisah qur’ani dan nabawi, mendidik dengan amtsal, mendidik dengan teladan,mendidik dengan pembiasaan diri dan pengalaman, dll. Sedangka strategi sangat mendukung sekali dalam pembelajaran karena jika seorang pendidik dapat menggunakan strategi-strategi yang baik dalam mengajar maka akan timbul rasa kesengangan pada peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
6. Evaluasi
Evaluasi merupakan suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai, bisa juga sebagai kegiatan penilaian yang terjadi dalam kegiatan pendidikan,ataupun sebagai alat untuk mengukur samapai dimana penguasaan peserta didik terhadap bahan pendidikan yang telah di berikan. Adapun syarat –syarat evaluasi pendidikan Islam meliputi: reliable, valid, objektif, diskriminatif, komprehensif, dan mudah di gunakan.
7. Lingkungan
Lingkungan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan peserta didik, jika suatu lingkunagan yang melatarbelakangi perkembangan peserta didik lebih kondusif maka dalam mengembanmgkan potensi secara maksimal maka akan terjadi perkembangan yang positif pada anak, tetapi juga sebaliknya.

Hikmah mengatakan...

hikmah
07410304
Unsur-Unsur Pendidikan

Unsur-unsur yang ada dalam pendidikan antara lain:
1. Tujuan
tujuan adalah dicanangkan olehmanuia.Dan dalam tujuan disini ada tujuan umum dan tujuan khusus pendidikan islam.Tujuan umum ada sala satunya Muhammad Quthb adalah manusia taqa.Sedang tujuan khususnya adalah perubahan-perubahan yang diingni yang bersifazt di bawah tujuan umum pendidikan.
2. Pendididk
Alghazali mempergunakan istilah pendiik dengan kata guru, pengajar, pendidik, dan orang tua.Tugas pendidik sendiri dalam pandangan islam secara umum adalah mendidi yaitu mengupayakan seluruhpotensi anak didik baik potensi kognitif, efektif, maupun psikomotorik.
3. Peserta Didik
Peserta didik sebagai komponen pendidik yang tidak terlepas dari sistem kependididikan.
4. Kurikulum
dalam pengertian kurikulum menurut pandangan para ahli pendidikan modern adalah berupa pemhgalamman beleajar baik di dalam maupun di luar sekolah. penfifikan
5. Strategi dan Metode
Dalam pengertian umum metode sebagai cara mengerjakan sesuatu.DR.Ahmad Tfsir metode adalah semua cara yang digunakan dalam upaya mendidik.
6. Lingkungan
Lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak didik.Apabila lingkungan melatarbelakangi perkembanga anak didik lebih kondxusif dalam pengembangan ,akan terjadi perkembangan yang positif.Sebaliknya jika anak didik itu itu destruktif dalam mengembangkan fitrah itu, akan terjadi perkembangan yang negatif.

siska mengatakan...

Siska Maryati
07410117

Menurut saya, unsur-unsur pendidikan islam ada 9, yaitu:
1. Tujuan
tujuan pendidikan islam yaitu mengembangkan potensi anak didik menjadi insan kamil dan berkepribadian muslim. kepribadian muslim yaitu kepribadian yang seluruh aspek-aspeknya menunjukkan pengabdian kepada Tuhan, penyerahan diri kepadaNya.

2. Pendidik
pendidik dalam islam adalah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik.kedudukan guru dalam islam dihargai tinggi karena guru mengamalkan ilmunya. syarat guru dalam pendidikan islam: dewasa, sehat jasmani rohani, ahli dalam mengajar, berkesusilaan dan berdedikasi tinggi.

3. Peserta didik
yaitu sasaran/target pendidikan. pendidik harus memahami betul kebutuhan anak dalam pembentukan watak dan kepribadiannya.

4. Kurikulum
Setidaknya kurikulum terdiri dari 4 komponen: tujuan, isi, metode/proses belajar mengajar dan evaluasi. Ciri-ciri yang harus dimiliki dalam kurikulun pendidikan islam:
- menonjolkan mata pelajaran agama dan akhlak yang diambil dari Qur'an dan Hadis
- mempertimbangkan perbedaan kebudayaan yg ada dlm masyarakat
- memperhatikan pengembangan menyeluruh aspek pribadi siswa
- memperhatikan seni halus
- memperhatikan keseimbangan antara pribadi anak dg masyarakat dan kehidupan masa datang

5. Strategi dan Metode
a.metode hiwar -> dialog ttg suatu topik
b.metode kisah -> menceritakan suatu kisah untuk diteladani
c.metode amtsal -> menggunakan perumpamaan supaya mudah diingat
d.metode teladan -> metode ini digunakan karena anak cenderung meneladani pendidiknya
e.metode pembiasaan -> inti pembiasaan adl pengulangan, agar anak terbiasa dg hal-hal baik
f.metode targhib -> janji thd kesenangan, kenikmatan akhirat yg disertai bujukan
metode tarhib -> ancaman karena dosa yang dilakukan
g.metode 'ibrah -> penyampaian sesuatu dari apa yg disaksikan/dihadapi dg menggunakan nalar yg menyebabkan hati mengakuinya
metode mau'izah -> nasehat yg lembut yg diterima oleh hati dg cara menjelaskan pahala dan ancamannya.

6. Sarana dan Prasarana
yaitu semua yang digunakan guru dan murid dalam PBM, spt kurikulum, metode, gedung sekolah, toilet dll. Sarana yg baik dan memadai akan menunjang PBM, spt ruang belajar harus bersih dan sirkulasi udara baik.

7. Biaya
Dana diperlukan untuk: pengadaan alat-alat, pemeliharaan alat-alat, gaji pegawai dan guru. ketersediaan dana yg cukup turut meningkatkan mutu sekolah. Dana dpt diperoleh dari: wakaf, pemanfaatan bank dan pemanfaatan uang pangkal dan uang sekolah.

8. Lingkungan
Lingkungan pendidikan yaitu segala sesuatu yg berada di luar dari anak dalam alam semesta ini. Macam lingkungan:
- lingkungan dalam: tubuh manusia
- lingkungan phisik: lingkungan alam sekitar manusia, spt hewan, tumbuhan, dan benda-benda yg lain.
- lingkungan budaya: adat, istiadat, ilmu pengetahuan dll.
- lingkungan sosial: bentuk hubungan antar manusia satu dg yang lain.
- lingkungan spiritual: berupa agama, keyakinan yg dianut suatu masyarakat.

9. Evaluasi
Unsur ini berguna sebagai penilaian ttg sejauh mana pencapaian anak didik thdtujuan pendidikan setelah melakukan PBM.


Menurut saya, unsur yg paling penting yaitu unsur metode dan strategi, karena unsur inilah yg berhubungan langsung dg proses belajar mengajar. Di dlm PBM inilah potensi anak akan dikembangkan serta watak dan kepribadian anak akan dibentuk. Walaupun tujuan pendidikan telah disusun dg baik tetapi jika dlm prosesnya tdk menggunakan metode dan strategi yg baik dan sesuai, maka hasil pendidikan (output) juga tidak akan maksimal. Maka dari itu, metode dan strategi harus selalui diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan anak dan zaman.

siska mengatakan...

Siska Maryati
07410117

Menurut saya, unsur-unsur pendidikan islam ada 9, yaitu:
1. Tujuan
tujuan pendidikan islam yaitu mengembangkan potensi anak didik menjadi insan kamil dan berkepribadian muslim. kepribadian muslim yaitu kepribadian yang seluruh aspek-aspeknya menunjukkan pengabdian kepada Tuhan, penyerahan diri kepadaNya.

2. Pendidik
pendidik dalam islam adalah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik.kedudukan guru dalam islam dihargai tinggi karena guru mengamalkan ilmunya. syarat guru dalam pendidikan islam: dewasa, sehat jasmani rohani, ahli dalam mengajar, berkesusilaan dan berdedikasi tinggi.

3. Peserta didik
yaitu sasaran/target pendidikan. pendidik harus memahami betul kebutuhan anak dalam pembentukan watak dan kepribadiannya.

4. Kurikulum
Setidaknya kurikulum terdiri dari 4 komponen: tujuan, isi, metode/proses belajar mengajar dan evaluasi. Ciri-ciri yang harus dimiliki dalam kurikulun pendidikan islam:
- menonjolkan mata pelajaran agama dan akhlak yang diambil dari Qur'an dan Hadis
- mempertimbangkan perbedaan kebudayaan yg ada dlm masyarakat
- memperhatikan pengembangan menyeluruh aspek pribadi siswa
- memperhatikan seni halus
- memperhatikan keseimbangan antara pribadi anak dg masyarakat dan kehidupan masa datang

5. Strategi dan Metode
a.metode hiwar -> dialog ttg suatu topik
b.metode kisah -> menceritakan suatu kisah untuk diteladani
c.metode amtsal -> menggunakan perumpamaan supaya mudah diingat
d.metode teladan -> metode ini digunakan karena anak cenderung meneladani pendidiknya
e.metode pembiasaan -> inti pembiasaan adl pengulangan, agar anak terbiasa dg hal-hal baik
f.metode targhib -> janji thd kesenangan, kenikmatan akhirat yg disertai bujukan
metode tarhib -> ancaman karena dosa yang dilakukan
g.metode 'ibrah -> penyampaian sesuatu dari apa yg disaksikan/dihadapi dg menggunakan nalar yg menyebabkan hati mengakuinya
metode mau'izah -> nasehat yg lembut yg diterima oleh hati dg cara menjelaskan pahala dan ancamannya.

6. Sarana dan Prasarana
yaitu semua yang digunakan guru dan murid dalam PBM, spt kurikulum, metode, gedung sekolah, toilet dll. Sarana yg baik dan memadai akan menunjang PBM, spt ruang belajar harus bersih dan sirkulasi udara baik.

7. Biaya
Dana diperlukan untuk: pengadaan alat-alat, pemeliharaan alat-alat, gaji pegawai dan guru. ketersediaan dana yg cukup turut meningkatkan mutu sekolah. Dana dpt diperoleh dari: wakaf, pemanfaatan bank dan pemanfaatan uang pangkal dan uang sekolah.

