Daily Calendar

Senin, September 15, 2008

KELOMPOK ANNISA'

TUGAS KELOMPOK
Tuliskan hasil diskusi kelompok Anda tentang perbedaan kitab tafsir sesuai dengan kelompok Anda!

1 komentar:

auliawati mengatakan...

Tafsir UII:
Surat Alfatihah merupakan garis besar Alqur'an.Inti di dalamnya telah mencakup pokok-pokok Alqur'an seperti asam-asma Allah,kepatuhan dan ketundukan terhadap kebesaran Allah,tentang hidayat dan taufik serta terdapat keterangan tentang orang-orang yang diberi peunjuk oleh Allah dan orang-orang yang tersesat.

Tafsir Al Azhar:
Di tulis oleh Hamka(1970).
Surah Alfatihah merupakan surat pembuka.Alfatihah merupakan kesimpulan dari seluruh kitab suci,dan seluruh ajaran semua nabi dan rosul.Walaupun tidak diturunkan pertama kali,Alfatihah disebut sebagai Umul Kitab.Di dalam tafsir Al Azhar dijelaskan tentang golongan yahudi dan nasrani.di dalam Alfatihah terkandung at tauhid(penyerahan diri kepada Allah,sanjungan dan pujian terhadap Allah.

Tafsir Al Ibris:
Karya Kyai Bisri Musthofa ini berjudul lengkap Al Ibris ti maan “Rifah Tafsir Alqur;an”.Metodelogi penulisannya:
1.Ayat Alqur'an ditulis di tengah engan diberi makna gandul khas pesantren di Jawa.
2.Terjemahan tafsir ditulis di bagian pinggir.
3.Mengunakan bahasa Jawa agar mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.
4.Sedikit mencomot tafsir orang lain misalnya Al Jalalain.

Tafsir The Holy Qur'an:
Tafsir The Holy qur'an Abdullah Yusuf Ali Menagaskan bahwa kita hendak selalu ingat Allah dalam keadaan apapun dan selalu bersyukur atas nikmat Allah.Selain itu kita harus melestarikan nikmat Allah agar dapat menambah keimanan kepada Allah Swt dan berguna bagi masyarakat mendatang.

Tafsir Al maraghi:
Pembahasan kitab tafsir Al maraghi mudah dipahami dan enak dicerna, sesuai dengan kebutuhan masyarakat kelas menengah dalam memahami Al-Qur’an, serta relevan dengan problematika yang muncul pada masa kontemporer.
Al-Maraghi berusaha menghindari uraian yang bertele-tele (al-ithnāb), serta menghindari istilah dan teori ilmu pengetahuan yang sukar dipahami. Penjelasan tersebut dikemas dengan bahasa yang sederhana, singkat, padat, serta mudah dipahami dan dicerna oleh akal.

Anggota:
1.Putri Hidayati(08480009)
2.Rifqi Auliawati(08480022)
3.Nur Ida Lisa Aryani(08480026)
4.Lailatul Fauziah(08480040)
5.Ummi Hidayati(08480043)