Daily Calendar

Kamis, Juli 24, 2008

SAP SKIP

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
SKI dan Pembelajarannya

Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami proses perkembangan sejarah kebudayaan Islam sebagaimana termaktub dalamKurikulum SKI MI, MTs dan MA dan mampu membelajarkannya secara metodologis.

Kompetensi Dasar
1. Mahasiswa mampumemahami SKI sebagai mata pelajaran dan pembelajarannya.
2. Mahasiswa mampumemahami konsep dasar kurikulum secara umum dan secara khusus (kurikulum SKI, MI, MTs, MA)
3. Mahasiswa mampumemahami pendekatan dalam pembelajaran SKI
4. Mahasiswa mampuMemahami pengembangan tujuan pembelajaran SKI
5. Mahasiswa mampuMemahami pengembangan materi SKI
6. Mahasiswa mampu memahami pengembangan konsep dasar strategi pembelajaran
7. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pengembangan media pembelajaran SKI
8. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pengembangan evaluasi
9. Mahasiswa memahami konsep dasar silabus dan RPP
10. Mahasiswa memiliki kemampuan dalam merencanakan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran SKI

Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini mencakup aspek substansi dan metodologi. Substansi dimaksudkan sebagai materi kajian Sejarah Kebudayaan Islam. SKI dan Pembelajarannya merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai hal terkait dengan substansi materi kajian Sejarah Kebudayaan Islam sebagaimana termaktub dalam Kompetensi Dasar Kurikulum MI, MTs dan MA. Selain itu pra mahasiswa juga diajak untuk bersama-sama untuk memahami cara yang efektif untuk membuat perencanaan pembelajaran dan menerapkan perencanaan pembelajaran tersebut serta menganalisis dan mengkritisi substansi materi, perencanaan pembelajaran dan praktiknya, guna mendapatkan pemahaman dan ketrampilan yang lebih baik dalam membelajarkan SKI yang mencakup multi ranah (kognitif, afektif, dan psikomotorik) secara efektif. Untuk itu dalam perkuliahan SKI dan Pembelajarannya selain mahasiswa diajak untuk memahami, menganalisis dan mendiskusikan kandungan substansi SKI dan metodologi pembelajarannya, mahasiswa akan diajak pula memahami beberapa materi pengantar untuk masuk pada substansi SKI, seperti: pengertian SKI, Kurikulum SKI, Pendekatan Pembelajaran SKI, dan RPP SKI.

Materi Pokok
1. Pengantar SKI dan Pembelajarannya (pertemuan ke-1)
2. Pendekatan Sejarah (pertemuan ke-2)
3. Pembelajaran SKI (pertemuan ke-3)
4. Orientasi Kurikulum SKI di Sekolah/Madrasah (pertemuan ke-4)
5. Pengembangan Materi SKI (pertemuan ke-5)
6. Pengembangan Pendekatan dan Strategi pembelajaran SKI (pertemuan ke-6)
7. Problematika Pembelajaran SKI: Survey di Sekolah/Madrasah (pertemuan ke-7 s.d. 8)
8. Pengembangan evaluasi pembelajaran SKI (pertemuan ke-9)
9. Pengembangan silabus dan RPP (pertemuan ke-10)
10. Pembelajaran Mikro untuk SKI (pertemuan ke-11 s.d. 28)

Referensi
Wajib
1. Nasar, Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan
2. Kurikulum SKI MI, MTs dan MA
3. Nana Sujana, Media Pembelajaran
4. Mel Siberman, Pembelajaran Aktif
5. Nana Sujana, Dasar-dasar PBM ,
6. Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah
7. Puskur, Pengantar Silabi
8. Puskur, Pengantar RPP
9. Maman Abdul Malik Sya’roni, dkk., Buku Ajar SKI

Anjuran
1. Effat al-Syarqawi, Filsafat Kebudayaan Islam,
2. Abdul Mun’im Majid, Peradaban Islam
3. Nourouzzaman Shiddiqiy, Pengantar Sejarah Muslim
4. Muhammad Husein Haikal, Hayatu Muhammad
5. Yousouf Syueib, Daulat Khulafaurrasyidin
6. MA. Shaban, Sejarah Islam Penafsiran Baru
7. Siti Maryam dkk., (ed.), Sejarah Peradaban Islam: Dari Masa Klasik Hingga Modern
8. Ahmad Syalabi, Sejarah Kebudayaan Islam I
9. Akram Dhiyauddin Umari, Masyarakat Madani, Tinjauan Historis Kehidupan Zaman Nabi.

2 komentar:

faisol mengatakan...

assalamu'alaykum...

terima kasih sharing info/ilmunya...
mohon maaf, ini bukan spam... saya hanya mengimplementasikan konsep Marketing Dakwah...

saya membuat tulisan tentang "Tidur Ketika Khutbah Jum‘at, Mengapa?!"
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/hidup-ini-memang-penuh-kelucuan.html

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

ana mengatakan...

Nama : Anna Khoirunisa
Kelas : PAI 7
Nim : 07410303
Komentar silabus dan RPP pembelajaran SKI di SMA IT

1. Contain silabus dan RPP tidak terlalu detail karena mata pelajaran SKI hanya satu jam mata pelajaran sehingga Materi yang disampaikan hanya satu pokok bahasan
2. Karena jam yang sangat terbatas maka standar kompetensi belum bisa tercapai dengan baik