8. Lingkungan
Lingkungan pendidikan yaitu segala sesuatu yg berada di luar dari anak dalam alam semesta ini. Macam lingkungan:
- lingkungan dalam: tubuh manusia
- lingkungan phisik: lingkungan alam sekitar manusia, spt hewan, tumbuhan, dan benda-benda yg lain.
- lingkungan budaya: adat, istiadat, ilmu pengetahuan dll.
- lingkungan sosial: bentuk hubungan antar manusia satu dg yang lain.
- lingkungan spiritual: berupa agama, keyakinan yg dianut suatu masyarakat.

9. Evaluasi
Unsur ini berguna sebagai penilaian ttg sejauh mana pencapaian anak didik thdtujuan pendidikan setelah melakukan PBM.


Menurut saya, unsur yg paling penting yaitu unsur metode dan strategi, karena unsur inilah yg berhubungan langsung dg proses belajar mengajar. Di dlm PBM inilah potensi anak akan dikembangkan serta watak dan kepribadian anak akan dibentuk. Walaupun tujuan pendidikan telah disusun dg baik tetapi jika dlm prosesnya tdk menggunakan metode dan strategi yg baik dan sesuai, maka hasil pendidikan (output) juga tidak akan maksimal. Maka dari itu, metode dan strategi harus selalui diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan anak dan zaman.

nurma mengatakan...

Nama: Siti Nurmalasari
Nim: 07410180
Menurut saya Unsur-unsur apendidikan Islam ada 6 yaitu:
1. Tujuan pendidikan Islam
Secara keseluruhan, yaitumembentuk kepribadian seseorang menjadi insan kamildengan pola takwa, artinya manusia utuh rohani dan jasmani, dapat berkembang secara wajar dan normal karena takwanya kepada Allah SWT. Mengan dung arti bahwa PI diharapkan menghasilkan manusia yang berguna bagi diriny sendiri dan masyarakatnya
2. Pendidik
Komponen yang sangat penting dalam sistemkependidikan, karena ia akan mengantarkan anak didik pada tujuan yang telah ditentukan, bersama komponen yang lain terkait dan bersifat komplementatif
3. Anak Didik
Komponen pendidikan yang tidak terlepas dari sistem kependidikan, sehingga ada aliran pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai pusat segala usaha pendidikan
4. Metode
Sebagai suatu sarana untuk menemukan, menguji dan menyusun data yang diperlukan bagi pengembangan disiplin keilmuan.
Jenis metode dalam pendidikan Islam yaitu: metode hiwar, metode kisah, metode amtsal, metode teladan, metode pembiasaan diri & pengalaman, dan metode ibrah & mu’idzah
5. Kurikulum
Sejumlah pengalaman pendidikan, kebudayaan, sosial, olahraga dan kesenian yang disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar sekolah dengan maksud menolongnya untuk berkembang menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan.
6. Lingkungan
Sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak didik, karenanya Islam lebih dekat kepada teori konvergensi (dalam dunia pendidikan) yang ditawarkan oleh William Stern, daripada teori nativismedan empirisme yang masing-masing ditokohi oleh Schopenhouredan Jhon Lock. Islam mengakui adanya faktir dasar (nativisme) dan aja (empirisme) yang akan berkembang dengan baik dalam kondisi lingkungan yang baik pula.

aisha mengatakan...

Menurut saya unsure-unsur dasar pendidikan islam ada 11, yaitu:

Tujuan

Untuk membentuk kepribadian muslim (berakhlakul karimah)

Persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat (kebahagiaan dunia dan akhirat)

Menyiapkan kemampuan professional yang islami

Pendidik

Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab atas pendidik dan pengajaran. Tugas pendidik ialah mendidik yaitu mengupayakan seluruh potensi anak didik , baik potensi kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Anak didik

Anak didik merupakan objek dari pendidikan itu sendiri sehingga keberadaannya perlu bimbingan khusus dari seorang pendidik dalam upaya pembentukan watak dan kepribadian yang menjadi tujuan dari pendidikan islam itu, jadi antara pendidik dan peserta didik itu harus saling kerjasama demi tercapainya tujuan atau hal yang paling urgen dalam penddidkan islam .

Kurikulum

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan agama.

Prinsip kurikulum harus bertautan dengan ajaran dan nilai islam,dan saling keterkaitan antara berbagai isi kurikulum.

Setrategi dan metode pembelajaran

Menurut al-Syaibani metode adalah segala segi kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestian-kemestian mata pelajaran yang diajarkannya, agar peserta didik dapat mencapai proses belajar yang diinginkan dan perubahan yang dikehendaki pada tingkah laku mereka. Metode ini sangat penting, karnamenjadi sarana yang melaksanakan materi yang tersusun dalam kurikulum.

Evaluasi

Evaluasi adalah proses dan tindakan untuk nenilai dan menentukan produktifitas pendidikan pada umumnya, dan produktifitas pembelajaran pada khususnya (proses berkaitan dengan efesiensi pembelajaran dan hasil yang berhubungan dengan efektifitas)

Penilaian terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa kearah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

Lingkungan

Lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak didik.

Lingkungan dalam pendidikan islam disini adalah misalnya masyarakat. Sekolah atau pendidikan merupakan bagian dari masyarakat dan mempersiapkan anak untuk kehidupan dimasyarakat. Sehingga dalam pendidikan islam isi kurikulum hendaknya mencerminkan kondisi dan dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai islam.

Sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana adalah alat penunjang terlaksananya proses pembelajaran baik secara material ataupun non material.

Biayabiaya adalah salah satu alat yang dapat membantu suksesnya sebuah manajemen pendidikan




Pengelolaan:
adalah cara bagaimana mengatur sebuah sistem pendidikan.maju atau tidaknya sebuah pendidikan juga sangat dipengaruhi oleh pengelolaan






Sumber belajar

Sumber belajar adalah salah satu alat bantu yang ada dalam peoses pembelajaran, seperti: buku-buku, pengalaman, penelitian,dll.



menurut saya unsur2 dasar pendidikan islam yang sangat penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalam kurikulum, karena kurikulum adalah sebuah pusat dan arah pendidikan mau dibawa kemana.


NAMA : SITA AISAH
NIM : 07410309

maulana aenul yaqin mengatakan...

unsur pendidikan menurut saya adalah :

1. pendidik : seorang pendidik harus mempunyai karakter ya mulia agar bisa jadi panutan peserta didik.
2. peserta didik : seorang yang menjadi obyek sasaran pendidik agar bisa menumbuh kembangkan potensi pesrta didik.
3. tujuan pendidik : agar pendidik dapat menumbuh kembangkan potensi anak didik agar mempunyai akhlak yang mulia sesuai dengan Al-qu'an dan Hadist.
4. kurikulum : suatu acuan dalam pembelajaran agar tercapainya tujuan belajar mengajar dan berjalan dengan efektif dan efisien.
5. strategi dan metode pembelajaran : suatu pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar tercaoai tujuan yang efektif dan efisien.
6. evaluasi : seorang pendidik melakukan pengetesan kepada peserta didik untuk mengetahui kemampuan peserta didik seberapa ngerti peserta didik menguasai materi yang telah diajarkan.
7. administrasi : pengelolaan yang di lakukan oleh sekolah untuk menunjang keberhasilan peserta didik.
8. lingkungan : meliputi : masyarakat, keluarga dan diri sendiri. semuanya itu sangat penting agar pembelajaran berjalan efektif dan efisien.

joe mengatakan...

nama: Rahma Dwi Nurfitri (07410137)
unsur-unsur pendidikan antara lain:
1. Tujuan pendidikan islam
Tujuan pendidikan islam merupakan dasar bagi seseorang dalam rangka menempuh suatu pendidikan islam, karena tanpa adanya tujuan yang jelas dari seseorang, maka pada akhirnya pendidikan yang diembannya itu tidak jelas arahnya.
Secara umum tujuan pendidikan islam adalah tercapainya kebahagiaan hidup di dunia maupun di akherat dan tentunya di dalamnya terdapat indikasi-indikasi dari tujuan itu yang harus dilalui oleh seseorang dalam menempuh pendidikan islam.
2. pendidik
pendidik adalah salah satu unsur yang terpenting, karena disini pendidik merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam terlaksananya kegiatan belajar mengajar.
3. Peserta Didik
Peserta didik berstatus sebagai subjek didik. Pandangan modern cenderung menyebutkan demikian oleh karena peserta didik adalah subjek atau pribadi yang otonom, yang ingin diakui keberadaannya.
Ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah:
a. Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang khas, sehingga merupakan insan yang unik.
b. Individu yang sedang berkembang.
c. Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi.
d. Individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.
4. metode dan strategi
yaitu bagian dari ilmu pendidikan islam yang berfungsi memberikan acuan tentang bagaimana cara mencapai tujuan pendidikan islam.
5. Kurikulum
Kurikulum merupakan acuan bagi berjalannya proses pendidikan, sehingga kedudukannya sangatlah penting. dalam pendidikan islam, kurikulum haruslah berlandaskan akidah islam, sehingga seluruh materi dan metode yang digunakannyapun harus di disusun agar tidak menyimpang dari landasan tersebut.
Dari semua unsur-unsur di atas, unsur yang paling penting jika dikaitkan dengan problematika pendidikan yang sekarang ini adalah unsur kurikulum, karena kurikulum merupakan acuan pokok dalam rangka proses pendidikan yang di dalamnya mencakup semua aspek yang berhubungan dengan pendidikan islam. kurikulum harus berubah sesuai dengan situasi dan kondisi zaman, dan perubahannya itu merupakan respon daripada permasalahan mutakhir yang ada, sehingga dalam pelaksanaannya sangatlah tepat sesuai keadaan yang ada.
6. lingkungan
lingkungan itu sangat berperan bagi pendidikan anak, dikarenakan lingkungan itu selalu mengiringi dalam kehidupan anak, dimana anak itu bermain dan belajar ya pasti dilingkungan itu. lingkungan di bagi menjadi 3 (tiga) :
a. keluarga, keluarga sangat menentukan pendidikan bagi anak karena keluarga merupakan faktor utama dalam tumbuh kembang dunia pendidikan anak.
b. masyarakat, masyarakat merupakan faktor lingkungan yang no dua setelah keluarga, karena masyarakat merupakan lingkunga dimana anak itu mulai berinteraksi dengan dunia luar.
c. sekolah, merupakan lingkungan yang mendukung dalam intelegensi anak karena dalam sekolah itu anak dituntut agar kreatif dan diasah intelektualitasnya.
7. Evaluasi
Proses sistematis untuk memberikan nilai atau predikat pada siswa yaitu dengan tes maupun non tes. dengan tes misalnya tes tulis, tes lisan maupun tes tindakan. non tes misalnya dengan menilai tindakan dikelas, minat dan perhatian / keaktifan dikelas.
- menurut saya yang paling penting saat ini yang dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah pendidik, karena pendidik umumnya merujuk pada guru profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi.

umie choirotun mengatakan...

Menurut saya unsur-unsur dalam pendidikan ada 8. Yaitu:
1. Subjek yang dibimbing (peserta didik).
2. Orang yang membimbing (pendidik)
3. Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
4. Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
5. Cara yang digunakan dalam bimbingan ( metode)
6. Tempat dimana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)
7. Kurikulum
8. Tindakan atau proses penilaian (evaluasi)

1. Peserta didik
Peserta didik adalah komponen pendidikan yang ditempatkan sebagai pusat pendidikan, karena anak didik merupakan subjek pendidikan yang masih memerlukan bimbingan. Maka, anak didik tidak sama dengan pendidik. Anak didik belum mampu bersikap dewasa, anak memiliki pola perkembangan sendiri dan memiliki dunianya sendiri, yaitu dunia anak. Dunia anak tidak sama dengan dunia orang dewasa. Jadi seorang pendidik harus memahami karakteristik anak didiknya.
2. Pendidik
Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap palaksanaan pendidikan dan perkembangan potensi yang dimiliki anak didik baik itu potensi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Selain itu seorang guru/pendidik juga bertugas untuk mentransformasikan nilai-nilai keislaman dan ilmu yang dimilikinya kepada peserta didik.
3. Tujuan
Tujuan pendidkan islam adalah tolak ukur dari sebuah proses pendidikan. Adapun tujuan itu antara lain membentuk atau menciptakan pribadi muslim yang seutuhnya berdasarkan al-Qur’an dan sunnah, serta dapat mengabdikan diri sepenuhnya terhadap Tuhan yang Maha Esa.
4. Materi:
Materi adalah sesuatu yang dijadikan sebagai bahan pemikiran atau bahan studi bagi peserta didik. Materi yang diberikan haruslah yang bersifat mendidik dan mudah dipahami oleh peserta didik.
5. Metode
Metode yaitu cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai tujuan tertentu. Karena disini membicarakan masalah pendidikan maka, metode adalah suatu cara yang ditempuh seorang guru untuk memberi paham kepada murid-muridnya dan merubah tingkah lakunya sesuai dengan tujuan pendidikan.
6. Lingkungan
Lingkungan pendidikan biasanya disebut tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

7. Kurikulum
Kurikulum adalah segala bentuk strategi dan kegiatan yang disusun dan disajikan oleh sebuah lembaga pendidikan bagi anak didiknya di dalam dan di luar sekolah, dengan maksud menolngnya untuk berkembang secara menyeluruh dalam segala bidang dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan pendidikan.
8. Evaluasi
Evaluasi berarti suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai atau sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan.atau sebagai alat yang digunakan dalam mengukur kemampuan dan penguasaan yang didapat oleh peserta didik selama mengikuti proses pendidikan.

Adapun unsure yang terpenting bila dikaitkan dengan permasalahan pendidikan saat ini adalah ada pada pendidik atau guru, Keadaan guru di Indonesia amat memprihatinkan. Kebanyakan guru belum memiliki profesionalisme yang memadai untuk menjalankan tugasnya sebagaimana disebut dalam pasal 39 UU No 20/2003. Bukan itu saja, sebagian guru di Indonesia bahkan dinyatakan tidak layak mengajar. Kelayakan mengajar itu jelas berhubungan dengan tingkat pendidikan guru itu sendiri. ada sebagian wilayah khususnya di daerah pedesaan, disana masih banyak kita dapatkan guru yang hanya lulusan SLTA dan setingkatnya.Walaupun guru dan pengajar bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan pendidikan tetapi, pengajaran merupakan titik sentral pendidikan .Sebagai cermin kualitas, tenaga pengajar memberikan andil sangat besar pada kualitas pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya. Kualitas guru dan pengajar yang rendah juga dipengaruhi oleh masih rendahnya tingkat kesejahteraan guru.

FATMIYATI mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
FATMIYATI mengatakan...

Unsur-Unsur Pendidikan
1. Tujuan
Tujuan pendidikan memuat gambaran tentang nilai-nilai luhur, pantas, baik dan indah dalam kehidupan. Tujuan utamanya adalah membentuk manusia yang berkepribadian baik.
2. Pendidik
Tugas Utama Pendidik adalah membentuk dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri peserta didik.
3. Peserta didik
Peserta didik adalah sasaran utama dalam pendidikan yang harus dididik sebaik mungkin.
4. Kurikulum
Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang merangkum semua pengalaman dan kegiatan belajar yang dibuat oleh Guru, disediakan bagi siswa di sekolah.
5. Strategi dan metode
Strategi dan metode adalah cara yang digunakan oleh pendidik dalampembelajaran agar peserta fdidik merasa nyaman dan tidak jenuh.
6. Evaluasi
Evaluasi merupakan penilaian terhadap hasil yang sudah dicapai oleh peserta didik. Evaluasi dapat dilakukan pada akhir pemnbelajaran.
7. Media
Media adalah sarana yang dipergunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Media ini dapat berupa media audio, media visual dan media audio visual.
Yang paling disoroti akhir-akhir ini berkaitan dengan permasalahan pendidikan mutakhir ada pada pendidik. Hal ini karena pendidik mempunyai peran yang penting dalam pendidikan karena nantinya akan menentukan kualitas dan kuantitas dari peserta didik. Maka dari itu seorang pendidik harus mampu menjadi pendidik yang professional dan mengikuti perkembangan IPTEK.

esty... mengatakan...

Esti Setyaningsih
07410355

Unsur-unsur pendidikan islam menurut saya ada 7,diantaranya:

1. Tujuan
Tujuan adalah apa yang dicanangkan oleh manusia.Sedangkan tujuan pendidikan islam dibagi menjadi 2,yaitu:
a). Tujuan umum pendidikan islam,diantaranya:
~ untuk membantu pembentukan akhlak yang mulia
~ persiapan untuk kehidupan dunia dan kehidupan diakhirat
~ membentuk jiwa baik pada pelajar dan memuaskan keinginan arti untuk mengetahui
b). Tujuan khusus pendidikan islam,diantaranya:
~ memperkenalkan ajaran islam kepada generasi muda
~ memupuk rasa keimanan kepada Allah
~ membersihkan diri dengan sifat-sifat baik
~ menambah pengetahuan dalam adab dan pengetahuan keagamaan

2. Pendidik
Pendidik adalah orang yang bertanggungjawab membantu peserta didik berkembang ketingkat yang normatif lebih baik.
Syarat pendidik dalam pendidikan islam yaitu;
~ kedewasaan
~ identifikasi norma
~ identifikasi dengan anak
~ knowledge
~ skill (keahlian)
~ attitude
Sedangkan tugas seorang pendidik yaitu;
~ mengetahui karakter peserta didik
~ bisa mengembangkan keahlian
~ mengamalkan ilmunya

3. Peserta didik
Peserta didik sebagai komponen pendidikan yang tidak bisa terlepas dari sistem pendidikan,sehingga ada aliran pendidikan yang menempatkan peserta didik sebagai pusat segala usaha pendidikan.Sifat-sifat umum peserta didik,yaitu;
~ perbedaan individual
~ perbedaan pengalaman
~ perbedaan kronologis usaha
~ perbedaan kemauan keinginan
Sedangkan tugas seorang peserta didik,yaitu;
~ membersihkan hatinya sebelum belajar
~ memiliki sikap yang baik
~ memiliki kemauan yang kuat untuk menuntut ilmu
~ wajib menghormati pendidik
~ sungguh-sungguh dan tabah dalam belajar

4. Strategi dan metode
Strategi adalah sesuatu yang direncanakan dalam sebuah proses pendidikan,agar pembelajaran berjalan dengan baik.
Sedang metode adalah bagian dari ilmu pendidikan islam yang membahas tentang bagaimana cara menempuh proses pendidikan islam yang efektif untuk mencapai tujuan.
Jenis2 metodenya yaitu;
~ metode hiwar
~ metode kisah
~ metode amtsal
~ metode teladan
~ metode pembiasaan diri dan pengalaman
~ metode ibrah dan mau'idzah
~ metode targhib dan tarhib

5. Kurikulum
Kurikulum adalah jalan terang yang dilalui pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan,sikap maupun ketrampilan.
Ada 4 asas dalam pengembangan kurikulum pendidikan islam;
~ asas agama
~ asas falsafah
~ asas psikologi,dan
~ asas sosial

6. Evaluasi
Evaluasi pendidikan islam yaitu proses dan tindakan untuk menilai dan menentukan produktifitas pendidikan pada umumnya,dan produktifitas pembelajaran khususnya.
Prinsip evaluasi pendidikan islam,yaitu;
~ obyektif
~ kontinyu (berkesinambungan)
~ menyeluruh
~ individualitas
~ kooperatif
Sedang fungsi evaluasi yaitu;
~ umpan balik bagi siswa untuk memperbaiki hasil belajarnya
~ memantau kemajuan dan mendiagnosis kemampuan belajar siswa
~ memberikan masukan bagi guru untuk memperbaiki program pembelajarannya
~ memberikan informasi yang lebih komunikatif

7. Lingkungan
Lingkungan adalah sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan peserta didik.Apabila lingkungan yang melatarbelakangi perkembangan peserta didik itu kondusif secara maksimal,maka akan terjadi perkembangan yang positif.Dan sebaliknya apabila lingkungan destruktif,maka akan terjadi perkembangan yang negatif.

Dan menurut saya yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan mutakhir adalah unsur lingkungan.Karena lingkungan adalah unsur yang paling mendukung didalam pendidikan islam.Walaupun pendidik didalam kelas (pembelajaran) sudah menggunakan strategi dan metode yang baik,akan tetapi itu semua tidak akan berhasil tanpa unsur lingkungan yang mendukung.Dengan lingkungan yang baik,maka seorang peserta didik otomatis akan menjadi baik juga.Tapi sebaliknya,apabila disuatu masyarakat yang lingkungan kurang baik,maka seorang peserta didik juga akan menjadi kurang baik akhlaknya.Jadi menurut saya,lingkunganlah yang paling penting didalam suatu pendidikan islam.

ZAHRA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
ZAHRA mengatakan...

Miftachul Zuhroh
07410138
Kelas B

Unsur-unsur pendidikan islam ada 9, yaitu :
1. Tujuan pendidikan islam
Tujuan pendidikan islam diartikan sebagai suatu kondisi ideal yang akan dicapai peserta didik. Pendidikan islam adalah upaya sadar yang terstruktur, terprogram, dan sistematis, yang bertujuan mengembangkan manusia yang:
a. Berkepribadian islam
b. Menguasai tsaqafah islam,
c. Menguasai ilmu kehidupan (sain teknologi dan seni), yang selalu menyelesaikan masalah kehidupan sesuai dengan syariat islam.

2. Pendidik
Dalam pendidikan Islam, unsur pendidik sangat penting keberadaannya dalam rangka mengarahkan peserta didiknya ke arah tujuan yang telah direncanakan. Tentunya dalam melaksanakan tugasnya seorang guru memenuhi kriteria-kriteria yang itu merupakan syarat dari pendidikan islam baik itu secara fisik, mental, pengetahuan maupun ketrampilan.

3.Peserta Didik
Peserta didik merupakan komponen pendidikan yang tidak bisa terlepas dari pendidikan, jika sudah ada pendidik tapi tidak ada peserta didik maka tidak ada gunanya lagi, kepada sipa ia akan mengajarkan. Menurut Al-Ghazali ada beberapa etika peserta didik terhadap pendidik, diantaranya: jika berkunjung kepada Guru harus menghormati dan menyampaikan salam terlebih dahulu, jangan banyak bicra di hadapan Guru.

4. Kurikulum
Dalam kurikulum terdapat 3 konsep pokok yaitu
a. Kurikulum sebagai substansi, yang terdiri dari dua unsur juga yaitu berupa dokumen dan rencana.
b. Kurikulum sebagai system, yaitu kurikulum merupakan rangkaian struktur yang harus dilalui oleh peserta didik dan unsur-unsur yang terkait.
c. Kurikulum sebagai bidang studi yaitu kurikulum yang merupakan bagian dari sebuah ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun.

5. Strategi dan Metode
a.metode hiwar -> dialog ttg suatu topik
b.metode kisah -> menceritakan suatu kisah untuk diteladani
c.metode amtsal -> menggunakan perumpamaan supaya mudah diingat
d.metode teladan -> metode ini digunakan karena anak cenderung meneladani pendidiknya
e.metode pembiasaan -> inti pembiasaan adl pengulangan, agar anak terbiasa dg hal-hal baik
f.metode targhib -> janji thd kesenangan, kenikmatan akhirat yg disertai bujukan
metode tarhib -> ancaman karena dosa yang dilakukan
g.metode 'ibrah -> penyampaian sesuatu dari apa yg disaksikan/dihadapi dg menggunakan nalar yg menyebabkan hati mengakuinya
metode mau'izah -> nasehat yg lembut yg diterima oleh hati dg cara menjelaskan pahala dan ancamannya.

6. Lingkungan
disini dibagi jadi tiga bagian, yaitu:
Lingkungan keluarga
Lingkungan sekolah, dan
Lingkungan masyarakat,
dari sekian macam lingkungan yang paling berperan dalam dunia pendidikan adalah lingkungan keluarga.
Peran yang sangat penting dalam hal ini adalah METODE, karena dengan metode kita dapat menyesuaikan dengan peserta didik sesuai dengan zaman yang terus berjalan.

7. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengetahui penguasaan peserta dididk terhadap materi yang telah diajarkan yaitu melalui tes ataupun penilaian secara perilaku.evaluasi jg merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa.

8. Media
Alat yng digunakan untuk membantu pembelajaran.Sehingga siswa dapt termotivasi dan berminat dalam proses pembelajaran. medi pembelajaran ada 3 yaitu audio, visual dan audio visual.

9. Biaya
Dalam proses pendidikan biaya merupakan hal yang penting, meskipun sudah berdiri sekolah gratis, tapi saya yakin walaupun sedikit biaya pasti akan dikeluarkan untuuk prioses pendidikan. Biaya itu diperlukan untuk (1)pengadaan alat-alat, (2)gaji guru dan pegawai, dan (3) pemeliharaan alat-alat.

Menurut saya yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah pendidik. Hal ini dikarenakan suatu KBM dapat terlaksana dengan baik jika sang pendidik menguasai materi yang akan disampaikan. Selain itu dia juga harus mampu menciptakan strategi-strategi pembelajaran yang mudah diterima oleh peserta didik.

WAHYUNI mengatakan...

Menurut saya unsur-unsur pendidikan islam ada 9 ;
1. Tujuan Pendidikan
tujuan merupakan standar usaha yang dapat di tentukan serta mengarahkan usaha yang akan dilalui dan merupakn titik pangkal untuk mencapai tujuan lain. tujuan pendidikan islam pada hakekat nya adalah realisasi dari cita-cita ajaran islam itu sendiri yang membawa misi bagi kesejahteraan umat manusia di dunia dan akhirat.

2. Pendidik
pendidik adalah orng yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik baik kognitif,afektif maupun psikomotorik. Pendidik dituntut memiliki 4 kompetensi yaitu :pedagogi,profesional, sosial dan kepribadian. Dalam proses belajar mengajar seorang pendidik harus sedapat mungkin memahami hakekat peserta didiknya baik sebagai subyek dan obyek pendidik.

3. Peserta didik
peserta didik adalah mahkluk yang sedang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrah masing-masing sangat memerlukan bimbingan dan pengarahan yg konsisten menuju kearah titik optimal kemampuan fitrahnya. peserta didik mempunyai potensi yaitu akal. jasmani, rohani dan sosial. untuk itu pendidik dituntut untuk mengembangkan potensi tersebut

4. Kurikulum
komponen kurilukum dalam pendidikan sangat berarti karena merupakan operasionalisasi tujuan yang di cita-citakan bahakn tujuan tidak akan tercapai tanpa keterlibatan kurikulum pendidikan. Kurikulum adalah seperangkat perencanaan dan media untuk mengantar lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang diinginkan.

5. Strategi dan Metode
strategi merupakan serangkain pola-pola kegiatan atau proses baik pendidik maupun peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yg efektif dan efisien. Sedang metode adalah prosedur umum dalam penyampaian materi untuk mencapai tujuan pendidikan yang didasarkan atas asumsi tertentu tentang hakekat islam sebagai sebuah sistem.
Dalam pelaksanaan pendidikan Islam dibutuhkan adanya metode yang tepat guna menghantar tercapainya tujuan pendidikan.

6. Evaluasi
evaluasi pendidikan Islam adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu aktivitas di dalam pendidikan Islam.

7. Lingkungan
suatu proses pendidikan tidak bisa lapas oleh lingkungan. Lingkungan sangat berpengaruh dlm pendidikan, lingkungan di bagi menjadi 3: lingkungan luar/alam, lingkungan dalam dan lingkungan sosial. lingkungan yg mendukung akan membantu keberhasilan suatu pendidikan.

8. Sarana dan prasarana
Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai akan mempengaruhi keberhasilan suatu pendidikan.
Pengadaan sarana dan prasarana sangat berkaitan dengan biaya. pendidikan tidak bisa di pisahkan oleh biaya.

9. Sumber Belajar
sumber belajar pendidikan islam tidak hanya di kelas atau teks-teks saja tetapi realita yg ada serta alam ini bisa dijadikan sumber belajar.


unsur yang paling penting adalah pendidik, karena dengan pendidik yang kompeten akan berpengaruh terhadap pembelajaran, metode dan strategi yang di gunakan, kurikulum maupun tujuan pendidikan. problemnya adalah bagaimana menjadikan pendidik atau guru yg inspiratif bukan guru kurikulum yang hanya menjadi budak kurikulum. guru inspiratif mempunyai ide-ide yang selalu inovatif untuk pendidikan dan kreatif dalam pembelajaran sehingga tujuan pendidikan dapat tecapai sesuai dengan apa yang di inginkan. Tuntutan penguasaan kompetensi seperti kompetensi pedagogi, profesional, sosial serta kepribadian merupakan salah satu solusi untuk menjadikan pendidik/ guru yang inspiratif.

swb mengatakan...

NAMA : SRI WAHYU BUDAYAH
NIM : 07410359

Unsur-unsur pendidikan islam ada 10 yaitu:
Tujuan
Tujuan pendidikan Islam ada dua yaitu;
Tujuan umum: Tujuan yang berada jauh dari masa sekarang, sebuah hasil pencapaian yang tidak dapat terlaksanamelalui sekali kerja. Misalnya, membantu pembentukan akhlak yang mulia. Tujuan khusus: Perubahan-perubahan yang diingini bersifat cabang/ bagian yang termasuk di bawah tujuan umum pendidikan. Misalnya, menumbuhkan rasa rela, dan optimisme.

Pendidik
Pendidik adalah mengantarkan anak didik pada tujuan yang telah ditentukan, bersama komponen yang lain terkait dengan lebih bersifat komplementatif. Pendidik yang dimaksud disini yaitu mencakup al mu'allim (guru), al-mudarris (pengajar), al-muaddab (pendidik),dan al-walid (orang tua.

Peserta Didik
Anak didik merupakan makhluk yang memiliki aktivitas dan kreatifitas sendiri (daya cipta), sehingga dalam proses pendidikan pendidik tidak boleh memandang anak didik sebagai objek pasif tetapi sebagai subjek aktif dan kreatif yang bereaksi terhadap lingkungan secara selektif.

Lingkungan
Dalam dunia pendidikan Islam lebih dekat kepada teori konvergensi yang ditawarkan oleh Williem Stern daripada teori nativisme dan empirisme. Apa bila lingkungan yang melatarbelakangi peserta didik itu lebih kondusif dalam mengembangkan fitrah (potensi) secara maksimal, maka kan terjadi perkembangan yang positif. Apabila lingkungan yang melatarbelakangi perkembangan peserta didik itu destruktif maka sebaliknya yaitu perkembangan negatif.

Metode (Strategi)
Menurut Athiyah al-Abrasy metode merupakan jalan yang kita ikuti dengan memberi faham kepada murid-murid segala macam pelajaran, dalam segala macam mata pelajaran. Misalnya metode khiwar, ibrah dan mauidhah dan lain-lain.

Kurikulum
Menurut para ahli pendidikan modern, kurikulum adalah pengalaman belajar, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Kurikulum ini berfungsi sebagai instrumen/ jembatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yang bermanfaat bagi peserta didik, guru, kepala sekolah, orang tua, sekolah , masyarakat, dan para alumnus.

Evaluasi
Evaluasi merupakan cara/ teknik penilaian terhadap tingkah laku anak didik berdasarkan standar perhitungan yang bersifat komprenhensif dari seluruh aspek-aspek mental psikologis dan spiritual religius. Karena pendidikan Islam bukan sosok pribadi yang hanya bersifat religius., melainkan juga berilmu dan berketrampilan yang sanggup beramal dan berbakti kepada Tuhan dan masyarakat.

Sarana dan prasarana
Sarana pendidikan merupakan semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien.

Biaya
Biaya merupakan fasilitas yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan pendidikan baik yang terkait dengan kurikulum maupun ekstrakurikuler, termasuk biaya gedung, gaji guru dan lain-lain.

Sumber belajar
Sumber belajar merupakan hal-hal yang mendukung kelancaran dalam proses pendidikan baik berupa media cetak maupun media elektronik.

Dari kesekian banyaknya unsur pendidikan menurut saya yang paling penting bila dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah masalah kurikulum.Kurikulum yang berganti-ganti mulai dari kurikulum 1994, KBK, KTSP ini membingungkan bagi pendidik maupun peserta didik.Perubahan kurikulum ternyata tidak selamanya berdampak positif, misalnya kelulusan siswa ditentukan oleh beberapa mata pelajaran saja yang ditunjukkan dalam UAN padahal dalam kurikulum KBK maupun KTSP kita tahu bahwa setiap siswa itu memiliki potensi yang berbeda-beda, ada yang mampu dalam berbicara lewat diskusi, ada yang mampu lewat tulisan, tetapi ada juga yang mampu menangkapa pelajaran itu bila langsung dipraktekkan di lapangan, atau lebig dikenal dengan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik . Sehingga hal ini dirasa tidak adil bagi para siswa yang memang mempunyai potensi bukan lewat tulisan dan hanya menguasai beberapa mata pelajaran.

IKA RATRI mengatakan...

Ika ratri nofita sari
07410189

Unsur-unsur pendidikan yang paling pokok menurut saya ada 5:
1. Tujuan
tujuan pendidikan merupakan sesuatu yang ingin dicapai dari kegiatan pendidikan.
2. Pendidik
Orang yang mengajarkan atau memberikan ilmunya pada orang lain yang belum tahu supaya menjadi tahu dan ilmu yang diperoleh itu bisa bermanfaat.
3. Anak didik (peserta didik)
Pada hakikatnya peserta didik adalah manusia yang memiliki fitrah dan kemampuan yang harus dikembangkan melalui proses pendidikan.
4. Metode dan strategi.
Merupakan cara yang berfungsi untuk membimbing peserta didik sesuai dengan perkem,bangannya ke arah tujuan yang ingin dicapai.
5. Lingkungan
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar anak-anak. Meliputi Lingkungan keluarga, sekolah, masyrakat.

Klima unsur tersebut sering disebut demngan faktor pendidikan.
Adapun unsur lain yang mendudkung pendidikan yaitu :

a. Kurikulum
Acuan atau landasan dalam pendidikan
b. Evaluasi
Merupakan sutu proses yang berlangsung dalam rangka menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia pendidikan.
c. Sarana Prasarana Pendidikan.
d. Biaya.
e. Pengelolaan.
f. Sumber belajar.


Menurut saya, yang paling berperan dalam mewujudkan pendidikan yang mutakhir yaitu Tujuan Pendidikan, Karena apabila setiap pendidik dan anak didik paham akan tujuan pendidikan yang ingin dicapai, dan mereka sadar akan tugas dan kewajibannya maka segla proses pendidikan itu akan berjalan sesuai yang diharapkan.

Asma' mengatakan...

Asma’ Nurul Istiqomah
07410221

Ada 11 unsur pendidikan Islam
1. Tujuan
Sesuatu yang ingin dicapai dari pendidikan
2. Pendidik
Orang yang membrikan ilmu pada orang yang belum tahu agar tahu
3. Peserta didik
Manusia yang punya fitrah dan kemampuan yang bisa dikembangkan melalui pendidikan
4. Kurikulum
Suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar
5. Strategi dan metode
Alat untuk mencapai tujuan
6. evaluasi
sebagai proses pengukuran dan pembandingangan daripada hasil-hasil pekerjaan yang nyatanya dicapai
7. Lingkungan
Segala sesuatu yang ada di sekeliling anak didik
8. Sarana dan prasarana
Perlengkapan yang wajib dimiliki setiap satuan pendidikan
9. Biaya
10. Pengelolaan
11. Sumber belajar

Unsur yang saai ini paling penting jika dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir yaitu strategi dan metode karena dengan strategi dan metode, pendidikan akan berhasil, sekalipun kurikulumnya tidak tepat, tetapi jika strategi dan metodenya tepat, pasti akan berjalan lancar.

musonif mengatakan...

Nama : Musonif Efendi
NIM : 07410044
Menurut saya unsur-unsur pendidikan islam itu ada 9 antara lain:

A. ASAS
Islam mengatakan bahwa Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Alquran ini juga dipandang sebagai keagungan dan penjelasan, namun juga sering kali disebut sebagai petunjuk dan buku. Alquran berisi segala hal mengenai petunjuk yang membawa hidup manusia bahagia di dunia dan bahagia di akhirat kelak. Kandungan yang ada di dalam Alquran meliputi segala hal sebagaimana difirmankan Allah SWT “tidak kami luputkan dalam kitab itu segala sesuatu” (QS.6:38).

B. TUJUAN
Sesuai dengan Alquran disebutkan filosofis pendidikan islam bertujuan sesuai dengan hakikat penciptaan manusia yaitu agar manusia menjadi pengabdi Allah yang patuh dan setia (QS.51:56).
Tujuan pendidikan diharapkan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dalam Alquran dan hadis. Peranan tujuan sangat penting sebab menentukan arah proses belajar mengajar.

C. MATERI
Materi (atau bahan) pelajaran dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan. Materi pelajaran memiliki sifat-sifat, yang dapat dikategorikan:
a. Fakta
b. Konsep.
c. Prinsip
d. Nilai
e. Keterampilan
f. Prosedur

D. SUBJEK
Yang dimaksud subjek di sini adalah pendidik atau guru. Hamalik dalam bukunya menyebutkan bahwa guru adalah jabatan profesional yang memerlukan berbagai keahlian khusus. Sebagai suatu profesi, maka harus memenuhi kriteria profesional, (hasil lokakarya pembinaan Kurikulum Pendidikan Guru UPI Bandung) sebagai berikut:
a. Fisik
b. mental/kepribadian
c. keilmiahan/pengetahuan
d. keterampilan

E. OBJEK
Yang dimaksud objek dalam sistem pembelajaran adalah peserta didik. Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan. Oleh sebab itu dalam memahami hakikat peserta didik, para pendidik perlu dilengkapi pemahaman tentang ciri-ciri umum peserta didik.

F. METODE
Metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Jenis-jenis metode mengajar antara lain:
a. metode ceramah, b. Metode tanya jawab atau dialog, c. Metode diskusi, d. Metode tugas atau resitasi, e. Metode kerja kelompok, f. Metode demonstrasi atau eksperimen dan lain sebagainya.

G. MEDIA
Media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan atau informasi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. atau media pembelajaran dapat disebut juga sebagai sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran. dengan kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, sehingga terjadi proses belajar. Media pembelajaran dibagi menjadi tiga, yaitu:
a. media audio
b. Media visual
c. media audio visual

H. EVALUASI
Evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa. Jenis instrumen evaluasi adalah sebagai berikut:
a. tes, dibagi menjadi tiga, yaitu:
1. tes tulis
2. tes lisan (tes lisan kelompok maupun individu)
3. tes tindakan (baik kelompok maupun perorangan)

I. LINGKUNGAN
Sartain (seorang ahli psikologi Amerika) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan lingkungan meliputi semua kondisi dalam dunia ini yang dengan cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan, perkembangan kita kecuali gen-gen. Dia membagi lingkungan menjadi tiga bagian sebagai berikut:
- lingkungan alam atau luar
- Lingkungan dalam
- lingkungan sosial

.......................

Dari ke 9 unsur di atas, seluruhnya memang tidak bisa di pisahkan, akan tetapi jika melihat realita di era Mutakhir sekarang ini metode dan strategilah yang menjadi hal paling penting dalam pendidikan, karena ketika metode yang digunakan tidak nyaman, tidak sesuai dengan tujuan, tidak memberikan motivasi kepada siswa, tidak sesuai dengan zaman yang di hadapi, maka tujuan pendidikan tidak akan tercapai.

alif mengatakan...

Nama : Alif Kurnia Ramadlan
NIM : 07410010

UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN MENURUT SAYA ADA 7 YAITU:
1. Peserta Didik
Peserta didik berstatus sebagai subjek didik. Pandangan modern cenderung menyebutkan demikian oleh karena peserta didik adalah subjek atau pribadi yang otonom, yang ingin diakui keberadaannya.
Ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah:
a. Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang khas, sehingga merupakan insan yang unik.
b. Individu yang sedang berkembang.
c. Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi.
d. Individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.
2. Orang yang membimbing (pendidik)
Yang dimaksud pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik. Peserta didik mengalami pendidikannya dalam tiga lingkungan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sebab itu yang bertanggung jawab terhadap pendidikan ialah orang tua, guru, pemimpin program pembelajaran, latihan, dan masyarakat.
3. Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
Interaksi edukatif pada dasarnya adalah komunikasi timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang terarah kepada tujuan pendidikan. Pencapaian tujuan pendidikan secara optimal ditempuh melalui proses berkomunikasi intensif dengan manipulasi isi, metode, serta alat-alat pendidikan.
4. Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
a. Alat dan Metode
Alat dan metode diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan ataupun diadakan dengan sengaja untuk mencapai tujuan pendidikan. Secara khusus alat melihat jenisnya sedangkan metode melihat efisiensi dan efektifitasnya. Alat pendidikan dibedakan atas alat yang preventif dan yang kuratif.
b. Tempat Peristiwa Bimbingan Berlangsung (lingkungan pendidikan)
Lingkungan pendidikan biasanya disebut tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
5.Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
Materi adalah sesuatu yang dijadikan sebagai bahan pemikiran atau bahan studi bagi peserta didik. Materi yang diberikan haruslah yang bersifat mendidik dan mudah dipahami oleh peserta didik.
6.Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
yaitu bagian dari ilmu pendidikan islam yang berfungsi memberikan acuan tentang bagaimana cara mencapai tujuan pendidikan islam.
7. Tempat dimana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)
Lingkungan pendidikan biasanya disebut tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

Dari ke 7 unsur tersebut menurut pendapat saya yang paling berperan adalah pendidik, karena pendidik merupakan basis penentu sebagai subjek pendidikan dan sebagai petunjuk dalam meningkatkan potensi untuk mencerdaskan anak didik dalam proses pembelajaran serta diharapkan mampu menghasilkan peserta didik yang dapat menyelesaikan problematika di era mutakhir. Pendidik juga sangat penting dan berpengaruh di bandingkan dengan unsur-unsur yang lain.

qalkasandi mengatakan...

Nama: QALKASANDI
Nim : 07410112
Adapun menurut saya unsur-unsur pendidikan islam ada 11, yaitu:
1. Tujuan
Tujuan pendidikan yakni suatu sasaran yang hendak dituju oleh aktivitas pendidikan.
Tujuan pendidikan Islam menurut:
a) Al-Attas: membentuk manusia yang baik.
b) Marimba : terbentuknya orang yang berkepribadian muslim.
c) Al-Abrasyi: menghendaki manusia memiliki akhlak yang mulia.
d) Munir Mursyi: membentuk manusia yang sempurna.
e) Abdul Fattah Jalal: terwujudnya manusia sebagai hamba Allah.
f) M. Quthb: membentuk manusia yang bertaqwa.
g) Konferensi Dunia Pertama tentang Pendidikan Islam (1977): membentuk manusia yang menyerahkan diri secara mutlak kepada Allah.
h) Para ahli pendidikan Islam: membentuk manusia yang baik yaitu manusia yang beribadah kepada Allah.
Jadi, tujuan pendidikan Islam itu secara umum adalah membentuk muslim yan g sempurna, atau manusia yang bertaqwa, atau manusia beriman, atau manusia yang beribadah kepada Allah.
2. Pendidik
Dalam pendidikan islam islam unsur pendidik sangatlah penting keberadaannya dalam rangka mengarahkan peserta didiknya ke arah tujuan yang telah direncanakan. tentunya dalam melaksanakan tugasnya seorang guru memenuhi kriteria-kriteria yang itu merupakan syarat dari pendidikan islam baik itu secara fisik, mental, pengetahuan maupun ketrampilan.
3. Peserta Didik
Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan. Oleh sebab itu dalam memahami hakikat peserta didik, para pendidik perlu dilengkapi pemahaman tentang ciri-ciri umum peserta didik.
4. Kurikulum
Kurikulum merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar atau sejumlah pengalaman siswa yang berlaku disekolah dan berada dibawah tanggungjawabnya. Kurikulum merupakan suatu instrumen untuk mencapai. Olek karena itu, hasilnya harus dapat memenuhi tujuan yang dikehendaki.
5. Strategi & Metode
yaitu cara yang digunakan oleh pendidik untuk menyapaikan materi pada peserta didik, kesesuaian strategi dan metode pengajaran sangat menentukan keberhasilan penguasaan materi yang ditangkap oleh peserta didik.

6. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengetahui penguasaan peserta dididk terhadap materi yang telah diajarkan yaitu melalui tes ataupun penilaian secara perilaku.evaluasi jg merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa.
7. Lingkungan (Milieu)
Lingkungan adalah sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangaan anak didik. Islam yang mengakui bahwa fitrah manusia itu merupakan dua hal yang selalu bertentangan satu sama lainnya, yaitu fitrah untuk berbuat baik dan berbuat jahat, dalam kondisi yang demikian lingkungan merupakan saran untuk mengembangkan fitrah tersebut.
8. Sarana & Prasarana
Unsur yang juga penting yaitu sarana dan prasaran yang mendukung. Apa jadinya jika suatu konsep pendidikan bagus akan tetapi sarana dan prasaran tidak mendukung dari konsep itu sendiri.
Hal ini juga terkait dengan biaya, pengelolaan dan sumber belajar yang memadai.
9. Biaya
Biaya juga mempengaruhi dalam unsur pendidikan. Karena dengan biayalah akan mempermudah adanya sarana dan prasarana dari pendidikan itu sendiri.
10. Pengelolaan
Pengelolaan juga merupakan salah satu dari unsur pendidikan. Dengan pengelolaan baik pada proses pendidikan maupun pengelolaan sarana dan prasarana dari pendidikan juga akan meningkatkan kualitas pendidikan yang baik pula.
11. Sumber Belajar
sumber belajar pendidikan islam tidak hanya di kelas atau teks-teks saja tetapi realita yg ada serta alam ini bisa dijadikan sumber belajar.
Komentar:
Menurut saya
unsur pendidikan islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah unsur lingkungan karena lingkungan adalah aspek yang paling mendukung dalam dunia pendidikan, dan lingkungan juga tempat peserta didik belajar secara insidental (kadang-kadang) dan aksidental (kebetulan).

mur_tina87 mengatakan...

Nama : Murtina
Nim : 07410113
menurut saya unsur-unsur pendidikan islam ada 11, yaitu:
1. Tujuan
Tujuan pendidikan islam adalah untuk membentuk perilaku peserta didik agar bisa patuh dan taat terhadap Allah,serta membentuk manusia agar menjadi pribadi yang berkualitas baik secara moral maupun spiritual,serta mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan bakat yang mereka minat.

2. Pendidik
pendidik dalam Islam adalah semua yang berpartisipasi dalam mengembangkan potensi peserta didik dan yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik.

3. Peserta Didik
Peserta didik adalah sasaran dan sekaligus sebagai subjek dalam suatu pendidikan,tanpa adanya peserta didik tentu suatu pendidikan tidak akan berjalan, karna tidak ada sasaran yang akan dijadikan subjek dalam pendidikan tesebut.

4. Kurikulum
merupakan suatu acuan penting maupun suatu landasan dalam pendidikan,sedangkan menurut pandangan modern semua pengalaman belajar dapat dikatakan sebagai kurikulum.

5. Strategi&metode
yaitu cara yang digunakan oleh pendidik untuk menyapaikan materi pada peserta didik, kesesuaian stratgi dan metode pengajaran sangat menentukan keberhasilan penguasaan materi yang ditangkap oleh peserta didik.

6. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengetahui penguasaan peserta dididk terhadap materi yang telah diajarkan yaitu melalui tes ataupun penilaian secara perilaku.evaluasi jg merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa.

7. Lingkungan
Dalam dunia pendidikan lingkungan disini Dibagi Atas 3 Bagian yaitu:
a) Lingkungan Alam Atau Luar
Lingkungan alam atau luar adalah segala sesuatu selain manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
b) Lingkungan Dalam
Lingkungan dalam merupakan segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita.
c) Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial merupakan semua komponen(orang atau manusia lain )yang mempengaruhi kita.

8. Sarana&prasarana
merupakan segala sesuatu yang digunakan pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pendidikan.

9. Biaya
Dalam proses pendidikan biaya merupakan hal yang penting, meskipun sudah berdiri sekolah gratis, tapi saya yakin walaupun sedikit biaya pasti akan dikeluarkan untuuk prioses pendidikan. Biaya itu diperlukan untuk (1)pengadaan alat-alat, (2)gaji guru dan pegawai, dan (3) pemeliharaan alat-alat.

10.Pengelolaan
adalah segala usaha yang dilakukan guna memelihara dan meningkatkan kualitas seluruh sarana dan prasarana serta proses dalam lingkungan sekolah.

11.Sumber Belajar
Sumber belajar bisa kita dapatkan dari berbagai media, tidak harus dari buku, Dalam menetapkan bahan pengajaran materi harus sesuai dengan fakta,konsep, prinsip, prosedur, prinsip, nilai, dan ketrampilan.
Materi yakni suatu bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang mana dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapka disamping itu materi tersebut harus relevan dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

dari unsur pendidikan yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah unsur pendidik karena pendidik merupakan orang yang bertanggung jawab membantu peserta didik berkembang ke tingkat yang normatif lebih tinggi.

mustaghfiri mengatakan...

Nama : Moh Mustaghfiri
NIM : 07410144
Kelas : A

Unsur-unsur pendidikan islam ada 7
1)Tujuan
Tujuan pendidikan islam itu mempunyai banyak indicator. Dalam lembaga pendidikan antara satu dengan yang lain, itu mempunyai tujuan dan maksud yang sama. Tetapi yang membedakan adalah proses/metode dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan tersebut. Dan tujuan itu sangat penting karena merupakan cita-cita sebuah lembaga pendidikan
2)Pendidik
Peranan pendidik dalam pendidikan tidak kalah pentingnya dengan tujuan. karena pendidik merupakan seorang yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan, dalam arti tanpa pendidik pendidikan itu pasti tidak akan muncul. Dan pendidik yang baik dan diharapkan oleh peserta didika adalah pendidika yang kreatif dan menyenangkan..
3)pesertaa didik
Dalam pendidikan pasti ada pendidik dan peserta didik. Dengan adanya peserta didik, pendidik diharapkan dapat melayani peserta didik secara maksimal dalam hal pendidikan. Selain itu, penddik harus dapat membaca dengan cermat, apa yang di inginkan peserta didik dalam pendidikan, dan pendidik harus dapat mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Untuk itu diperlikan guru yang kreatif dan engetahui bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa.
4)Kurikulum
Kurikilum merupakan suatu alat untuk mencapai suatu tujuan. Dengan kurikilum ini, guru dapat berjalan untuk menyampaikan pelajaran-pelajaran yang telah disusun dalam kurikulum.
5)strategi dan metode
strategi dan metode juga merupakan hal yang terpenting dalam pendidikan. Dalam hal ini pendidikan memerlukan pendidik yang kreatif, berwawasan luas dan professional. Karena pendidik itu harus mengetahui ap ayang diiginkan peserta didik dalam pembelajaran. Dan pendidik harus dapat menerapkan strategi dan metode yang tepat dalam pembelajaran supaya anak dapat memahami pelajaran.
6)Evaluasi
Untuk mengukur dan mengetahui apakah tujuan yang diharapkan sebuah lembaga pendidikan itu berhasil / belum berhasil, atau apakah program yang direncanakan itu, berjalan / tidak berjalan maka diperlukan evaluasi dalam pembelajaran. Dengan evaluasi kita dapat mengetahui kemajuan/perkembangan peserta didik..
7)sarana prasarana
Untuk mengembangkan potensi peserta didik diprlukan sapras yang memadai dan mendukung. Karena kalau sapras tidak memadai dan mendukung dapat menghambat perkembangan peserta didik.

Komentar
Dalam dunia pendidikan sebenarnya yang perlu diperhatikan lebih dalam itu pendidiknya. Pendidik yang kreatif dan professional dapat menjadikan peserta didik menjadi senang belajar. Disamping itu, kita harus jeli dalam memilih pendidik. Karena pendidik itu, dijadikan tauladan/contoh bagi peserta didik. Jadi yang harus diperhatikan dalam pendidikan adalah pendidik.

olik mengatakan...

NAMA : KHOLID UDIN
NIM : 07410191
JURUSAN : PAI E/5
KLS : A


Menurut saya unsur-unsur pendidikan islam itu ada 5, yaitu :
1. Asas pendidikan
2. Tujuan
3. Pendidik
4. Anak didik
5. Metode
6. Kurikulum
7. Lingkungan pendidikan
8. Media pendidikan
1.Asas pendidikan.
dalam ajaran isalm asas dasar yang digunakan adalah alquran dan hadis.
2. Tujuan pendidikan islam.
tujuan pendidikan islam yaitu menjadikan anak didik agar berahlak mulia, menjadi orang yang sukses dalam dunia dan akhirat.
3. Pendidik
pendidik merupakan orang yang mengarahkan peserta didiknya ke arah tujuan yang telah direncanakan.
4. Anak didik
Anak didik yaitu sasaran dari pada pendidikan itu sendiri
5.Metode
Metode yaitu cara yang digunakan oleh seorang pendidik dalam menyampaikan materi pendidikan, agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan maksimal.
6. Kurikulum
Kurikulum yaitu konsep yang harus digunakan agar proses pendidikan berjalan dengan maksimal.
7. Lingkungan pendidikan
lingkungan pendidikan sangatlah berpengaruh bagi pesertadidik.
8. media pendidikan
Media pembelajaran yaitu sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi.

Menurut saya Unsur pendidikan Islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah MEDIA PENDIDIKAN. karena media merupakan suatu fasilitas penyampaian informasi pendidikan yang harus mengikuti perkembangan jaman. agar dalam suatu proses pembelajaran siswa dapat menerima informasi dengan efisien. contoh: perubahan dari papantulis kapur berubah menggunakan white board, dan berkembang menggunakan LCD.

nely mengatakan...

Nama : Naily Hidayah
NIM : 07410193
unsur-unsur dalam pendididkan islam ada tujuh, yaitu:
1. tujuan
"al-umur bi maqashidiha", bahwa setiap tindakan dan aktivitas harus berorientasi pada tujuan atau rencana yang telah ditetapkan. karena itulah, tujuan pendidikan islam menjadi komponen pendidikan yang harus dirumuskan terlebih dahulu sebelum merumuskan komponen-komponen lain.
2. pendidik
Pendidik dalam Islam yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didiknya dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik.
3. peserta didik
peserta didik dalam pendidikan Islam adalah individu yang sedang tumbuh dan berkembang, baik secara fisik, psikologi, sosial, dan religius dalam mengarungi kehidupan.
4. kurikulum
Kurikulum dalam pendidikan Islam adalah program yang terencana yang meliputi proses, pelaksanaan, sampai penilaian yang dapat menghantarkan proses pendidikan sampai pada tujuan yang diinginkan.
5. Metode dan Strategi
Metode pendidikan Islam adalah prosedur umum dalam penyampaian materi untuk mencapai tujuan pendidikan. sedangkan strategi adalah tindakan pendidik melaksanakan rencana mengajar (tujuan, bahan, alat dan evaluasi).
6. Evaluasi
Evaluasi pendidikan Islam adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu aktivitas dalam pendidikan. program evaluasi ini diterapkan dalam rangka mengetahui tingkat keberhasilan pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran.
7. Lingkungan Pendidikan Islam
Lingkungan pendidikan islam adalah segala sesuatu yang ada di sekeliling anak didik. lingkungan dibagi menjadi tiga, yaitu: lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat. semua itu mempunyai pengaruh terhadap anak didik di dalam proses pendewasaan, dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.

dari beberapa unsur dalam pendidikan islam tersebut semuanya saling melengkapi dan sama-sama penting guna mewujudkan pendidikan islam yang bagus dan bermutu. namun yang lebih penting adalah metode dan strategi dalam pendidikan islam, karena apabila metode dan strategi diterapkan dalam pendidikan akan menjadikan pendidikan bagus dan berkualitas.

ratih mengatakan...

Menurut saya unsur-unsur pendidikan di antaranya:
1.Anak Didik:anak didik adalah anak yang sedang dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya masing-masing.anak didik memiliki fase-fase perkembangan secara umum tetapi dia mempunyai pola perkembangan yang berbeda-beda.
2.Pendidik:pendidik adalah orang yang dengan sengaja mempengaruhi orang lain untuk mencari tingkat kemanusiaan yang lebih tinggi[Sutari Imam Barnadib).
3.Tujuan Pendidikan;sesuai dengan al-quran disebutkan filosofis pendidikan islam bertujuan sesuai dengan hakikat penciptaan manusia yaitu agar manusia menjadi pengabdi Allah yang patuh dan setia.
4.Biaya;dalam sistem pendidikan,aspek dana atau pembiayaan dapat dimasukkan ke dalam aspek alat.memang,alat pendidikan pada umumnya bersangkutan sangat erat dengan dana.
5.Sarana dan Prasarana;dalam pengertian yang luas,peralatan adalah semua yangdigunakan guru dan murid dalam proses pendidikan.
6.Kurikulum;Menurut pandangan modern,kurikulum lebih dari sekedar rencana pelajaran atau bidang studi.kurikulum dalam pandangan mpdern ialah semua yang secara nyata terjadi dalam proses pendidikan di sekolah.
7.Evaluasi;adalah proses dan tindakan untuk menilai dan menentukan produktifitas pendidikan pada umumnya,dan produktifitas pembelajaran khususnya.Dari semua unsur-unsur pendidikan yang lebih penting adalah stategi dan metode karena dengan berbagai mcam strategi dan metode yang digunakan, peserta didik akan lebih bersemangat lagi dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh pendidik.

Sarif mengatakan...

M. Syarifudin
07410051

Menurut saya unsur-unsur pendidikan ada 11, yaitu:

1. Tujuan
Tujuan pendidikan islam adalah membentuk sikap peserta didik agar patuh dan setia terhadap Allah,membentuk manusia agar menjadi pribadi yang bermoral,serta mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan bakatnya masing - masing.

2. Pendidik
pendidik dalam Islam yaitu siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik.

3. Peserta Didik
Peserta didik yakni merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek dalam suatu pendidikan.

4. Kurikulum
adalah suatu acuan ataupun suatu landasan dalam pendidikan.

5. Strategi&metode
yaitu proses untuk menentukan kemajuan pendidikan, dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan. Metode pendidikan disini ialah semua cara yang di gunakan dalam upaya mendidik.

6. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa.

7. Lingkungan
Lingkungan Dibagi Atas 3 Bagian Sebagai Berikut:
a) Lingkungan Alam Atau Luar
Lingkungan alam atau luar yakni segala sesuatu yang ada dalam dunia ini yang bukan manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
b) Lingkungan Dalam
Lingkungan dalam yakni segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita.
c) Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial yakni semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita.

8. Sarana&prasarana
merupakan semua yang digunakan guru dan murid dalam proses pendidikan.

9. Biaya
Setiap Sekolah pastinya memerlukan biaya untuk proses pendidikan. Biaya itu diperlukan untuk (1)pengadaan alat-alat, (2)gaji guru dan pegawai, dan (3) pemeliharaan alat-alat.

10.Pengelolaan
merupakan segala usaha yang dilakukan guna memelihara dan menningkatkan kualitas seluruh sarana dan prasarana serta proses dalam sekolah.

11.Sumber Belajar
Dalam menetapkan bahan pengajaran materi harus sesuai dengan fakta,konsep, prinsip, prosedur, prinsip, nilai, dan ketrampilan.
Materi (isi) yakni suatu bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang mana dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan dan materi (isi) tersebut harus relevan dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

Unsur pendidikan Islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah metode dalam pendidikan Islam yaitu strategi dan metode dikarenakan hal ini sangat penting dalam proses pembelajaran dalam sebuah pndidikan. Dengan menerapkan strategi dan metode yang tepat, maka peserta didik juga akan merasa senang dengan prses pendidikan sehingga hasil yang diperoleh pun akan lebih baik lagi.

aisyah mengatakan...

Nama:Aisyah Adawiyah
Nim:07410108

unsur-unsur pendidik menurut saya ada enam yaitu:
1.Tujuan adalah Untuk menjadikan anak didik menjadi manusia yang optimal atau optimalisasi potensialnya
2. Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab membantu peserta didik berkembang ketingka yang normatif lebih baik
3. Peserta didik adalah makhluk Allah yang dijadikan sebagai objek atau bahan kajian
4. Kurikulum adalah jalan terang yang dilalui oleh pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan pengetauan,sikap maupun keterampilan
5. Strategi dan metode adalah suatu jalan yang dilalui untuk mencapai suatu tujuan
6. Evaluasi adalah preses dan tindakan untuk menilai dan menentukan produktifitas pendidikan dan penilaian terhadan pertumbuhan dan kemajuan siswa kearah tujuan(nilai-nilai yang telah ditetapkan dalam kurikulum).

menurut saya yang udah sesuai dengan pendidikan sekarang adalah metode dan strategi, karena guru selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi anak didiknya, dan selalu berusaha untuk membuat anak didik tidak cepat bosan, waktu yang lama itu dirasakan cuma sebentar karena strategi yang baik dan yang sangat menyenagkan, itulah meurut pendapat saya

hasan mengatakan...

Hasan Ari Wibowo
07410132
Tarbiyah / PAI-A


Unsur-Unsur Pendidikan antara lain :

1. Tujuan
Tujuan dari pendidikan adalah untuk mendewasakan orang. Dalam arti agar orang tersebut bisa berfikir secara rasional. Dalam tujuan ini ada 2 yaitu : umum dan khusus.

2. Pendididk
bisa di artikan dengan guru, pengajar, dan orang tua. Namun dalam pendidik ini yang mempunyai peran lebih penting yaitu orang tua di bandingkan dengan guru atau pendidik lainnya.

3. Peserta Didik
Peserta didik sebagai komponen pendidik yang tidak terlepas dari sistem kependididikan.
4. Kurikulum
Suatu sistem yang diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengatur proses belajar mengajar. Yang melibatkan pendidik dan peserta didik. Serta materi yang akan disampaikan.

5. Strategi dan Metode
Dalam pengertian umum metode sebagai cara mengerjakan sesuatu.DR.Ahmad Tfsir metode adalah semua cara yang digunakan dalam upaya mendidik.

6. Lingkungan
Lingkungan yang sehat, mempengaruhi peserta didik yang sehat pula. Maksudnya apabila peserta didik tinggal di lingkungan yang memiliki pengaruh negatif maka secara tidak langsung akan mengikuti pola yang ada di lingkungan tempat dia tinggal. Begitu pula sebaliknya.

Adibah mengatakan...

Nama :Kuni Adibah
NIM : 07410271
MENURUT SAYA PENDIDIKAN MEMPUNYAI 13 UNSUR, YAITU :
1. ASAS PENDIDIKAN
Asas pendidikan yakni landasan fundamental atau dasar yang kuat yang diperlukan bagi suatu pendidikan. Dalam suatu aktivitas yang berkesinambungan, sebagai transformasi ilmu pengetahuan, sebagai pewarisan (transmisi) budaya, dan sebagai agen perubahan social. Dasar yang dimaksud yakni dasar pendidikan Islam.
Kajian tentang pendidikan Islam tidak boleh lepas dari landasan yang terkait dengan sumber ajaran Islam yang mendasar. Dasar yang fundamental pendidikan Islam, yakni: Al-Qur’an dan As-Sunnah.
2. TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan yakni suatu sasaran yang hendak dituju oleh aktivitas pendidikan.
tujuan pendidikan Islam itu secara umum adalah membentuk muslim yan g sempurna, atau manusia yang bertaqwa, atau manusia beriman, atau manusia yang beribadah kepada Allah.
3. MATERI
Materi (isi) yakni suatu bahan yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang mana dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan dan materi (isi) tersebut harus relevan dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.
4. PENDIDIK
Secara sederhana guru adalah pendidik yang mengajar di kelas. Islam mendudukkan guru pada martabat yang tinggi, setingkat di bawah martabat dan rasul.
Tugas guru adalah mendidik dengan cara mengajar, member contoh, membiasakan, dll. Syarat guru ialah dewasa, sehat lahir batin, ahli, dan berkepribadian muslim.
5. PESERTA DIDIK
Peserta didik yakni merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek dalam suatu pendidikan.
Maka dari itu, dalam memahami hakikat peserta didik, para guru (pendidik) perlu dilengkapi dengan pemahaman tentang ciri-ciri dari peserta didik secara umum.
6. STRATEGI&METODE
Strategi&Metode pendidikan yakni bagian dari suatu ilmu pendidikan yang memberikan acuan tentang bagaimana cara yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pendidikan Islam.
7. MEDIA
Media pembelajaran yakni segala macam bentuk perangsang dan alat yang disediakan guru untuk mendorong siswa untuk belajar.
8. EVALUASI
Evaluasi yakni suatu proses yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan serta menilai proses pelaksanaan mengajar secara keseluruhan, yang mana penilaian itu biasanya berupa angka, yang dinyatakan sebagai angka yang dicapai siswa.
9. LINGKUNGAN PENDIDIKAN
Lingkungan Dibagi Atas 3 Bagian Sebagai Berikut:
a) Lingkungan Alam Atau Luar
Lingkungan alam atau luar yakni segala sesuatu yang ada dalam dunia ini yang bukan manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
b) Lingkungan Dalam
Lingkungan dalam yakni segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita.
c) Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial yakni semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita.
10. SARANA&PRASARANA
merupakan semua yang digunakan guru dan murid dalam proses pendidikan.
11. BIAYA
Setiap Sekolah pastinya memerlukan biaya untuk proses pendidikan.
12.PENGELOLAAN
merupakan segala usaha yang dilakukan guna memelihara dan menningkatkan kualitas seluruh sarana dan prasarana serta proses dalam sekolah.
13.SUMBER BELAJAR
Dalam menetapkan bahan pengajaran materi harus sesuai dengan fakta,konsep, prinsip, prosedur, prinsip, nilai, dan ketrampilan.

Dan yang paling penting saat dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir ini menurut saya adalah mengenai tujuan pendidikan. Karena ini merupakan persoalan pendidikan yang cukup penting dan mendasar. Tujuan pendidikan termasuk masalah urgen dalam pendidikan, karena maju atau mundurnya laju pendidikan tergantung pada perumusan tujuan. Kadang rumusan yang telah disusun secara baik belun tentu terlaksana dengan baik pula. Oleh karena itu, masalah tujuan pendidikan menjadi inti dan sangat penting dalam menentukan isi dan arah pendidikan yang diberikan.

M. Nur Alfan Khoiri mengatakan...

1. Asas Pendidikan
Islam mengatakan bahwa Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.
2. Pendidik
Dalam pendidikan islam islam unsur pendidik sangatlah penting keberadaannya dalam rangka mengarahkan peserta didiknya ke arah tujuan yang telah direncanakan. tentunya dalam melaksanakan tugasnya seorang guru memenuhi kriteria-kriteria yang itu merupakan syarat dari pendidikan islam baik itu secara fisik, mental, pengetahuan maupun ketrampilan.
3. materi
Materi (atau bahan) pelajaran dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan. Materi pelajaran memiliki sifat-sifat, yang dapat dikategorikan:
a. Fakta: adalah sifat dari suatu gejala, peristiwa, benda yang wujudnya dapat ditangkap oleh panca indera.
b. Konsep: atau pengertian adalah serangkaian perangsang yang mempunyai sifat-sifat yang sama.
c. Prinsip: adalah pola antar hubungan fungsional antara konsep.
d. Nilai: adalah suatu pola, ukuran, atau merupakan suatu tipe atau model.
e. Keterampilan: adalah pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari.
f. Prosedur: atau proses adalah serangkaian perubahan, gerakan-gerakan sesuatu secara berurutan.

4. pendidik
Pendidik dapat dilihat melalui beberapa aspek antara lain:
a. Fisik
b. mental/kepribadian
c. keilmiahan/pengetahuan
d. keterampilan

5. Peserta didik
Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan. Oleh sebab itu dalam memahami hakikat peserta didik, para pendidik perlu dilengkapi pemahaman tentang ciri-ciri umum peserta didik.


6. Lingkungan
Pada dasarnya Islam lebih dekat kepada teori konvergensi (dalam dunia pendidikan), yang ditawarkan oleh Wiliam Stern. Islam mengakui adanya faktor dasar (nativisme) dan ajar (empirisme) yang akan berkembang dengan baik dalam kondisi lingkungan yang baik pula.
7. evaluasi.
evaluasi merupkan suatu bentuk pengkoreksian terhadap hal yang telah dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar.

8. Media
Alat yng digunakan untuk membantu pembelajaran.Sehingga siswa dapt termotivasi dan berminat dalam proses pembelajaran. medi pembelajaran ada 3 yaitu audio, visual dan audio visual.
9.Tujuan pendidikan
Tujuan pendidikan yakni suatu sasaran yang hendak dituju oleh aktivitas pendidikan.
Tujuan pendidikan Islam menurut:
a) Al-Attas: membentuk manusia yang baik.
b) Marimba : terbentuknya orang yang berkepribadian muslim.
c) Al-Abrasyi: menghendaki manusia memiliki akhlak yang mulia.
d) Munir Mursyi: membentuk manusia yang sempurna.
e) Abdul Fattah Jalal: terwujudnya manusia sebagai hamba Allah.
f) M. Quthb: membentuk manusia yang bertaqwa.
g) Konferensi Dunia Pertama tentang Pendidikan Islam (1977): membentuk manusia yang menyerahkan diri secara mutlak kepada Allah.
h) Para ahli pendidikan Islam: membentuk manusia yang baik yaitu manusia yang beribadah kepada Allah.
Jadi, tujuan pendidikan Islam itu secara umum adalah membentuk muslim yan g sempurna, atau manusia yang bertaqwa, atau manusia beriman, atau manusia yang beribadah kepada Allah.


Unsur pendidikan Islam yang paling penting saat ini dikaitkan dengan permasalahan pendidikan mutakhir adalah metode dalam pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pendidikan Islam sebagian besar masih menggunakan metode lama dan konvensional. oleh karena itu dalam rangka pengembangan pendidikan Islam maka dibutuhkan metode-metode baru yang mampu memperbaharui dan mengemas pembelajaran yang lebih efektif dan efisien